News
Batal
KATEGORI
link has been copied
30
Lapor Hansip
23-12-2020 16:00

Rekam Jejak Yaqut Cholil Qoumas Kritik Rizieq Shihab Cs

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo menggantikan posisi Fachrul Razi, di Istana, Rabu (23/12).

Yaqut, yang masih berstatus sebagai Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor), dikenal sangat vokal mengkritik persoalan yang berkaitan Front Pembela Islam (FPI) dan imam besarnya Rizieq Shihab.

Awal November 2020, Yaqut kritis merespons kepulangan Rizieq Shihab dari Arab Saudi. Kepulangan Rizieq kala itu melumpuhkan akses menuju Bandara Soekarno Hatta

"Dan tentu saja ke depan, tidak ada lagi kegaduhan-kegaduhan," kata Yaqut kepada CNNIndonesia.com, Kamis (12/11).

Yaqut juga mengkritisi kepulangan Rizieq yang ingin melakukan revolusi setibanya di Indonesia. Menurutnya, Rizieq tidak memiliki kekuatan yang memadai untuk melakukan revolusi tersebut.

Belakangan Rizieq mengatakan bahwa upaya revolusi yang dimaksudkannya tersebut dinamakan Revolusi Akhlak.

"Sama sekali tidak percaya. Dia tidak memiliki kekuatan dan prasyarat yang cukup untuk melakukan revolusi itu," kata Yaqut, Rabu (14/10).

Yaqut pun turut merespons kasus kerumunan di wilayah Petamburan, Jakarta Pusat imbas dari acara Maulid Nabi dan Pernikahan Puteri Rizieq Shihab pada pertengahan November 2020 lalu.

Yaqut menilai ada tokoh di Petamburan yang justru tak peduli dengan keselamatannya sendiri di tengah virus Corona usai adanya insiden tersebut.

"Kasus ini juga menunjukkan bahwa tokoh Petamburan tidak peduli dengan keselamatan jemaahnya," ujar Yaqut pada orasi pada Apel Kebangsaan Virtual Banser, di Kabupaten Rembang, Minggu (29/11).

Insiden kerumunan di Petamburan ini kemudian menjerat Rizieq Shihab dan 5 orang lainnya yang terlibat sebagai panitia ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak kepolisian.

Imbas dari penetapan Rizieq sebagai tersangka, elemen masyarakat dari FPI, PA 212 hingga GNPF Ulama berencana menggelar aksi bertajuk 1812 pada Jumat (18/12) lalu.

Melihat hal itu, Yaqut turut mengkritik rencana aksi tersebut. Ia meminta kepada simpatisan dan pendukung FPI hingga PA 212 tak perlu melakukan aksi demonstrasi 1812 karena potensial menjadi malapetaka penyebaran Covid-19.

"Situasi pandemi ini seharusnya kita ini saling jaga. Bukan malah menjadi sumber malapetaka penyebaran corona bagi yang lain," kata Yaqut.

Jauh sebelum itu, Yaqut mengaku tak terima bila Presiden Joko Widodo menghentikan kasus yang menjerat Rizieq usai bertemu dengan petinggi Alumni 212. Hal itu disampaikan pada medio April 2018 lalu.

Diketahui, kala itu sejumlah tokoh yang tergabung dalam Persaudaraan Alumni 212 dan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama bertemu Jokowi di Istana Bogor untuk membicarakan kasus kriminalisasi ulama.

"Biar pengadilan yang memutuskan. Presiden tak usah intervensi," kata Yaqut kepada CNNIndonesia.com.

Jokowi saat itu mengatakan pertemuan tersebut hanya silaturahmi biasa. Ia mengklaim tak menyinggung kasus dugaan kriminalisasi ulama dalam pertemuan itu.

"Semangatnya menjalin tali silaturahmi dengan para ulama, habib, kiai, ustad dari seluruh provinsi yang ada di tanah air," kata Jokowi.

Dalam perjalanannya, GP Ansor, organisasi yang dipimpin Yaqut dan FPI kerap terlihat berseberangan dalam pelbagai sikap dan tindakan di tengah masyarakat.

Hal itu diakui Yaqut sendiri. Secara diplomatis Yaqut menegaskan hubungan dingin antara sesama kelompok organisasi massa Islam tersebut.

"Ansor ini tidak pernah merasa bermusuhan ataupun tidak berkawan dengan FPI. Jika kemudian di lapangan ada benturan-benturan antara Ansor dengan FPI itu lebih karena Ansor melawan sikap, bukan melawan organisasi," ujar Yaqut membuka jawaban atas wawancara CNNIndonesia.com pada awal Agustus 2017 silam.

Yaqut merupakan pria kelahiran Rembang, Jawa Tengah 4 Januari 1975. Ia merupakan putra dari kiai tersohor Nahdlatul Ulama (NU) dan pendiri PKB Muhammad Cholil Bisri.

Sebelum ditunjuk sebagai menteri, Yaqut mengemban jabatan sebagai Ketum GP Ansor. Karier politiknya termasuk yang berjalan sangat pesat. Ia ditunjuk oleh Ketum PKB Muhaimin Iskandar untuk menduduki posisi Ketua PKB bidang Pertahanan dan Keamanan hasil Muktamar pada Agustus 2019 lalu.

Ia juga berhasil melenggang ke DPR Senayan hasil Pemilu 2019 dan dipilih untuk mengemban amanat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR dari Fraksi PKB.

Wakil Sekretaris Jendral Persaudaraan Alumni 212 Novel Bamukmin berharap Yaqut Cholil Qoumas tidak membuat kegaduhan usai menjabat menteri agama.

"Semoga tidak membuat gaduh negeri ini," kata Novel kepada CNNIndonesia.com, Selasa (22/12).

Novel mengingatkan Yaqut agar tetap bersih dan tak melakukan tindak pidana korupsi. Imbauan ini disampaikan Novel berkaca dari sejumlah mantan menteri agama sebelumnya yang pernah terjerat dan dikaitkan dengan kasus korupsi.

Sejumlah mantan Menteri Agama yang tersangkut korupsi antara lain Suryadharma Ali ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi pengadaan barang dan jasa dalam penyelenggaraan haji tahun anggaran 2012-2013.

Kemudian Menteri Agama pada Kabinet Gotong Royong, Said Agil Husin Al Munawar pernah menjadi tersangka kasus penyelewengan dana haji di Departemen Agama.

Ketua Umum PA 212 Slamet Maarif turut mendoakan agar Yaqut bisa amanah dalam menjalankan tugasnya sebagai Menteri Agama.

"Kita doakan saja semoga bisa menjalankan amanah dengan baik," kata Slamet.

(rzr/gil)


https://m.cnnindonesia.com/nasional/...zieq-shihab-cs




Rekam Jejak Yaqut Cholil Qoumas Kritik Rizieq Shihab Cs




Ketum GP Ansor: Habib Rizieq Tidak Jelas Gurunya, Dia Gurunya Setan

POJOKSATU.id, JAKARTA – Ketua Umum GP Ansor, Yaqut Qoumas, menyindir keilmuan yang dimiliki Habib Rizieq karena dianggap tidak jelas gurunya.

Ungkapan itu beredar di media sosial yang sempat diucapkan Yaqut dalam acara PKL khusus dosen di IAIN Tulungagung pada 2 Maret 2017 lalu.

Ketum GP Ansor itu membandingkan guru-guru yang dimiliki kiai pesantren NU karena memiliki sanad yang jelas.

“Orang yang tidak punya guru berarti tidak punya sanad keilmuan yang jelas. Coba sekarang siapa yang tahu gurunya Rizieq Shihab itu siapa? Tidak jelas gurunya. Berarti dia gurunya setan,” ucap Yaqut.

Seperti diketahui GP Ansor belakangan menegaskan tidak mempermasalahkan bagi umat Islam untuk mendukung calon pemimpin meski dari kalangan non muslim.

Dalam konnteks Pilkada DKI hal ini merujuk pada calon petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

(sta/pojoksatu)

https://pojoksatu.id/news/berita-nas...gurunya-setan/




Habib Rizieq pamitan khusus ke Sayyid Ahmad Al Maliki, siapa dia?

Rekam Jejak Yaqut Cholil Qoumas Kritik Rizieq Shihab Cs


Jelang kepulangannya ke Indonesia pekan depan, Habib Rizieq Syihab mulai berpamitan kepada para ulama dan guru di Mekah, Arab Saudi. Salah satunya, Habib Rizieq secara khusus pamitan ke Sayyid Ahmad Al Maliki sebelum kembali ke Tanah Air.

Beberapa hari sebelumnya, Habib Rizieq dan keluarga juga ziarah wada atau ziarah perpisahan di makam ibunda Nabi Muhammad SAW, sebagai langkah dia pamitan pulang ke Indonesia.

Siapa Sayyid Ahmad Al Maliki?

Nama lengkap Sayyid Ahmad Al Maliki adalah Sayyid Ahmad bin Muhammad bin Alawi Al-Maliki Al-Hasaniy. Dia adalah seorang ulama Mekah yang sangat dihormati.

Sayyid Ahmad Al-Maliki merupakan cucu Sayyid Alawi Al-Maliky, yang merupakan guru dari banyak ulama terkemuka Indonesia, misalnya KH Abdullah Faqih, KH Idam Khalid, KH Abdullah Syafii, Tuan Guru Zaenuddin Abdul Majid, KH Maemun Zubair dan lainnya lagi.


Tokoh dan pejabat Indonesia sangat menghormati Sayyid Ahmad Al-Maliki. Tercatat beberapa pejabat Indonesia yang sowan kepadanya yaitu Anies Baswedan pada Agustus 2017, yang kala itu belum dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Pejabat lainnya yaitu Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin. Ulama kharimatik KH Maemun Zubaer juga bersilaturahmi kepada Sayyid Ahmad Al-Maliki, sebab kakek Sayyid Ahmad adalah guru dari KH Maemun Zubaer.

Politikus Gerindra, Fadli Zon juga pernah bersilaturahmi kepada Sayyid Ahmad Al-Maliki, dalam sebuah kesempatan.


https://www.hops.id/jelang-pulang-ha...mad-al-maliki/



Rekam Jejak Yaqut Cholil Qoumas Kritik Rizieq Shihab Cs


Rekam Jejak Yaqut Cholil Qoumas Kritik Rizieq Shihab Cs







Gurunya Yaqut siape?? emoticon-Betty


dulu ngebacot gurunya Habib Rizieq setan emoticon-Belo


Yg mana guru2 HRS setan?? emoticon-Belo


Yg udah jelas mantan jenderal wakil panglima TNI aja lengser, koq malah gantinya panglima ormas tukang jagain panggung dangdut?? emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Rekam Jejak Yaqut Cholil Qoumas Kritik Rizieq Shihab Cs
23-12-2020 16:05
kalo yakult gurunya imam paus emoticon-Ngakak

nih lagi salim sama gurunya

Rekam Jejak Yaqut Cholil Qoumas Kritik Rizieq Shihab Cs
profile-picture
profile-picture
profile-picture
olando dan 4 lainnya memberi reputasi
3 2
1
profile picture
kaskus maniac
23-12-2020 16:23




asssiiiiaaaapppp! Jagain gereja dan panggung dangdutan, bubarin pengajian emoticon-Belgia
0
profile picture
kaskus holic
23-12-2020 16:36
Ulama nya di Vatikan itu gan
0
Memuat data ...
1 - 2 dari 2 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia