News
Batal
KATEGORI
link has been copied
213
Lapor Hansip
13-12-2020 10:28

Buang Konsep Lama Tentang Waktu! Jika Ingin Memahami Perjalanan Waktu.

Disclaimer : TS bukan fisikawan, apa yang TS tulis di sini adalah pemahaman TS pribadi ttg teori Fisika, bisa jadi salah, jd TS terbuka pada kritik, masukan, dsb. Sangat disarankan agar tiap pembaca meneliti dan mempelajari Fisika dr sumber yg lebih valid.
Buang Konsep Lama Tentang Waktu! Jika Ingin Memahami Perjalanan Waktu.
Gbr diambil dr Tirto.id

Trit kali ini mencoba membahas tentang waktu. Sebuah topik yang berat, setidaknya buat TS terasa berat, karena beberapa alasan.

Pertama, yang dibahas adalah sesuatu yang sulit untuk didefinisikan dalam kata-kata dengan tepat.

Kedua, keberadaan dan definisi "waktu" telah diterima secara umum sebagai suatu "kebenaran" dan sudah terpahat kuat dalam benak pikiran kita, meskipun esensinya tidak benar-benar kita pahami.

Konsep waktu sebelum teori relativitas Einstein dipublikasikan, berhasil dibuktikan dan akhirnya diterima oleh dunia, adalah konsep tentang waktu yang kita pahami dalam kehidupan sehari-hari.

Dan membahas perjalanan waktu hanya bisa dipahami bila kita menerima konsep waktu yang dipegang oleh Teori Relativitas. (Kecuali jika muncul teori lain menggantikan teori Einstein tersebut).

Jadi anda akan kesulitan memahami konsep perjalanan waktu, apabila konsep anda tentang waktu masih terperangkap di dunia fisika-nya Newton.
Buang Konsep Lama Tentang Waktu! Jika Ingin Memahami Perjalanan Waktu.
Gbr diambil dr Biography.com

Apa itu konsep waktu di dunia fisika-nya Newton?

(Kesulitan TS yang pertama, menjelaskan konsep tentang waktu yang secara alami kita adopsi sebagai suatu kebenaran dalam sebuah kalimat yang tepat).

Secara sederhananya, kita semua hidup dengan konsep akan waktu yang universal, yang dialami secara sama oleh semua benda (matter) yang ada di alam semesta ini.

Seakan-akan ada sebuah Jam Abadi yang berdetak dengan ketepatan tinggi untuk kita semua.

Anda bisa berlari lebih cepat, sementara saya berjalan lambat-lambat, tapi Jam Abadi yang sama, yang kita beri nama waktu berlaku sama untuk kita berdua.

Itulah pemahaman yang terpahat kuat, tertancap dalam-dalam di pikiran kita.

Pernahkah kita mempertanyakan pemahaman kita itu?

Bisa dikatakan (mungkin tidak tepat), bahwa seluruh dunia, sebelum Einstein "melahirkan" teori relativitas, dikurung dalam pemahaman waktu yang demikian, tanpa mempertanyakan kebenaran-nya.

Lalu apa yang terjadi setelah teori relativitas Einstein?

(Kesulitan TS yang kedua, menjelaskan konsep tentang waktu dari sudut pandang  Einstein dan Teori Relativitas).

Secara sederhana, Einstein dengan teori relativitasnya, menyatakan bahwa "Jam Abadi" yang bernama waktu hanyalah sebuah ilusi.
Buang Konsep Lama Tentang Waktu! Jika Ingin Memahami Perjalanan Waktu.

Atau lebih tepatnya pemahaman kita tentang konsep waktu yang sedemikian itu yang salah.

Masing-masing benda di alam semesta ini memiliki "waktu"-nya sendiri-sendiri, relatif bergantung pada masa dan kecepatan.

Waktu tak lebih adalah sebuah urutan/sequence dari kejadian demi kejadian.

Secara Fisika, jika anda bisa memutar balikkan urutan dari kejadian itu, artinya anda sedang memutar balik waktu. Sebelum anda lagi-lagi terjebak, ingat waktu itu tidak universal.

Setiap matter/benda memiliki "waktu"nya sendiri.

Sebuah pertanyaan yang membantu anda memahami konsep waktu yang dikatakan ilusi, bagaimana anda tahu bahwa "waktu" sedang "berjalan"? Bukankah dengan mengamati terjadinya perubahan di dalam diri dan di sekitar kita. Matahari bergerak, siang menjadi malam, musim berganti, dan seterusnya.

Bayangkan jika semua proses itu berhenti, maka bagi kita, waktu kita pandang berhenti. Di saat yang sama, waktu masih berjalan bagi kita sebagai pengamat (memori kita tetap perlahan terakumulasi), seandainya waktu bagi kita juga berhenti maka kita tidak bisa mengamati terhentinya waktu di luar diri kita.

Masih ada banyak tahap sebelum kita bisa memahami perjalanan waktu, apalagi membayangkan bagaimana sebuah mesin waktu bekerja.

Namun jika memahami konsep waktu yang ilusif ini belum bisa, maka bagaimana bisa memahami konsep perjalanan waktu?

Salam..............


Sumber referensi:
http://adsabs.harvard.edu/full/1996A...26SS.244..269S
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aygilagility dan 43 lainnya memberi reputasi
42
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Buang Konsep Lama Tentang Waktu! Jika Ingin Memahami Perjalanan Waktu.
19-12-2020 20:00
Kalo urusan "perjalanan waktu" kata ente, secara sains mungkin bisa diungkap tapi hanya "ke depan" saja.
Sedangkan mundur "ke belakang" itu mustahil terjadi.
Sebab teori Einstein itu memang masuk di akal untuk perjalanan ke depan melebihi kecepatan cahaya dan menembus waktu.

Tapi secara teologi, ane lbh percaya omongan guru ane :

"Sesungguhnya tempat yang paling jauh yang tidak akan bisa dicapai manusia sampai hari kiamat adalah masa lalu"
iya sih guru ane bkn fisikawan atau syekh2.., tapi setidaknya dia berilmu dan bisa mengajar muridnya di 2 tempat berbeda dalam waktu yang sama. Maybe dia lbh paham urusan begini dan ane jadinya percaya bngt.
Tapi dia tidak membantah perjalanan waktu ke depan.

cmiiw
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskus addict
19-12-2020 23:11
Ingat tentang teori ruang dan waktu, di mana semakin besar gaya gravitasi semakin lambat lah waktu berjalan dalam area itu. Jadi menurut ane, jika kita memiliki cara untuk melewati black hole yang mana memiliki gaya gravitasi terkuat dengan selamat, ada kemungkinan kita bisa kembali ke masa lalu, tapi itu hanya menurut ane saja berdasarkan teori tersebut.

Tapi untuk melihat masa lalu itu bukanlah hal yang mustahil, yah meskipun itu masih mustahil untuk teknologi kita sekarang, tapi katakanlah kita punya kamera yang mampu nge-zoom miliaran tahun cahaya dan diterbangkan ke keluar angkasa miliaran tahun cahaya jauh dari bumi untuk mengamati bumi dari posisi itu, berdasarkan fakta bahwa kita melihat bergantung dengan cahaya dan cahaya memiliki waktu perjalanan sekitar 300 ribu km per detik, itu memungkinkan jika kita bisa melihat masa lalu jika kita memiliki teknologi itu.
2
Memuat data ...
1 - 1 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia