Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
25
Lapor Hansip
27-11-2020 10:25

Wisata Sambil Belajar Sejarah dari Asia Afrika Sampai Bragaweg Bandung

Wisata Sambil Belajar Sejarah di Bragaweg, Bandung



Assalamualaikum Gan Sis semua! Sampurasun! Kumaha damang? emoticon-Wowcantik


Pandemi Covid-19 yang hingga kini tak kunjung usai pastinya membuat sebagian Gan Sis jenuh banget. Semua aktivitas menjadi dibatasi dan harus dilakukan serba online dan harus di rumah aja. Hmm tapi ane punya saran nih buat Gan Sis sekalian! Untuk menghilangkan jenuh Gan Sis bisa banget nih berwisata sambil belajar sejarah di Kota Bandung. Kali ini ane bakal ceritain beberapa tempat yang bisa dijadiin tujuan buat Wisata Sejarah di Kawasan Bragawegatau Jalan Braga, Kota Bandung.

Kota Bandung yang terkenal dengan sebutan Parijs van Java-nya ini menyimpan banyak sekali sejarah. Julukan kota Bandung sebagai Parijs van Java ini tak lepas dari cerita masa lalu yang saat ini dapat kita jumpai di kawasan Braga. Saat ini, Braga termasuk ke dalam Kawasan Cagar Budaya yang keberadaannya yang harus dilindungi.


Kali ini, ane mau kasih tau beberapa tempat yang bisa banget dijadiin tempat wisata Gan Sis di tengah pandemi ini. Ga perlu ngeluarin uang banyak, cukup siapin tenaga dan alat jepret alias kamera buat explore tempat-tempat bersejarah di bawah ini. Yuk langsung aja!


1. Hotel Savoy Homan


Wisata Sambil Belajar Sejarah di Bragaweg, Bandung
Hotel Savoy Homann diambil dari depan jalan Asia Afrika (dokumen pribadi)


Buat Gan Sis yang suka banget foto-foto bangunan bergaya art deco pas banget nih buat dateng ke Hotel Savoy Homann. Hotel ini merupakan salah satu hotel bersejarah dan tertua di Kota Bandung. Didirikan pada tahun 1871, dulunya hotel ini masih seperti rumah tinggal biasa yang terbuat dari bambu. Namun hingga saat ini hotel ini terus mengalami pembangunan hingga tampak seperti bangunan yang terlihat sekarang.  


Quote:Lokasi: Jl. Asia Afrika No.112




2. Gedung Merdeka


Wisata Sambil Belajar Sejarah di Bragaweg, Bandung

Tak jauh dari Hotel Savoy Homann, terdapat gedung yang menjadi tempat peristiwa sejarah Konferensi Asia Afrika. Gedung ini memiliki desain art deco.Dulunya, gedung ini bernama Societit Concordia yang digunakan oleh orang-orang Eropa untuk mendapatkan hiburan. Setelah masa kemerdekaan, gedung ini diubah namanya oleh Soekarno menjadi Gedung Merdeka. Di bagian depan Gedung Merdeka saat ini terdapat Museum KAA yang dibuka untuk umum.

Quote:Lokasi: Jalan Asia Afrika No.65, Braga || Jam Operasional : 08:00-16:00



3. Kantor Pos Besar Bandung 


Wisata Sambil Belajar Sejarah di Bragaweg, Bandung

Kantor Pos Besar Bandung (dokumen pribadi)

Kantor yang dibangun tahun 1928-1931 ini berdesain art deconamun tampak lebih sederhana. Bangunan ini merupakan hasil karya arsitek J. Ven Gendt dan dulunya berfungsi sebagai Kantor Pos dan telegraf (Posten Telegraf Kantoor). Sekarang bangunan ini digunakan sebagai Kantor Pos Besar Bandung. 



Quote:
Lokasi: Jalan Asia Afrika No.49, Braga,  || Jam Operasional: 07:30-07:30



4. Penjara Banceuy


Wisata Sambil Belajar Sejarah di Bragaweg, Bandung


Penjara Banceuy(dokumen pribadi)

Tempat ini pernah menjadi tempat Soekarno yang ditahan oleh Pemerintah Belanda. Tempat ini menjadi saksi bisu perjuangan Soekarno dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Selama delapan bulan Soekarno ditahan di penjara ini atas tuduhan pemberontakan politik.

Quote:Lokasi: Jalan Banceuy, Braga || Jam Operasional : 10:00-21:00


5. Toko Es Krim Canary


Wisata Sambil Belajar Sejarah di Bragaweg, Bandung


Es krim enak! (dokumen pribadi)

Salah satu hal wajib di saat wisata adalah kuliner. Buat Gan Sis yang suka banget sama yang manis-manis pas banget nih buat mampir ke Toko Es Krim Canary. Dulunya toko ini terkenal dengan nama Toko Es Krim Baltic. Toko es krim ini merupakan toko es krim terhits di jaman Hindia Belanda. Banyak orang Eropa yang bersantai sambal menikmati es krim di siniSampai saat ini, toko eskrim ini masih mempertahankan rasa khas sejak tempo dulu dan dengan harga yang terjangkau. 

Quote:Lokasi: Jalan Braga No. 16 || Jam Operasional : 06.00 – 18.00 WIB 


 

**


Nah gimana Gan Sis, itu baru beberapa tempat yang bisa Gan Sis datangi di saat pandemi ini. Sebenernya masih banyak lagi tempat yang bisa Gan Sis datangi di Kawasan Braga ini. Kalo pengen tau, yuk langsung berangkat! Jangan lupa terapkan selalu protokol kesehatan di saat berwisata yaa!

Diubah oleh inase301
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Wisata Sambil Belajar Sejarah di Bragaweg, Bandung
08-12-2020 01:15
Klo savoy, gedung merdeka sama gedung pos masuk nya ke jalan Asia Afrika bukan jalan Braga. Apalagi Penjara Banceuy. Kan judulnya Bragaweg alias jalan Braga emoticon-Sorryemoticon-Request
0 0
0
profile picture
KASKUS Plus
08-12-2020 06:56
iya, tapi itu masih satu kawasan Jalan Braga kok emoticon-Big Grin
ane ngutip itu dari Peta Wisata Jalan Braga di buku Braga Jantung Parijs van Java. Jadi masih sah-sah aja kalo savoy sama Homan disebut jugaemoticon-Big Grin

0
profile picture
KASKUS Plus
08-12-2020 09:34
@inase301 kalo judulnya kawasan braga ya masih sah. Klo itu judulnya kan Bragaweg alias jalan Braga. Kebetulan ane juga suka sejarah dan pariwisata
0
profile picture
KASKUS Plus
08-12-2020 09:55
@diazhollic oke udah ane ralat, makasih masukannyaemoticon-terimakasih
0
Memuat data ...
1 - 3 dari 3 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia