Sports
Batal
KATEGORI
link has been copied
109
Lapor Hansip
07-12-2020 13:14

Mike Tyson: Petarung MMA Lebih Melarat Dibandingkan Petinju

Mike Tyson: Petarung MMA Lebih Melarat Dibandingkan Petinju

JUARA.NET - Petinju legendaris asal Amerika Serikat, Mike Tyson menganggap petinju memiliki penghasilan yang lebih besar dibandingkan petarung MMA.

Dilansir Juara.net dari BJPENN, pernyataan ini diungkapkan Mike Tyson saat mengikuti podcast di acara milik Brant James.

"MMA akan selalu mendapatkan penonton lebih banyak dibandingkan dengan tinju, tetapi petinju selalu menghasilkan uang lebih banyak dibandingkan petarung MMA," ungkap Mike Tyson.

Ditanyai tentang alasan, Si Leher Beton merasa hal ini cukup rumit dan tidak ada alasan di baliknya.


Meski merasa MMA itu seksi, Mike Tyson tetap menganggap pertarungan bela diri campuran tidak akan pernah bisa membuat uang yang banyak.

"Soal mengapa demikian, ini rumit, dan juga tidak beralasan," ungkapnya.

"Saya tidak tahu, dari pandangan saya mereka tidak membuat banyak uang. Mereka menarik dan begitu seksi, tapi tidak bisa membuat uang yang cukup," imbuhnya.

Ungkapan Mike Tyson ini jelas menimbulkan pertaanyaan besar mengingat saat ini dunia sudah mengetahui betapa kayanya petarung MMA seperti Conor McGregor dan Jon Jones.

Sebagai petarung dengan bayaran terbesar, McGregor bahkan membuat merek pakaiannya sendiri, bisnis whiskey, hingga pusat kebugarannya sendiri.


Dengan segala yang dimiliki oleh McGregor, kekayaan petarung yang berasal dari Irlandia ini ditaksir sebesar 100 juta dolar AS atau sekitar 1,5 triliun rupiah.

Petarung ranking satu, Jon Jones, dilansir Juara.net dari The Sport Daily total mendapatkan pemasukan dari ajang tarung saja mencapai 109 miliar rupiah, belum termasuk dari bayaran pay-per-view dan sponsor.

Meski pemasukan kedua petarung MMA itu sangat mentereng, rupanya omongan Mike Tyson ini memang ada benarnya,

Pasalnya dilansir Juara.net dari Talk Sport, bayaran petinju Anthony Joshua sempat mencapai lebih dari 2 triliun rupiah.

Selain itu, pada dasarnya penghasilan dari segi hak siar petarung MMA memang lebih rendah jika dibandingkan dengan dua olahraga paling populer di Amerika Serikat, bisbol dan bola basket.


https://juara.bolasport.com/read/322...ingkan-petinju

https://www.cnnindonesia.com/olahrag...g-petarung-mma

Quote:TEMPO.CO, Jakarta - Mantan juara dunia tinju kelas berat, Mike Tyson, mempertanyakan bayaran yang diterima para petarung Mix Martial Arts (MMA) atau olahraga bela diri campuran. Dia menyatakan tak bisa memahami kenapa para petarung MMA mendapatkan bayaran yang lebih sedikit dari petinju.

Tyson mengakui bahwa saat ini jumlah penonton MMA lebih banyak dari penonton laga tinju, namun hal itu ternyata tak berdampak pada pendapatan para petarungnya. Dia pun mengaku tak mengerti mengapa hal itu bisa terjadi.

"MMA akan terus mendapatkan penonton lebih banyak dari tinju, tetapi petinju akan tetap mendapatkan bayaran lebih besar dari petarung MMA," kata Tyson dalam wawancara dengan Brant James.

"(Kenapa itu terjadi) Itu penuh dengan trik, itu tak masuk akal. Saya tak tahu, mereka tak mendapatkan banyak uang. Padahal itu pertarungan yang menegangkan dan seksi, tetapi petarungnya tak mendapatkan bayaran yang cukup," kata dia.

Petarung MMA memang dikabarkan mendapatkan bayaran jauh lebih sedikit dari petinju. Contohnya Conor McGregor. Hingga pensiun, petarung asal.... itu disebut hanya mengantongi 100 juta dolar Amerika, itu tak semuanya berasal dari atas ring.

McGregor disebut juga memiliki sejumlah usaha seperti merek pakaian, pabrik wiski hingga perusahaan kebugaraan yang menjadi mesin uangnya kini.

Bandingkan dengan Mike Tyson. Petinju berjulukan Si Leher Besi itu total mendapatkan bayaran sebesar 400 juta dolar Amerika dari atas ring dan saat ini disebut memiliki total kekayaan sebesar 685 juta dolar Amerika. Padahal masa kejayaan Tyson jauh lebih dulu ketimbang McGregor.

Laporan New York Post menyebutkan bahwa petarung MMA mendapatkan bayaran kecil karena pihak UFC sebagai penyelenggara utama ajang tersebut hanya membagikan sebagian kecil pendapatannya kepada para petarung.

UFC disebut hanya membagikan 16 persen dari 900 juta dolar Amerika pendapatan mereka tahun lalu kepada para petarungnya. Hal tersebut jauh lebih kecil ketimbang promotor olahraga lainnya di Amerika.

Sebagai contoh, NBA (promotor bola basket di Amerika), MLB (promotor liga baseball) dan NFL (promotor olahraga rugby) yang membagikan 48 hingga 50 persen pendapatan mereka kepada para pemain setiap tahunnya.

Mike Tyson pun menyatakan tak mengerti kenapa UFC sangat pelit untuk membagikan uangnya kepada petarung MMA. Padahal, menurut dia, para petarung tersebut memiliki resiko yang jauh lebih besar ketimbang olahragawan di bidang lain. Bahkan para petarung MMA bisa kehilangan nyawa mereka di atas ring.


https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20201013002027-178-557631/tyson-petinju-lebih-kaya-ketimbang-petarung-mma


Sekarang UFC lebih populer dariTinju harusnya petarung UFC berani boikot UFC supaya bayaran dinaikan..
Diubah oleh berry.white
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 28 lainnya memberi reputasi
29
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Mike Tyson: Petarung MMA Lebih Melarat Dibandingkan Petinju
07-12-2020 22:36
masuk akal emang omongan tyson
kecuali kalo MMA bisa mengeluarkan sosok seperti mohammad ali atau jordan
baru bisa tuh MMA menghasilkan duit banyak
profile-picture
profile-picture
666fapfap dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
profile picture
kaskus addict
08-12-2020 11:09
menunggu atlet UFC yang mau bayaran mahal sebagai patokan
1
profile picture
aktivis kaskus
09-12-2020 03:41
Sejauh ini atlet di UFC yg minta naik bayaran selalu dicuekin dana white, jon jones noh buktinya

Dana white mata duitan bgt gak mau rugi
2
Memuat data ...
1 - 2 dari 2 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia