Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
244
Lapor Hansip
06-12-2020 23:22

Kosakata Unik Bahasa Jawa Tentang Pohon Kelapa

Pohon kelapa dikenal sebagai pohon serbaguna, karena dapat dimanfaatkan seluruh bagian dari pohonnya dari akar sampai ujung daunnya. Dan semua orang mengenal tentang pohon ini.


Berawal dari browsing dan sampai kepada artikel tentang Nama bagian pohon dalam Bahasa Bali, maka kemudian TS tergerak untuk membuat sebuah tulisan di kaskus ini, bukan sebagai tulisan tandingan, namun sebagai tambahan pengetahuan buat siapapun yang membaca tulisan ini. Dan karena TS lahir dan besar di tanah jawa, maka di sini tentu saja kosakata tentang pohon kelapa dalam Bahasa Jawa.


Pengen tau? Atau malah sudah tau? Gak papa, sama-sama kita belajar di sini,

Kosakata Unik Bahasa Jawa Tentang Pohon Kelapa


Buah kelapa bertunas disebut CIKAL
Di dalamnya ada KENTHOS
Batang kelapa disebut GLUGU
Daunnya namanya BLARAK
Daun muda namanya JANUR
Tulang daun namanya SADA atau SODO
Sada atau sodo kalau di potong kecil-kecil namanya jadi BITING
Pelepah daunnya namanya BLUNGKANG
Umbut kelapa disebut PONDOH
Bunganya MANGGAR
Seludang bunga MANCUNG
Pentil buah BLULUK
Lebih besar sedikit namanya jadi CENGKIR
Kelapa yang masih muda disebut DEGAN
Kalau kelapa sudah tua namanya KRAMBIL
Sari buah kelapa disebut SANTEN
Sisa peresan santan disebut AMPAS
Minyaknya disebut KLENTIK
Sisa minyaknya disebut KETHAK atau BLONDHO
Kulit kelapa disebut SEPET
Bagian yang keras BATHOK
Seludang daun disebut TEPES
Tlutuh manggar namanya LEGEN
Legen mateng namanya GULA
Legen wayu namanya TOWAK



Nah, udah tau kan sekarang? Atau ada yang baru tau? Cukup kosakatanya dulu di thread ini, maaf ya tanpa ada penjelasan masing-masing istilahnya, mungkin di tulisan berikutnya, semoga dimudahkan


Ini hanya dalam bahasa jawa, yaitu di jawa tengah, bisa jadi di lain daerah amanya berbeda lagi, bener kan?


Ini baru kosakata bahasa jawa untuk buah kelapa, belum tentang buah atau istilah lain, yang juga masing-masing detailnya namanya berbeda.


Kalau di daerah kalian gimana? Ada istilah yang sama atau ada perbedaan? Yang TS tulis di atas juga belum semuanya kan, mungkin ada yang mau melengkapi atau menambahkan?


Dengan senang hati silakan menambahkan atau melengkapi bila ada yang sama atau berbeda dengan apa yang TS tulis di sini.


Quote:
Thread ditulis oleh heane untuk dipublikasikan di Kaskus.id



Quote:Original Posted By Hendracute
Daging kelapa muda tebal dan keriting - KOPYOR
Titik tumbuh - UMBUT
Kelapa bolong - KLUNTUNG
Maling kelapa - BAJINGAN


Quote:Original Posted By heane
pondoh kelapa itu kayak gini

Kosakata Unik Bahasa Jawa Tentang Pohon Kelapa

ada yang pernah coba?
gurih lho rasanya


Quote:Original Posted By Hendracute
Ada lagi gan :

Batang pohon kelapa yg muda, dan
manis rasanya - EMPOL
.
Buah kelapa yg sudah tua tapi tidak ada
isinya tidak ada air dan cikalan - BLALAK

Ada isinya cuma cikalan
yg rasanya manis agak keriput tapi tidak
ada air kelapanya - KRAON
Diubah oleh heane
profile-picture
profile-picture
profile-picture
biagunderson dan 43 lainnya memberi reputasi
44
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Kosakata Unik Bahasa Jawa Tentang Pohon Kelapa
07-12-2020 09:06
Kambil......bahasa jawanya buah kelapa....
0 0
0
profile picture
kaskus maniac
07-12-2020 11:23
krambil
0
profile picture
Retired Moderator
07-12-2020 22:09


dalam lafal lain nyebutnya krambil emoticon-Big Grin
0
profile picture
Retired Moderator
07-12-2020 22:10
@sinsin2806 sama ini nyebutnya
0
Memuat data ...
1 - 3 dari 3 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia