Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
217
Lapor Hansip
30-11-2020 11:44

Sekilas Tentang Paraphilia; Kelainan Seksual yang Irasional

WARNING!
Mengandung istilah seksual dan pembahasan yang mungkin menjijikkan oleh sebagian orang.



Sekilas Tentang Paraphilia; Kelainan Seksual yang Irasional

HAI AGAN DAN SISTA!

emoticon-Hai

Gansis masih ingat dengan kasus Gilang Bungkus? Itu loh, laki-laki yang menipu korbannya untuk memenuhi fetish seksualnya terhadap kain jarik. Masih ingat?

Nah, ternyata ada banyaaak sekali kelainan seksual yang dialami oleh individu di seluruh dunia ini. Fetish hanyalah satu di antaranya. Sedangkan Anil Aggrawal pada 2008 silam dalam bukunya tentang patologi seksual, menuliskan ada 547 istilah kelainan seksual di dunia. Kesemuanya itu digolongkan ke dalam golongan paraphilia.

So, itulah yang akan ane ulas kali ini. Simak thread ane sampai habis, ya.

emoticon-Selamat

A. Apa Itu Paraphilia?

Sekilas Tentang Paraphilia; Kelainan Seksual yang Irasional

Menurut the American Psychiatric Association's Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders, paraphilia adalah kelainan pada fantasi, hasrat, dan ketertarikan seksual yang meliputi benda selain manusia, penyiksaan, atau mempermalukan diri sendiri/orang lain, anak-anak, juga orang lain yang tidak menyetujui (hubungan seksual tersebut) dalam kurun waktu minimal 6 bulan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa seseorang bisa didiagnosa sebagai pelaku paraphilia bila mengalami kelainan seksual tersebut selama periode minimal 6 bulan.

***

B. Kenapa Kita Perlu Mengetahui tentang Paraphilia?

Sekilas Tentang Paraphilia; Kelainan Seksual yang Irasional

Paraphilia adalah kelainan atau tindakan seksual abnormal yang tentu saja mengganggu mental pelakunya. Selain itu, tak jarang dari pelaku seks abnormal ini, melepaskan hasratnya dengan merugikan orang lain. Semisal, melakukan seks di tempat umum, pemerkosaan pada anak, menipu seperti kasus Gilang Bungkus silam, dan lain-lain.

Untuk itulah mengapa kita perlu mengetahui sedikit atau banyaknya tentang paraphilia. Tujuannya, untuk mengenali gejala, agar kita terhindar sebagai pelaku paraphilia. Untuk memproteksi diri dan orang lain agar tidak menjadi korban pelaku paraphilia. Atau untuk sekadar menambah pengetahuan tentang paraphilia saja.

Apabila kita sudah tahu tentang paraphilia, atau menyadari adanya gejala paraphilia dalam diri, maka kita bisa dengan cepat mengkonsultasikannya dengan dokter atau psikiater terkait. Supaya kita bisa mendapat penanganan yang tepat sehingga kemungkinan terburuk (merugikan orang lain) bisa dihindari.

***

C. Apa Saja Jenis-Jenis Paraphilia?

Sekilas Tentang Paraphilia; Kelainan Seksual yang Irasional

Seperti yang ane sebutkan di atas, bahwa ada 547 jenis paraphilia yang terangkum hingga kini. Tak mungkin bila kita membahas semua itu dalam thread ini. Oleh sebab itu, ane putuskan untuk merangkum 15 jenis paraphilia saja, yang teraneh dan paling berbahaya untuk orang lain juga. Apa saja itu?

Quote:1. Antropofagolagnia

Sekilas Tentang Paraphilia; Kelainan Seksual yang Irasional

Ini adalah jenis paraphilia terbahaya dan sadis menurut ane. Di mana pelaku paraphilia dengan jenis ini, akan mencapai orgasme apabila memperkosa orang lain dan memakan bagian tubuh orang tersebut. Ya, kurang bahaya apalagi coba? Udah nyabulin orang, dimakan pula. Ngeri dah.

2. Asfiksiaofilia

Sekilas Tentang Paraphilia; Kelainan Seksual yang Irasional

Merupakan jenis paraphilia di mana seseorang akan menikmati hubungan seksual sambil lehernya dicekik, baik dengan tali, ikat pinggang, atau benda lain. Mereka menikmati sensasi orgasme dan sesak napas dalam waktu bersamaan.

Pelaku paraphilia jenis ini kebanyakan adalah laki-laki remaja dan pria usia 70-an. Biasanya, para pelaku akan melakukan aksi ini dengan pasangannya, dan ada pula yang melakukannya sendiri (masturbasi).

Namun, di kebanyakan kasus, pelakunya selalu meninggal dalam keadaan tidak sengaja, sebab mereka tak mampu mengendalikan sensasi "nikmat" dan sesak akibat cekikan tersebut.

3. Autogonistofilia

Sekilas Tentang Paraphilia; Kelainan Seksual yang Irasional

Robert J. Campbell dalam kamus Psychiatric Dictionary menyebutkan bahwa, autogonistofilia adalah kondisi di mana gairah seksual seseorang akan meningkatkan bila melakukan hubungan intim di atas panggung, disaksikan orang banyak, atau di depan kamera.

Hal ini sekarang mulai banyak beredar. Terutama di daerah Latina, di mana ada talkshow yang acaranya adalah hubungan seksual di atas panggung dan disiarkan di TV atau kanal penyiaran lainnya.

Apakah tindakan ini di sana legal? Entahlah! Ane juga kurang tahu. Kalau ente tahu, boleh komen di bawah, ya.

4. Biastofilia

Sekilas Tentang Paraphilia; Kelainan Seksual yang Irasional

Kata dasar biastofilia adalah biastes (bahasa Yunani) yang berarti "pemerkosaan". Yup, biastofilia adalah paraphilia di mana seseorang akan merasa sangat bergairah bila memperkosa orang lain. Mereka begitu menikmati sensasi ketakutan dari korban.

Kebanyakan pelaku biastofilia, melepaskan hasratnya kepada orang asing alias benar-benar memperkosa orang lain. Namun, di beberapa kasus, pelaku melakukan tindakan ini bersama pasangannya dengan berakting seolah-seolah mereka benar-benar sang pemerkosa dan korbannya.

5. Coprophilia

Sekilas Tentang Paraphilia; Kelainan Seksual yang Irasional

Bagi orang yang normal, tindakan ini terdengar sangat menjijikkan. Namun, bagi pelaku koprofilia, ini adalah hal yang paling menggairahkan.

Coprophilia sendiri berasal dari bahasa Yunani, kopros- yang berarti "kotoran". Benar, pelaku coprophilia akan mencapai orgasme bila melakukan hubungan seksual dengan melibatkan kotoran. Misal, berhubungan sambil buang air besar. Atau BAB di dada pasangannya. Bahkan saling memakan kotoran masing-masing.

Etdah! Ane ngetiknya aja sampe geli sendiri.

6. Dendrofilia

Sekilas Tentang Paraphilia; Kelainan Seksual yang Irasional

Ane bingung, apakah harus ngakak atau ngeri pas tahu arti dari paraphilia yang satu ini. Jadi, dendrofilia adalah tindakan paraphilia di mana pelakunya merasa terangsang bila melihat pohon. Mereka akan bermasturbasi atau melakukan hubungan seksual di depan pohon. Kadang malah dengan pohon itu sendiri.

Wah, penderita paraphilia yang satu ini bahaya banget kalo diajak survival ke hutan atau gunung. Heheh.

7. Erotophonophilia

Sekilas Tentang Paraphilia; Kelainan Seksual yang Irasional

Kalau yang ini sadis banget, Gaes. Pelaku erotophonophilia pasti fix mereka psikopat. Pasalnya, pelaku ini akan merasa sangat terangsang apabila melakukan hubungan seksual sambil membunuh orang (pasangan sexsualnya).

Biasanya, si pelaku akan memutilasi korban sambil memperkosanya. Atau memotong organ seksual korban lantas menjahitnya lagi di area tubuh lain. Intinya, pasangan seksualnya harus mati selama mereka berhubungan tersebut.

Paraphilia jenis ini tak hanya dikategorikan sebagai penyimpanan seksual, tapi juga tindakan kriminal.

8. Fetish

Sekilas Tentang Paraphilia; Kelainan Seksual yang Irasional

Istilah ini mungkin sudah tidak asing kita dengar, ya. Apalagi sejak kasus Gilang Bungkus waktu itu.

Nah, buat yang belum tahu, fetish adalah ketertarikan seksual pada benda mati atau organ tubuh non genital. Contoh benda mati fantasi pelaku fetish adalah: high heels, kaus kaki atau stocking, blazer, atau seragam tertentu. Sementara contoh orang tubuh non genitalnya adalah : kaki, bibir, rambut, dll.

Fetish adalah hal yang wajar bila dalam kadar normal. Misal, suami yang meminta istrinya memakai seragam SMA ketika berhubungan. Atau seseorang yang meminta pasangannya mengenakan high heels ketika berhubungan. Hal ini bagus dampaknya dalam menambah variasi hubungan seksual demi keharmonisan rumah tangga.

Namun, fetish yang sudah tidak terkendali, ini baru berbahaya. Ya, sekali lagi, contohnya adalah kasus Gilang Bungkus. Sebab, fetish seksualnya sudah merugikan orang lain.

9. Frotteurism

Sekilas Tentang Paraphilia; Kelainan Seksual yang Irasional

Ingat dengan kasus begal payudara yang sempat ramai belakangan ini? Pelaku begal tersebut bisa digolongkan ke dalam jenis paraphilia frotteurism.

Frotteurism sendiri adalah, jenis paraphilia di mana pelaku akan mencapai kepuasan seksual setelah menyentuh, meremas, atau menggosok bagian tubuh orang lain (yang orang lain tersebut tidak setuju), sambil berjalan cepat atau melintas sekilas lalu di dekat korban.

Biasanya bagian tubuh yang diincar adalah dada, bokong, dan sekitar wilayah genital. Duh, kudu hati-hati nih, Sista. Soalnya, kebanyakan dari korban pelaku frotteurism adalah perempuan.

10. Masokis

Sekilas Tentang Paraphilia; Kelainan Seksual yang Irasional

Sama seperti fetish, istilah masokis pasti sudah gak asing lagi kita dengar--mungkin ada beberapa orang yang masih asing dengan istilah ini.

Buat yang gak tahu, masokis adalah penyimpangan seksual, di mana pelakunya akan merasa bergairah apabila melakukan hubungan seksual yang penuh penyiksaan. Misal, berhubungan sambil mencambuk pasangan, memukul, menjepit, mengikat, menggigit, bahkan menghina secara verbal.

Dalam kasus yang lebih sadis atau dikenal dengan istilah sadomasokis, biasanya mereka akan menyengat pasangannya dengan listrik, menusuk dengan besi panas atau puntung rokok, bahkan menyayat bagian tubuhnya.

Ironi memang. Namun, faktanya ada orang dengan ketertarikan seksual seperti ini, baik sebagai penyiksa atau yang disiksa.

11. Zoofilia

Sekilas Tentang Paraphilia; Kelainan Seksual yang Irasional

Ini rada aneh juga menurut ane, Gansis. Yaitu, kondisi di mana seseorang lebih tertarik untuk berhubungan seksual dengan hewan daripada manusia. Biasanya pelaku zoofilia akan terangsang bila menyentuh atau mengelus kulit atau bulu binatang tertentu. Di beberapa kasus, mereka juga melakukan aktivitas seksual dengan hewan tersebut.

12. Nekrofilie

Sekilas Tentang Paraphilia; Kelainan Seksual yang Irasional

Dikenal juga dengan istilah necrophilism, necrocoitus, dan thanatophilia, adanya kondisi di mana seseorang tertarik dan berhasrat untuk berhubungan seksual dengan mayat. Tindakan ini tak hanya dikategorikan sebagai penyimpangan seksual, tapi juga kriminal.

13. Pedofilia

Sekilas Tentang Paraphilia; Kelainan Seksual yang Irasional

Lagi-lagi, istilah ini pasti sudah tidak asing lagi kita dengar. Namun, buat yang gak tahu, ane akan bantu jelaskan.

Pedofilia adalah ketertarikan seksual pada anak-anak di bawah umur. Para pelaku pedofilia biasanya akan memperkosa anak-anak/remaja atau bermasturbasi di hadapan mereka.

Pedofilia juga memiliki beberapa jenis. Pertama infantofilia : ketertarikan pada anak-anak di bawah lima tahun termasuk bayi. Biasanya para pelaku akan melakukan hubungan seksual sambil memandangi foto-foto bayi atau bahkan langsung memperkosa bayi tersebut.

Kemudian ada nepiofilia, ketertarikan pada anak-anak yang belum bisa berbicara atau mungkin anak-anak tunawicara. Terakhir hebephilia, ketertarikan seksual pada anak-anak usia remaja awal (11 hingga 14 tahun).

Tindakan pedofilia sudah jelas masuk dalam kategori kriminal sebab sudah melanggar hukum perlindungan anak, yang menyebabkan kasus pelecehan pada anak-anak kian marak.

So, hati-hati, ya, Gansis. Perhatikan orang sekitar dan anak-anak kita. Terus, jangan terlalu sering memposting foto bayi atau anak di media sosial. Sebab, banyak kasus di mana foto-foto tersebut dicuri lalu disebarkan di komunitas para pedofil. Mereka pun akan berkomentar tak senonoh tentang foto tersebut dan menjadikannya sebagai bahan fantasi seksual.

Waspada!

14. Somnofilia

Sekilas Tentang Paraphilia; Kelainan Seksual yang Irasional

Paraphilia yang satu ini juga patut diwaspadai. Sebab, ahli seksologi menyebutkan bahwa yang sering menjadi korban perilaku seks menyimpang ini adalah orang terdekat pelaku, biasanya saudara. Jadi, tak hanya memiliki paraphilia somnofilia tapi juga kecenderungan seksual inses.

Somnofilia sendiri adalah, ketertarikan seksual pada orang yang tidak sadarkan diri, baik sedang tidur atau pingsan. Beberapa pelaku benar-benar melakukan hubungan intim dengan orang yang tidur atau pingsan secara natural (tidak diberi obat tidur). Di kasus lain, pelaku memang sengaja membuat orang tersebut tidak sadarkan diri, lalu melecehkannya.

15. Voyeurisme

Sekilas Tentang Paraphilia; Kelainan Seksual yang Irasional

Paraphilia yang terakhir ini juga lumayan meresahkan. Yaitu, situasi di mana seseorang akan merasa terangsang apabila melihat orang lain melakukan aktivitas erotis. Seperti berhubungan seksual, membuka baju atau mengganti pakaian, buang air, mandi, dan lain-lain. Tindakan tersebut ia lakukan secara diam-diam alias mengintip.

Jadi, jika Gansis hobi ngintipin orang mandi, bisa jadi Gansis adalah pelaku paraphilia jenis voyeurisme. Hati-hati! Ntar ketahuan warga, mati digebukin ente. Heheh.




***

D. Apa yang Harus Dilakukan jika Kita Mengidap Paraphilia

Sekilas Tentang Paraphilia; Kelainan Seksual yang Irasional

Karena paraphilia adalah suatu penyimpangan, maka tindakan yang tepat untuk dilakukan ialah mencari pengobatan.

Biasanya, bila Gansis merasakan gejala seksual menyimpang dalam diri, maka dianjurkan untuk segera konsultasi ke dokter, psikiater, atau ahli seksologi. Hal ini agar Gansis segera mendapat penanganan lanjut.

Untuk rehabilitas pelaku paraphilia apalagi yang sudah parah, biasanya memakan waktu yang sangat panjang dan harus melewati berbagai tahapan. Biasanya pelaksanaan terapi kognitif perilaku pelaku yang sangat lama dan mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

Namun, apabila pelaku benar-benar berniat untuk menghilangkan gejala paraphilia-nya itu, maka proses yang panjang itu akan dilalui dengan mudah. Yang penting, harus tetap mendapat dukungan dari orang-orang terdekat. Soalnya, pelaku paraphilia sering mengalami gejala kecemasan, harga diri rendah, sehingga merasa minder bila ada orang yang mengetahui kelainan seksualnya.

***

Nah, gimana pendapat Gansis tentang bahasan kita hari ini? Plis komen di bawah!

Salam damai

Sekian

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)

A thread by : serbaserbi.com
Gambar : Google image
Sumber : 1, 2, 3, 4, 5

emoticon-Cendol Gan

Thanks For Reading
Diubah oleh serbaserbi.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nirankara dan 33 lainnya memberi reputasi
34
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Sekilas Tentang Paraphilia; Kelainan Seksual yang Irasional
01-12-2020 21:42
Bnyk bnget ya...hm...
Atau masih ada lagi?
Kurang terekspos aja mungkin?
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskus maniac
01-12-2020 21:58
Ada 547 jenis, Gan. Dan yang ane jelasin baru 15 jenis. Itu pun berdasarkan data terakhir tahun 2008 yang diperkirakan tahun ini jenisnya kian bertambah
0
Memuat data ...
1 - 1 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia