News
Batal
KATEGORI
link has been copied
211
Lapor Hansip
25-11-2020 09:49

Menteri KKP Edhy Prabowo dan Skenario Monopoli di Aturan Ekspor Lobster

Quote:Menteri KKP Edhy Prabowo dan Skenario Monopoli di Aturan Ekspor Lobster

 Menteri KKP Edhy Prabowo dan Skenario Monopoli di Aturan Ekspor Lobster

TEMPO.CO, JAKARTA - Skenario untuk memonopoli layanan kargo ekspor benih bening lobster muncul sejak penyusunan regulasi ekspor komoditas itu pada Desember 2019 hingga Mei 2020. Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo disebut mengetahui siasat segelintir eksportir itu sejak awal.

Sumber Tempo yang mengetahui proses penyusunan aturan tersebut mengatakan, Menteri KKP Edhy tak menggubris masukan ihwal petunjuk teknis pelaksanaan ekspor. Pemberi masukan mengingatkan Edhy ihwal aturan yang memungkinkan eksportir memakai jasa kargo apa pun, asalkan dilaporkan kepada pemerintah. “Namun masukan ini tidak didengarkan,” kata dia, Selasa 24 November 2020.

Eksportir seharusnya leluasa memilih layanan kargo ekspor (freight forwarder) yang harganya lebih murah. Faktanya, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyerahkan penentuan kargo tersebut kepada Perkumpulan Pengusaha Lobster Indonesia (Pelobi). Asosiasi baru beranggotakan 40 eksportir ini kemudian memilih PT Aero Citra Kargo (ACK) sebagai penyedia layanan tunggal freight forwarder benih lobster dengan tarif Rp 1.800 per ekor.

Sumber itu juga menyebutkan bahwa Edhy sudah mendengar masukan soal perusahaan kargo yang bisa menyediakan tarif yang lebih murah, yakni Rp 200-300 per ekor. “Namun rekomendasi ini juga tak dipedulikan,” ucapnya.

Tempo mengecek informasi ini kepada Ketua Asosiasi Budi Daya Ikan Laut Indonesia (Abilindo), Wajan Sudja. Wajan pun mengaku mendapat informasi senada dari eksportir yang hadir dalam pertemuan antara perwakilan Kementerian Kelautan dan eksportir benih lobster pada 2 Juni lalu itu.

Dalam pertemuan tersebut, ACK diumumkan sebagai penyelenggara jasa freight forwarder ekspor benih lobster. “Alasannya dicari-cari, pokoknya ACK ditunjuk,” kata Wajan. Dia juga mengaku sudah menyampaikan kejanggalan tersebut ketika dimintai keterangan oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama KPPU, Deswin Nur, mengatakan lembaganya membutuhkan minimal satu alat bukti untuk meningkatkan status penelitian atas dugaan monopoli tersebut. “Awal Desember akan ditentukan apakah akan diangkat ke penyelidikan atau diperpanjang penelitiannya,” kata dia.

Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia, Zaldy Ilham Masita, mempertanyakan alasan KKP ikut campur soal pemilihan penyedia freight forwarder. Menurut dia, ranah KKP seharusnya sebatas menentukan izin ekspor, termasuk kuota pengiriman. “Eksportir yang berhak memilih pakai kargo mana sesuai dengan kemampuan, harga, dan rekomendasi pelanggan masing-masing,” ujar dia.

Menteri Edhy Prabowo belum memberi tanggapan atas persoalan ini. Staf Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan, Andreau Pribadi, mengklaim KKP tak pernah menunjuk perusahaan logistik tertentu. “Sudah jelas itu ranah para eksportir sendiri untuk menentukan freight forwarder,” ucap Andreau, yang disebut hadir dalam pertemuan yang menunjuk PT ACK itu.

Andreau, yang bertindak sebagai Ketua Tim Uji Tuntas Eksportir Benih Lobster, juga mengklaim sempat mendata sejumlah perusahaan logistik yang menawarkan jasa pengiriman benih lobster, sejak keran ekspor dibuka pada Juli lalu. Kementerian Kelautan, kata dia, juga merekomendasikan lokasi pengiriman selain dari Bandar Udara Soekarno-Hatta, Cengkareng, seperti dari Surabaya.

“Kurang-lebih sebulan lalu ada perusahaan lain yang melayani dari Surabaya. Namun karena kondisi pandemi, sehingga penerbangan belum terbuka,” kata Andreau.


Komeng TS
Tidak aneh kalau Edhy dan KKP ngomong lobster gak akan habis. Mereka sebut angka fantastis tentang jumlah lobster yang lucunya ga pernah sinkron satu sama lain. Hal itu terlihat jelas untuk justifikasi menaikkan jumlah kuota ekspor benur. Kuota makin besar keuntungan KKN makin besar.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 43 lainnya memberi reputasi
44
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Menteri KKP Edhy Prabowo dan Skenario Monopoli di Aturan Ekspor Lobster
25-11-2020 23:41
untungnya ketangkep ya. cepet diusut sampe tuntas lah orang2 begini
0 0
0
profile picture
kaskus maniac
25-11-2020 23:49
dari awal menjabat aja dah gak beres orang ini. makin kesini makin getol ekspor benih lobster. dia ketangkep, tp orang2 lain yg ngikut juga harus ditangkep
0
profile picture
kaskus addict
25-11-2020 23:53
@japarina hahaha iya gan. mana suka ngomentarin kebijakan bu susi lagi emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskus maniac
02-12-2020 16:18
@richardus96 iya.. kayak doi kebijakannya ada yang bener aja -_- blunder semua dah
0
profile picture
kaskus addict
03-12-2020 12:08
@japarina gitulah kalo bukan expert yang jadi menteri
0
profile picture
kaskus maniac
08-12-2020 17:40
@richardus96 sedih ya.. kadang tiap bangun tidur ane berharap tiba2 udah di negara lain aja wkwk di singapore kek atau jepang korsel new zealand (maunya) emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskus addict
09-12-2020 15:10
@japarina ane pengennya ke negara skandinavia kayaknya asik sih gan. tapi singapore aja ane juga gak nolak wkwk
0
profile picture
kaskus maniac
14-12-2020 18:56
@richardus96 yea wkwk pindah ke tetangga yg itu juga kagak nolak lah wkwkw
0
profile picture
kaskus addict
14-12-2020 20:14
@japarina yang penting pindah aja ane mah emoticon-Ngakak
0
Memuat data ...
1 - 8 dari 8 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia