News
Batal
KATEGORI
link has been copied
243
Lapor Hansip
24-11-2020 07:45

Kerumunan Rizieq Dapat Tes Swab Gratis, Publik Protes: Kita yang Bayar!

Quote:Kerumunan Rizieq Dapat Tes Swab Gratis, Publik Protes: Kita yang Bayar!

SuaraSumut.id - Digratiskannya tes swab untuk para peserta kerumunan massa azara Rizieq Shihab menuai gelombang protes di sosial media.

Warganet merasa ada ketidakadilan yang terjadi dengan pengadaan tes swab gratis tersebut. Pasalnya, banyak masyarakat yang sudah menjaga diri dengan tidak berkerumun justru merogoh kocek dalam-dalam untuk membayar tes swab uji virus corona tersebut.

Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo meminta agar semua orang yang hadir dalam acara Habib Rizieq untuk segera melakukan tes swab corona.

Bahkan, Doni Monardo dalam konferensi pers Senin (23/11/2020) mengatakan, pemeriksaan usap antigen bagi kerumunan Habib Rizieq di sejumlah tempat tersebut tidak dipungut biaya alias gratis.

Hal itu kontan membuat murka publik yang tak habis pikir dengan keputusan pemerintah memberikan layanan tes swab gratis untuk mereka.

Dipantau Suara.com dari media sosial Twitter, tak sedikit warganet yang memprotes kebijakan pengratisan tes swab untuk kerumunan Habib Rizieq. Publik naik pitam lantaran pemerintah dirasa terlalu tebang pilih dalam memberikan fasilitas kesehatan Covid-19.

Kerumunan Rizieq Dapat Tes Swab Gratis, Publik Protes: Kita yang Bayar!

Habib Rizieq dan kerumunan FPI dinilai publik telah mendapat keistimewaan dari pemerintah, seperti yang dikritik oleh akun Twitter @April*******.

Dia mengungkit bagaimana sikap pemerintah yang dahulu sempat membagikan 20.000 masker dan hand sanitizer untuk acara Habib Rizieq. Kini, publik dihadapkan pada kebijakan penggratisan tes swab gratis pula untuk kerumunan tersebut.

"Kemarin 20.000 masker + hand sanitizer. Sekarang tes swab gratis (harga di RS Rp900 ribu). Bagus habiskan bos uang negara, kita yang bayar pajak dipakai untuk urus para begundal. Hebat anda bapak-bapak satgas. Kalau perlu masakin mie kari ayam dan pulangnya dikasih uang saku," ujarnya.

Senada dengan April, pemilik akun @Lily******* pun mengaku kecewa dengan sikap pemerintah menggratiskan tes swab untuk Habib Rizieq dan FPI. Dia tidak habis pikir kenapa pemerintah justru memfasilitasi pihak-pihak yang secara sadar melanggar protokol kesehatan.

"Kita warga yang taat aturan mesti bayar buat rapid test, sementara oknum pelanggaran prokes malah dikasih gratis, dihimbau lagi. Keenakan mereka. Harusnya setelah dites, ada sanksi buat pelanggaran yang mereka lakukan dengan sadar," kata Lily.

"Udah pas nikahan anaknya dibagiin masker gratis. Ini lagi dites swab gratis. Yang nyari masalah siapa, yang bayarin siapa. Mendingan Habib Rizieq suruh bayarin swab seluruh pengikutnya. I am done with this country," balas @rokta******.

Sementara itu, seorang warganet di balik akun @tsuro****** pun memiliki keserahan yang sama.

Dia hanya bisa berkata sabar lantaran nyesek membaca berita perihal gratisnya tes swab untuk Habib Rizieq dan kerumunannya.

"Buat yang selama ini patuh prokes dan harus tes karena ada teman/kolega/kerabat yang terpapar tapi ditolak puskesmas kemudian tes mandiri demi ketenangan jiwa) yang sabar ya. Pasti nyesek baca berita seperti ini," ungkapnya sembari mengutip artikel salah satu media online.

"Yang taat aturan bayar swab, yang taat agama gratis swab," tandas @rezky****** menyindir.

Lebih lanjut, seorang warganet di balik akun @agung******* juga naik pitam dengan pemerintah sembari mencurahkan pengalaman tak sedapnya saat repot mengurus tes swab mandiri.

Kerumunan Rizieq Dapat Tes Swab Gratis, Publik Protes: Kita yang Bayar!

Terlebih, biaya tes swab mandiri terbilang tinggi sehingga terkadang susah dijangkau oleh kalangan menengah ke bawah.

"Benar saya mau swab repot bener. Ke lab kena 1,5 juta, ke RS Husada 900 ribu, hasil 3 hari, mau ke RSCM Kencana bikin janji dulu. Mau swab aja repot dan mahal. Padahal kalau ada di pinggir jalan gratis, langsung bisa mampir ya," ucap dia.

Sebelumnya, Doni Monardo dalam konferensi pers secara virtual dari Jakarta, mengatakan pihaknya telah mendeteksi beberapa orang yang positif terkonfirmasi COVID-19 dan berada dalam kerumunan massa di beberapa tempat pada pertengahan November 2020 itu.

Oleh sebab itu, dia meminta semua orang yang hadir di acara Habib Rizieq Shihab melakukan tes corona, yaitu tes swab. Bahkan orang-orang yang tak sengaja di acara tersebut pun harus tes corona

Doni mengatakan pemeriksaan usap antigen bagi masyarakat yang terlibat dalam kerumunan di sejumlah tempat itu gratis.

“Hal ini sangat penting agar bisa sesegera mungkin diketahui apakah mereka yang ikut kerumunan tersebut terpapar atau tidak,” ujarnya.

https://sumut.suara.com/read/2020/11...bayar?page=all


50jt paket kumplit.. dapet 20k masker.. 10k swab.. + perawatan bagi yg membutuhkan.. emoticon-Ngakak (S)

Bisa aja nih netijen
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nirankara dan 52 lainnya memberi reputasi
51
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Kerumunan Rizieq Dapat Tes Swab Gratis, Publik Protes: Kita yang Bayar!
24-11-2020 07:50
astajing.... duit rakyat dipergunakan utk para ulamak.... jaminan jannah emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
profile picture
aktivis kaskus
24-11-2020 08:28
kantor ente kere sih, ga dikasih gratis
0
profile picture
24-11-2020 13:40
Jannah tapi Astajing, pante* lu gan emoticon-Wkwkwk
0
profile picture
24-11-2020 14:17
Aku cinta sarkas
0
Memuat data ...
1 - 3 dari 3 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia