News
Batal
KATEGORI
link has been copied
323
Lapor Hansip
19-11-2020 09:34

Soal Ceramah Viral HRS 'Penggal Kepala', Putri Gus Dur: Saya Muslim

Soal Ceramah Viral HRS 'Penggal Kepala', Putri Gus Dur: Saya Muslim
JURNAL PRESISI – Putri Presiden Republik Indonesia ke-4 Abdurrahman Wahid, Alissa Wahid mengungkapkan penolakan kerasnya atas ceramah Habib Rizieq dalam sebuah video yang tengah viral di media sosial.

Menurut Alissa Wahid, ceramah yang mengajak untuk berbuat kekerasan itu bukan sepatutnya dilakukan oleh muslim. Ia menolak dan tak ingin diatasnamakan dengan memunculkan tagar #TidakAtasNamaSaya.

Dalam cuitan di akun Twitter pribadi miliknya @AlissaWahid mengungkapkan bahwa dirinya sebagai seorang muslim tidak menerima segala bentuk ajakan kekerasan yang menggunakan dalih agama.

“Kalau ada ceramah mengatakan "jangan salahkan umat Islam kalau besok kepalanya dipenggal di jalan" itu #TidakAtasNamaSaya. Saya Muslim, & menolak diatasnamakan untuk tindak kekejian seperti itu. #NotInMyName,” cuit Alissa Wahid dikutip pada Rabu, 18 November 2020.
Soal Ceramah Viral HRS 'Penggal Kepala', Putri Gus Dur: Saya Muslim
Lebih lanjut, Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian tersebut juga menjelaskan bahwa ceramah HRS dalam video berdurasi 0:40 detik itu sudah termasuk kategori Incitement to Violence atau suatu hasutan untuk melakukan kekerasan.

“Pada dasarnya, ceramah seperti itu sudah masuk kategori Incitement to Violence (hasutan untuk melakukan kekerasan). Bahaya sekali,” tulisnya dalam cuitan lain.
Sebelumnya, mantan Ketua MK, Jimly Asshiddiqie menggungah video berdurasi 0:40 detik yang memuat HRS tengah melangsungkan ceramah.

Ungkapan dalam ceramah yang disampaikan HRS dalam video tersebut menyinggung mengenai kinerja pemerintah terlebih lagi kinerja Polri.

Selain itu, HRS juga menyinggung peristiwa yang terjadi di Prancis beberapa waktu lalu mengenai pemenggalan guru yang menampilkan karikatur Nabi Muhammad SAW. Hal ini dianggap sebagai bentuk penghinaan kepada Nabi umat Islam.
Soal Ceramah Viral HRS 'Penggal Kepala', Putri Gus Dur: Saya Muslim
"Saya himbau kepada pemerintah, khususnya kepada Kepolisian kita kasih tahu. Kalau tidak mau terjadi peristiwa seperti di Perancis penghina nabi dipenggal saudara. Kami minta tolong kalau ada laporan penista-penista agama diproses dong. Betul? Yang menghina nabi, menghina Islam, menghina ulama, Proses! Betul? Kalau tidak di proses jangan salahkan umat Islam kalau besok kepalanya ditemukan dijalanan.Takbir! Allahu Akbar! Siap Bela Nabi! Siap Bela Nabi! Siap Mati untuk Rasullullah! Takbir!," kata Habib Rizieq dalam sebuah video ceramah yang diunggah Jimly.

Baca Juga: Alih-alih Singgung HRS, Dewi Tanjung Sebut Tiga Nama Tak Terduga ini Jadi Biang Perusuh Negara

Jimly menilai bahwa ceramah yang lanturkan oleh HRS ini merupakan salah satu contoh ceramah yang bersifat menantang penuh dengan kebencian dan harus ditindak oleh aparat.

"Ini contoh ceramah yg bersifat menantang & berisi penuh kebencian & permusuhan yang bagi aparat pasti harus ditindak," tulis Jimly dalam akun pribadinya @JimlyAs dikutip pada Rabu, 18 November 2020.

Ia juga mengungkapkan bahwa ceramah tersebut harus dihentikan karena mengandung kebencian dapat mengundang provokatif yang meluas.
"Jika dibiarkan provokasinya bisa meluas & melebar. Hentikan ceramah seperti ini, apalagi atasnamakan dakwah yang mesti dengan hikmah & mau'zhoh hasanah," tukas Jimly.


SUMBER
Diubah oleh kaskus.infoforum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nohopemiracle dan 52 lainnya memberi reputasi
49
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Memuat data ...
profile picture
aktivis kaskus
19-11-2020 19:14
@broker.budak
menurut KH. Romly (rejoso, peterongan,JBG)
ada 4 jenis ulama
yg pertama ulama samudera,
cirinya adalah keilmuannya tinggi, santrinya banyak, cobaan hidupnya juga banyak, namun tetap sabar, syukur dan ikhlas.
yg kedua ulama sumur,
cirinya adalah ilmunya banyak tapi santrinya sedikit, hatinya jernih, taat dan sabar.
yg ketiga ulama keran air,
cirinya adalah ilmunya terpakai ketika ada job pengajian, kalo gak ada yg ngundang ya ga terpakai ilmunya, ulama ini gak punya santri.
yg keempat ulama comberan,
cirinya adalah ulama ini ilmunya hanya digunakan ketika dibutuhkan org, tampilannya berlebihan, kalo tidak dapat job pengajian hatinya mengeluh, apa yg ditampilkan tidak pernah sesuai dg hatinya, sudah keruh hatinya busuk pula perangainya.
1
profile picture
kaskus holic
19-11-2020 19:18
Njir...yg beginian rame kaya pasar malem

emoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultah
0
profile picture
kaskus addict
19-11-2020 20:08
SIAP BANG JAGO
1
profile picture
kaskus addict
19-11-2020 20:38
@rafa.anderson
Terima kasih atas ilmu dan koreksinya emoticon-Smilie
Mohon maaf atas kesalahan gue.

Itu benar hadis no 3795, isinya kayak gitu ?
0
profile picture
kaskus addict
19-11-2020 21:20
Ini mah dari hadis palsu yg keluar dari ulama macam riziq di jamannya. Hadis dibuat utk kepentingan ngulama gadungan jaman itu. Mungkin cuma sekelas fatwa, tp diaku2 hadis.
1
profile picture
aktivis kaskus
19-11-2020 22:51
@arivarianz yg jelas antum bukan muslim atau antum sedang menyamar menjadi muslim 😊
0
profile picture
aktivis kaskus
19-11-2020 22:57
@wiskey31 @mocachan hadits muslim & bukhari itu jg banyak yg sudah di palsukan. Cirinya ya gampang aja dia pasti bertentangan dgn qur'an
1
profile picture
newbie
20-11-2020 00:27
@djajoesman

janga main tuduh palsu saja,
jelas namanya ingkar

silakan dicek saja sumbernya, kan ada tertulis periwayat dan no haditsnya
kalau palsu laporkan saja, no berapa yg palsu, agar bisa dihapus dari peredaran,

jika masih beredar, diakui dan dipakai2 para ulama,
maka terbukti asli emoticon-thumbsup
0
profile picture
kaskus maniac
20-11-2020 08:16
@djajoesman Oooo... gitu ya gan.
0
profile picture
kaskuser
20-11-2020 09:35
@broker.budak Repot juga hrs tau juga mana ulama yang benar ato palsu. Benar untuk ku blm tentu benar untuk mu juga ya. Ada standar nya gan?
1
profile picture
kaskus maniac
20-11-2020 09:55
@mardux13
Sebenernya @djajoesman udah ngasih petunjuk
Quote:hadits muslim & bukhari itu jg banyak yg sudah di palsukan. Cirinya ya gampang aja dia pasti bertentangan dgn qur'an

Jadi kita emang hrs tau isi alquran dulu biar tau mana ulama yg bener & salah
1
Memuat data ...
41 - 51 dari 51 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia