News
Batal
KATEGORI
link has been copied
163
Lapor Hansip
10-11-2020 14:27

Anies: CEO-Office Boy Bisa Berdiri Sejajar di Kendaraan Umum

Anies: CEO-Office Boy Bisa Berdiri Sejajar di Kendaraan Umum Anies Baswedan / Foto: Sachril/detikcom

Jakarta - Sejumlah pembangunan transportasi publik di Jakarta terus dibangun, salah satunya proyek Moda Raya Terpadu (MRT) fase II kini sedang dikerjakan. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan transportasi umum sebagai sarana interaksi sosial masyarakat.

"Transportasi umum adalah rekayasa sosial untuk meningkatkan interaksi antar warga. Di dalam transportasi umum kita menemukan kesetaraan, kebersamaan, kita menemukan perasaan interaksi yang di tempat lain belum tentu kita tentukan nuansa seperti itu," ujar Anies dalam acara diskusi daring, Selasa (10/11/2020).

Anies mengatakan dirinya ingin menyatukan ruang interaksi antara rumah dan tempat kerja. Menurutnya, penyatuan ruang interaksi itu berada di transportasi umum.

"Di kota seperti Jakarta ini pertama ruang di rumah, kedua ruang tempat kerja atau sekolah, ketiga ruang di antara keduanya, saya sering menyebut sebagai ruang ketiga, ini harus diintervensi pemerintah sebagai ruang untuk mempersatukan, ruang untuk membangun kebersamaan Ketika berada di rumah, kita ada di lingkar keluarga, di tempat kerja ada struktur, ada atasan ada bawahan," ucapnya.

"Di kendaraan umum semua bisa ketemu, seorang CEO di kendaraan umum bisa berdiri sejajar dengan office boy yang melayani di kantornya, seorang kepala daerah, kepala negara naik kendaraan umum dia kan berdiri seperti penumpang lainnya. Di sini tidak ada VIP, tidak ada non VIP, semua sama, duduk sama tinggi, berdiri sama tinggi, jadi saya sering mengatakan bahwa tidak menentukan tempat duduk di MRT, kedudukan tidak menentukan tempat duduk di TransJakarta, semua mendapat tempat yang setara," katanya.

Lebih lanjut, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu mengatakan Jakarta bukan hanya sekadar untuk mencari penghidupan semata, tapi orang membutuhkan hidup. Karenanya, Pemprov DKI harus menyediakan alat transportasi publik yang berorientasi kepada pengalaman.

"Karenanya segala harus dirancang untuk memberikan pengalaman, MRT, LRT, BRT, sampai angkot semuanya harus memberikan pengalaman pada warga termasuk sekarang kita mendorong menggunakan sepeda, mendorong menggunakan jalan kaki. Karena kita menginginkan agar perjalanan menjadi pengalaman berangkat dari rumah ke tempat kerja pulang dari tempat kerja ke rumah bukan sekadar rutinitas yang terlupakan begitu saja, tapi selalu menjadi pengalaman yang baru," ucap Anies.

"Karena itu inovasi terobosan dari para pengelola ruang ketiga ini dibutuhkan kembali, untuk melakukan transportasi dari construction oriented menjadi experience oriented dari waktu itu membangun menjadi barang sekarang membangun pengalaman bagaimana pengalaman itu tumbuh dari warga," imbuhnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melontarkan ide mengubah sepeda yang semula sebagai alat olahraga menjadi transport. de tersebut awalnya terlontar saat Anies bersepeda bersama para duta besar dari negara Nordik. Para duta besar itu berasal dari Denmark, Finlandia, Norwegia, Swedia, serta Uni Eropa. Kegiatan ini dimulai dari Kedutaan Besar Uni Eropa di Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Titik akhirnya berada di Menara Rajawali, Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

Anies mengungkapkan selama ini sepeda dipandang sebagai alat olahraga. Namun pandangan itu harus diubah, di mana sepeda harus dipandang sebagai alat transportasi.

"Selama ini mayoritas memandang sepeda sebagai alat olahraga, sport, harus diubah jadi transport. Nah, ini yang sedang kita kerjakan, dengan adanya infrastruktur itu, harapannya pengemudi sepeda merasa lebih nyaman kalau ada di jalan menggunakan sepeda-sepeda transport," ungkap Anies.

"Terkait rencana membangun jalur sepeda, saat ini sudah terbangun 63 km jalur sepeda. Kita merencanakan membangun sampai 500 km jalur sepeda di Jakarta," jelas dia.

SUMBER


Jadi poinnya adalah.. emoticon-Malu (S)

Ketika menggunakan public transport MRT/LRT/TJ.. semua akan berdiri setara dan sejajar.. oleh karena itu kita mendorong warga untuk menggunakan sepeda.. jadi CEO bisa naik brompton.. dan OB naik onthel.. emoticon-Malu (S)

Anies: CEO-Office Boy Bisa Berdiri Sejajar di Kendaraan Umum


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 35 lainnya memberi reputasi
34
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Anies: CEO-Office Boy Bisa Berdiri Sejajar di Kendaraan Umum
11-11-2020 11:24
Permainan kata apalagi ini?? emoticon-Cape d...
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia