News
Batal
KATEGORI
link has been copied
254
Lapor Hansip
04-11-2020 17:15

Nasib Bandara Kertajati, Tak Ada Penumpang dan Kalah Pamor dari Nusawiru Ciamis

Nasib Bandara Kertajati, Tak Ada Penumpang dan Kalah Pamor dari Nusawiru Ciamis


Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau akrab disebut Bandara Kertajati seolah mati suri sejak pandemi COVID-19. Hingga September 2020 tercatat tidak ada satu penumpang pun yang berangkat dari bandara ini.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat, dari lima bandara yang melayani penerbangan di Jawa Barat, hanya dua bandara yang tercatat mengangkut penumpang, yaitu Bandara Husein Sastranegara Bandung dan Bandara Nusawiru di Ciamis.

Sementara tiga bandara lainnya, terpantau tak mengangkut penumpang satupun yaitu BIJB (Kabupaten Majalengka), Bandara Cakrabhuana Penggung (Kabupaten Cirebon), dan Bandara Wiriadinata (Kabupaten Tasikmalaya).

"Bandara Husein Sastranegara merupakan bandara dengan jumlah keberangkatan penumpang penerbangan domestik terbanyak pada September 2020. Selain itu, ada Bandara Nusawiru yang melayani keberangkatan penumpang domestik sebanyak 82 orang," kata Kepala BPS Jabar Dyah Anugerah Kuswardani.

Jumlah penumpang berangkat dari Bandara Husein Sastranegara pada September 2020 tercatat sebanyak 14.821 orang, mengalami kenaikan sebesar 135,07% dibandingkan bulan sebelumnya yang sebanyak 6.305 orang. Sementara pada Bandara Nusawiru jumlah penumpang berangkat mengalami kenaikan sebesar 22,39%.

Tak jauh beda dengan Bandara Cakrabhuana Penggung dan Bandara Wiriadinata, Bandara Kertajati tercatat tak mengangkut penumpang satu pun pada periode Agustus hingga September. Kondisi ini terjadi sejak bulan Mei 2020 lalu.

Padahal, secara kapasitas Bandara Kertajati mampu menampung pesawat berbadan jet. Bahkan, bandara ini sempat melayani perbangan internasional. Sejak Bandara Husein Sastranegara diperbolehkan mengoperasikan pesawat jet, sejumlah maskapai ramai-ramai membuka penebangan dari dan ke Bandung.

Hingga kini, Bandara Husien Sastranegara berkontribusi terhadap angkutan udara. Jumlah penumpang angkutan udara domestik Jawa Barat kumulatif Januari hingga September 2020 tercatat mencapai 160.580 orang.

"Jumlah penumpang terbanyak tercatat di Bandara Husein Sastranegara mencapai 114.490 orang atau 71,30 persen dari keseluruhan penumpang domestik. Sementara di Bandara Kertajati jumlah penumpang kumulatif Januari-September 2020 sebanyak 42.400 orang atau 26,41% dari total penumpang penerbangan domestik Jawa Barat," jelas Dyah.

Secara kumulatif, penumpang bandara turun sebesar 79,69% dibanding periode Januari-September tahun lalu yang sebanyak 790.500 orang. Penumpang domestik kumulatif Januari-September 2020 di Bandara Husein Sastranegara mengalami penurunan sebesar 82,50% dibandingkan Januari-September 2019 yang tercatat 654.310 orang.

Sementara dibandingkan Januari-September 2019, penumpang domestik melalui Bandara Kertajati mengalami penurunan sebesar 64,93%.

https://daerah.sindonews.com/read/21...mis-1604481070


Proyek gagal nih emoticon-Wakaka emoticon-Wkwkwk


profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 28 lainnya memberi reputasi
27
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Nasib Bandara Kertajati, Tak Ada Penumpang dan Kalah Pamor dari Nusawiru Ciamis
04-11-2020 18:12
hasil skandal kerja don kuli panggul cap sapi. harusnya BIJB itu di karawang, terintegrasi kereta cepat, tol, kota satelit baru & pelabuhan patimban. tapi karena don kuli panggul sudah borong tanah di sana, jadi dipaksakan dibangun biar dapat untung besar dari jual tanah yang dia beli murah.
Diubah oleh billyns
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
profile picture
kaskus maniac
04-11-2020 18:30
Tp sayangnya pembangunanya ini bandara dimulai tahun 2014 dan dimasukkan ke dalam proyek strategis nasional thn 2015 oleh don kodok dan diresmikan tahun 2018
5
profile picture
kaskus geek
04-11-2020 22:52
kalau nggak diambil alih pusat, jadi mangkrak. pusat ambil alih pun atas permintaan pemda. saya dulu kerja di gedung sate pas kertajati lagi jadi isu hangat. buka jendela ruang kerja, itu halaman gedung sate. sedikit banyak kalau PNS di sana bergosip jadi ikut dengar.
4
profile picture
kaskus maniac
04-11-2020 23:26
@billyns mangkrak gimana bambang, peletakan batu eprtamnya aja tahun 2014 oleh don kodok

Kalo gak menguntungkan kan batal aja bisa, itu selat sunda aja bisa batal krn don kodok

Btw gua hrs eprcaya gitu omongan lo yg saya dulu, paman gua dulu, anak buah gua dulu basi cukk narasi lo itu trs
5
profile picture
kaskus geek
05-11-2020 05:17
jembatan selat sunda itu swasta, jadi nggak ada yang kena kasus korupsi kalau dibatalkan. waktu itu swasta rugi minimal Rp 1Tuntuk semua persiapan awal.
BIJB batal, banyak yang kena kasus korupsi kalau mangkrak, semua persiapan pakai APBD. itu sebab pemda habis2an lobi pusat & memang sesuai perencanaan, jabar butuh bandara internasional sendiri walau lokasi nggak disebut di mana.
tau nggak RK ada terlibat di kekosongan BIJB? waktu itu sesuai rencana, lanud husen akan dikembalikan ke AU, bandara sipil bdg pindah ke BIJB. RK jadi walikota, dia ingin husen dipertahankan karena kalau pindah, bdg nggak punya bandara sipil. jadilah husen direnovasi dengan biaya hampir Rp 200M. setelah dia jadi gubernur, tentu dia pertahankan kebijakan husen tetap difungsikan untuk sipil karena ada kontrak2 yang harus ditaati. toh BIJB juga sudah bukan lagi proyek pemprov.
5
profile picture
05-11-2020 09:58
Itu bandara proyek yg ngerjain pakdenya temen gw
Terserah lu percaya kaga

Tu proyek yg ngerjain ponakannya km gw
Terserah lu percaya laga

Gw kebetulan kerja di kementrian bla bla bla
Ada rumor bla bla bla
Terserah lu percaya kaga

Omongan taik
3
profile picture
kaskus maniac
05-11-2020 11:44
@krisnafebriyant wkwkwk.. Mantan bos ane... Tempat kerja anedulu.
Iya juga ya kalau diliat2 narasinya gitu terus. Haha
3
profile picture
kaskus geek
05-11-2020 12:48
saya pakai nama & foto asli, kalau ngibul gampang banget ketauan. cek aja apa betul saya pernah kerja di gedung sate atau nggak, punya (mantan) atasan seperti itu atau nggak, dst.
1
profile picture
kaskus maniac
05-11-2020 15:26
@krisnafebriyant omongan buzzer bray emoticon-Big Grin
0
profile picture
kaskus geek
05-11-2020 16:29
jadi Husein gk akan pernah bisa ditutup dan dilaihkan total ke BIJB gan? emoticon-Bingung
0
profile picture
kaskus geek
05-11-2020 17:33
tergantung politik & AP yang investasi di terminal baru bandara husen. untuk penerbangan luar jawa & LN sebelum covid sudah dipindah ke BIJB sebagian. faktor maskapai juga berpengaruh, kalau mereka merasa ke husen lebih rame, bakal susah disuruh pindah selama husen masih operasional.
1
Memuat data ...
1 - 10 dari 10 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia