News
Batal
KATEGORI
link has been copied
233
Lapor Hansip
03-11-2020 10:51

Usai Teror, Muslim Prancis Hadapi Stigmatisasi

Usai Teror, Muslim Prancis Hadapi Stigmatisasi
Deutsche Welle (DW) - detikNews
Selasa, 03 Nov 2020 09:18 WIB
elah disalin

Usai Teror, Muslim Prancis Hadapi Stigmatisasi


Jakarta - 
Syok dan curiga menempel erat pada muslim Prancis menyusul tiga serangan teror dalam lima pekan terakhir, di mana dua korban dipenggal di depan umum, demikian laporan kantor berita AP.



Minoritas yang kebanyakan berasal dari Afrika Utara dan Timur Tengah itu kembali tersudutkan saat belum lama ini Presiden Emmanuel Macron berpidato tentang "separatisme Islam" sebagai wadah radikalisme.

Di dalamnya dia mengeluhkan fenomena masyarakat paralel, di mana sekelompok muslim cenderung hidup tertutup di bawah payung Syariah, dan mengasingkan diri terhadap konstitusi republik. Macron menegaskan loyalitas terhadap negara harus melandasi kehidupan beragama.

Usai teror pemenggalan teranyar, sebagian besar warga muslim menahan diri agar tidak membuat keributan tambahan. Tokoh-tokoh Islam menyerukan damai. Aksi demonstrasi yang mewarnai negara-negara mayoritas muslim juga urung menggema di Prancis.

Namun di lubuk yang paling dalam, sebagian merasa ikut disalahkan oleh gelombang teror seputar Karikatur Nabi Muhammad. Situasinya "mengkhawatirkan buat kaum muslim," kata Hicham Benaissa, sosiolog muslim.

Di lingkup sosialnya, Benaissa berkisah beberapa kenalan sudah "berniat meninggalkan Prancis. Situasinya menegangkan. Ada rasa takut."

Islam dengan lima juta pengikut merupakan agama terbesar kedua di Prancis. Populasi muslim di sana merupakan yang terbesar di barat Eropa. Kebanyakan merupakan keluarga pendatang di generasi kedua atau ketiga. Meski demikian, tidak sedikit yang kesulitan mengidentifikasikan diri dengan negeri kelahiran mereka, antara lain akibat diskriminasi lintas generasi yang menghalangi kaum minoritas mengakses masyarakat arus utama.

Pasca serangan brutal di Paris dan Nice, tokoh muslim ramai memberikan kecaman. Serangan itu, "menyentuh saudara-saudari kita yang berdoa kepada Tuhannya. Hari ini, saya merasa sangat Kristen," kata Imam masjid al-Rahma di Nice, Otman Aissaoui.

Tapi "sekali lagi kami distigmatisasi, dan orang cepat membuat kesimpulan," imbuhnya, merujuk pada kelompok muslim asal Afrika Utara yang merupakan daerah bekas jajahan Prancis.

Umat Muslim "tidak bersalah atau bertanggungjawab," atas serangan teror yang terjadi. "Kami tidak harus membela diri," ujar Abdallah Zekri, anggota Dewan Muslim Prancis.

Sekularisme sebagai produk sejarah

Prancis memandang penting UU sekularisme yang lahir dari konflik dengan Gereja Katolik pada 1905. Sejak saat itu agama dilarang mencampuri urusan pemerintahan, atau terlibat dalam pembuatan kebijakan publik

Namun menurut Tareq Oubrou, seorang ustad asal Bordeaux, "keberadaan Islam adalah sesuatu sebelumnya tidak diperkirakan oleh masyarakat Prancis," katanya kepada AP.

Sepanjang sejarahnya, proses legislasi UU Sekularisme berulangkali memicu ketegangan, semisal amandemen pada 2004 dan 2010 yang melarang jilbab dan penutup wajah di sekolah. "Sekularisme selalu menjadi tabir untuk menyelubungi bagaimana perlakuan terhadap Islam," kata Benaissa.

Rim-Salah Alouane, kandidat doktoral di Universitas Toulouse Capitole, bahkan berujar lebih pedas. "Sejak dekade 1990an, Laisisme dipersenjatai dan disalahgunakan untuk membatasi penampakan simbol-simbol agama di ruang publik, terutama milik kaum muslim," kata dia.

Kemunculan simbol-simbol Islam di ruang publik selama ini terjadi secara perlahan dan minim perhatian, sampai kelompok populis kanan mulai mengkampanyekan gagasan Islam sebagai ancaman bagi identitas Prancis.

"Negara harus menghormati dan menyambut keragaman sosial, bukan menganggapnya sebagai ancaman," imbuh Alouane.

Islam tidak satu

Warga muslim yang datang ke Prancis banyak bekerja di sektor manufaktur seperti di industri otomotif atau konstruksi. Keberadaan mereka," sangat penting bagi Prancis," kata Benaissa. "Sekarang, jika ada wanita berjilbab tiba di perusahaan, tiba-tiba ada penolakan. Apa yang terjadi?" tanyanya.

Berbeda dengan generasi pendahulu, kaum muda berlatarbelakang migran di Prancis mengenyam tingkat pendidikan yang lebih tinggi ketimbang orangtuanya. Hal ini, tutur Benaissa, menghapus "mitos pulang" setelah sukses yang selalu melekat pada kaum migran.

Olivier Roy, seorang analis politik tersohor Prancis, mengabarkan kepada sebuah komite di parlemen bahwa kebanyakan muslim harus bekerja keras untuk bisa mengintegrasikan diri ke dalam kebudayaan Prancis. Mereka "memformat diri sendiri kepada (nilai-nilai) Republik Prancis, dan mengeluhkan bahwa mereka tidak mendapat ganjaran atau pengakuan."

Stigmatisasi terhadap kaum muslim muncul dalam bentuk pemeriksaan polisi atau diskriminasi di pasar tenaga kerja. "Seorang muslim direduksi hanya pada agamanya saja," kata Obrou, ustad di Bordeaux.

"Islam bukan Islamisme, seorang muslim tidak selalu islamis. Seorang islamis belum tentu juga menjadi seorang jihadi," kata Benaissa. "Apa yang saya khawatirkan adalah radikalisme identitas, di mana ada yang mengklaim identitas keislaman, sementara yang lain identitas keprancisan."

https://news.detik.com/dw/d-5239142/...i-stigmatisasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agamakbarr dan 27 lainnya memberi reputasi
22
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Usai Teror, Muslim Prancis Hadapi Stigmatisasi
03-11-2020 11:07
udah biasa Muslim di stigmatisasi. Walaupun di Indonesia puluhan ribu gereja diizinkan berdiri, tetap saja di mata domba Muslim itu intoleran




profile-picture
profile-picture
profile-picture
.theflash. dan 42 lainnya memberi reputasi
12 31
-19
profile picture
kaskus maniac
03-11-2020 11:24
Bener banget. Kalo muslim indonesia intoleran udah habis itu kafir2
0
profile picture
Auto Banned
03-11-2020 11:40
Lah memang benar, buktinya arab saudi, dulu ada penganut yahudi, kristen, majusi, paganisme, sekarang sudah habis. Jejak2 budayanya sudah dimusnahkan.

Di Indonesia, budaya lokal mulai di habisin akibat dikatain kafir2 & bid'ah. Sehingga tak ada yang mau teruskan lagi.

Belum lagi ajaran hukum syariah negara islam melarang non muslim perlihatkan simbol2 agama mereka di tempat umum. Untung saja negara ini pake hukum negara, bukan hukum syariah. Diterapkan aturan itu makin jadi intoleranya islam.

@autistic.dog
12
profile picture
kaskus addict
03-11-2020 11:59


standart toleran = tidak dirusak, tidak dibakar, tidak dibunuh, tidak dibantai
4
profile picture
kaskus addict
03-11-2020 17:11
Gereja jg banyakan berdiri di Manado Papua Sumut NTT, terus Lo bilang toleran? Coba bangun gereja di Subang, Depok, Bekasi gmna reaksi muslim itu sebenarny disnaa
8
profile picture
kaskus addict
03-11-2020 17:11
@autistic.dog kalau begitu prancis toleran ya gan? karena muslim yang di prancis belum di genocide sama pemerintah prancis
2
profile picture
kaskuser
03-11-2020 17:26
@kempez ada toh nyatanya gereja di kota2 yg ente sebut.emg reaksi masyarakat gmn?sertakan sumber klo emg ada.
0
profile picture
kaskuser
03-11-2020 17:40
Apa hubungannya muslim dan gereja berdiri di indonesia? emoticon-Blue Guy Bata (L)
Berdirinya gereja gak gampang ijinnya walau akhirnya berdiri.

Karena sudah biasa shg dianggap normal sedangkan yg lain melihat intoleran.
1
profile picture
kaskus holic
03-11-2020 17:48
Ya. Semua minoritas pasti selalu merasa di tindas oleh mayoritas, di negara manapun..
4
profile picture
03-11-2020 17:49
Kalo kami di Flores, bebas...sebebas bebasnya diriin gereja. Emang lo mau apa?
Mau halangin?
Datang aja kalo berani...wkwkwkw...
0
profile picture
aktivis kaskus
03-11-2020 18:15
Muslim NGEHE
1
profile picture
newbie
03-11-2020 18:16
emoticon-Wink wkwkwkw sok2an, gereja berdiri gk ada urusannya sama golongan situ. masih syukur agama import diterima masuk nusantara, udah bertebaran sana sini lalu merasa berkuasa, bocil
1
profile picture
kaskus addict
03-11-2020 18:40
@GuntinkQuqu alah gk usah pura2 bego Lo, gw sumpahin bego betulan Lo...
Berapa banyak penolakan pembentukan izin gereja, pura2 begok Lo yg baru di Cikarang itu apa? Pasang speaker active sementara orang lg ibadah di dalam
1
profile picture
kaskuser
03-11-2020 18:49
@kempez lha..saya nanya..eh nyolot..malah begoin..kalau ada ya sertakan sumbernya..wong saya cm minta info.ga mau debat.
Bah..
0
profile picture
kaskuser
03-11-2020 18:50
@kempez apa cm bisa bego2in doang?ga punya data?
Shame on u..kasian hidup anda
0
profile picture
kaskus addict
03-11-2020 19:08
Data2...data buat uclim Denial goblok
https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-49494326
0
profile picture
kaskuser
03-11-2020 19:11
@kempez nah..gitu kan enak dr td..wong cuma nanya,tinggal jawab..
Oke,tengkyu gan kampes
0
profile picture
kaskus maniac
03-11-2020 19:46
@Cupu1971 herannya ada yang sudah menjadi mayoritas pun di mana-mana tetap merasa ditindas dan dijolimi.
1
profile picture
kaskus addict
03-11-2020 19:58
@laplaces setau ane muslim juga import cuy agama asli indonesia tinggal hindu ama budha...sunda wiwitan dkk dah di babat abis ....
belajar sejarah ga ente?
1
profile picture
kaskus addict
03-11-2020 20:52
Islam dr masa kelahiranya sudah kontroversi. Krna membawa agama yahudi, dan kristen tp tdk membenarkan ajaran yahudi dan kristen pada masa itu. Islam mengklaim menyempurnakan ajaran2 sebelumnya , itu saja udah arogan sekali trus yg pling arogan menganggap ajaran selain islam salah , sesat dan cuma islam yg benar sangat arogan gmn ngk marah ajaran2 sebelumnya .wajar akhirnya bentrok sama orang2 sekitar yg masih memegang agama lama yaitu kaum Quraish , akhirnya bentrok dan hijrah kemadinah demi kemanan diri .
0
profile picture
03-11-2020 21:12
Semua agama di Indonesia itu hasil import.
Yang asli cuman animisme dan dinamisme...
1
Memuat data ...
1 - 20 dari 40 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia