others
Batal
link has been copied
195
Lapor Hansip
01-11-2020 08:35

[Coc Reg. KalBar] Puake. Makhluk Misterius Penunggu Sungai Kapuas, KalBar

[Coc Reg. KalBar] Puake. Makhluk Misterius Penunggu Sungai Kapaus, KalBar

emoticon-I Love IndonesiaHT Ke-13emoticon-I Love Indonesia

Puake adalah salah satu makhluk misterius penunggu sungai Kapuas. Simak  selengkapnya!

[Coc Reg. KalBar] Puake. Makhluk Misterius Penunggu Sungai Kapaus, KalBar

Di daerah Kalimantan Barat juga pernah terjadi tragedi kecelakaan mistis yang dikaitkan dengan makhluk misterius yang menetap di Sungai Kapuas, Puaka (puake). Kapal dari pelabuhan Senghie menuju Ketapang yang karam dikaitkan dengan adanya puake yang konon menjadi penunggu Sungai Kapuas. Para sejarawan dan juga budayawan mengatakan puake berasal dari bahasa Melayu yang berarti besar atau raksasa.

Keberadaan puake sebagai makhluk penunggu Sungai Kapuas dipercayai telah ada sejak zaman nenek moyang bangsa Indonesia. Beberapa orang meyakini puake merupakan makhluk yang sama sekali tidak mengganggu manusia, tetapi sebagian orang juga mempercayai bahwa puake bisa saja meminta tumbal di waktu-waktu tertentu.

[Coc Reg. KalBar] Puake. Makhluk Misterius Penunggu Sungai Kapaus, KalBar

Masyarakat yang tinggal di sekitar Sungai daerah Kalimantan meyakini ada berbagai jenis puake, diantaranya puake buaya putih (sarassa), puake tapah, dan puake biukur yang berwujud kura-kura raksasa. Beberapa diantaranya yang paling sering diceritakan adalah puake buaya putih dan puake berbentuk ular besar. Contohnya, masyarakat Kampung Bansir Laut di Pontianak mempercayai puake yang menyerupai buaya.

Masyarakat sekitar menyebut buaya penjaga tersebut sebagai kembaran dari Mak Tua yang sudah meninggal. Konon, puake buaya sering muncul di saat orang-orang sekitar Sungai Kapuas mengadakan acara pernikahan dan acara meriam karbit saat malam takbiran.

Alasan lain kemunculan makhluk penjaga Sungai Kapuas tersebut juga dipercaya sebagai tanda mengingatkan masyarakat untuk mengadakan ritual “buang-buang”, seperti minyak, telur ayam kampung, benang, paku dan beras kuning. Sementara, sebagian masyarakat  Pontianak meyakini puake berwujud ular besar yang kepalanya di muara sungai dan ekornya berada di hulu sungai.

Hingga sekarang tidak ada yang tahu persis bagaimana wujud puake sebenarnya. Ada yang mempercayai puake ialah hewan biasa yang berukuran raksasa dan selalu bersembunyi. Karena tempat persembunyiannya di air yang dalam, maka tidak ada yang bisa menemukannya. Ada juga yang mengatakan puake adalah hewan besar yang hidupnya terlalu lama di suatu tempat, sehingga mereka dikendalikan jin atau makhluk halus. Karena itu, puake menjadi semacam siluman dan tidak bisa dilihat secara kasatmata.

Memang sulit untuk membuktikan eksistensi puake di Sungai Kapuas ini, apalagi tidak ada sumber pasti yang dapat menjelaskannya secara detail. Satu-satunya legenda puake Sungai Kapuas tersebut masih ada diceritakan secara turun-temurun oleh masyarakat yang tinggal di sekitar Sungai Kapuas dan masyarakat Kalimantan pada umumnya.

 
Sekian thread dari ane
Semoga bermanfaat
 
___________________________

 

Sumber: Opini Pribadi 
Referensi & gambar: 1,2,3 
@abdulqadirz©2020
Diubah oleh abdulqadirz
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Junmai92 dan 35 lainnya memberi reputasi
36
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
[Coc Reg. KalBar] Puake. Makhluk Misterius Penunggu Sungai Kapaus, KalBar
01-11-2020 11:00
sejenis hewan atau hantu?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abau. dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
profile picture
KASKUS Plus
01-11-2020 11:01
Hewan sih gan
0
profile picture
kaskus addict
01-11-2020 11:02
@abdulqadirz hewan siluman gitu ya gan
1
profile picture
KASKUS Plus
01-11-2020 11:02
@black.team8 yg ane tau gitu sih gan. Maybe secara ilmiahnya ada gan😁
0
Memuat data ...
1 - 3 dari 3 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
B-Log Collections
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia