News
Batal
KATEGORI
link has been copied
83
Lapor Hansip
28-10-2020 00:12

Pertempuran - Pertempuran Penentu Dalam Perang Kemerdekaan Amerika Part II

Hai Selamat Datang di Thread ane 
emoticon-Hai


Pertempuran - Pertempuran Penentu Dalam Perang Kemerdekaan Amerika Part II
(Source : Google Image )

Thread ini merupakan lanjutan dari part I yang sudah diposting sebelumnya, dan bagi yang belum membaca silahkan dibuka ya part I nya dengan judul Pertempuran - Pertempuran Penentu Dalam Perang Kemerdekaan Amerika Part I   .  Di part sebelumnya sudah dibahas bagaimana pertempuran Lexington dan Concord yang merupakan pertempuran pembuka perang kemerdekaan Amerika dimenangkan oleh milisi Amerika, dan membuktikan bahwa pasukan milisi yang dikatakan masih "hijau" dapat mengalahkan pasukan profesional milik Inggris. Hal ini menambah kepercayaan diri milisi - milisi Amerika di setiap koloni bahwa mereka mampu mengusir Inggris dan merebut kemerdekaan mereka. Berlanjut pada pertempuran Bunker Hill dimana ini merupakan  kekalahan pertama Amerika, tapi kemenangan Inggris disini tidak membuat Inggris senang karena korban dari pihak mereka yang jauh lebih banyak. Sedangkan Amerika walaupun harus mundur dari perbukitan tapi mereka berhasil menyelamatkan banyak nyawa pasukan milisi. Nah pada pertempuran Long Island yang menjadi awal titik terendah pasukan Amerika dimana pasukan Amerika yang berada dibawah komando George Washington, dipusatkan untuk membuat pertahanan di selatan Long Island untuk menghadang invasi pasukan Inggris ke New York atau New Jersey. Tapi Inggris yang dipimpin oleh Jenderal Howe dapat menyerang Inggris dari samping pertahanan Amerika dan merengsek masuk lebih dalam ke wilayah Long Island, tahu akan terjadi pembantaian yang lebih besar George Washington memerintahkan pasukannya untuk mundur dan sejak kekalahan di Long Island pasukan Amerika terus menerus mengalami kekalahan dan terusir sampai Pennsylvania. Bagaimana pasukan Amerika bisa bangkit dan akhirnya mampu merdeka dari Inggris? Cekidot gan! 


The Star Spangled Banner


Pertempuran Saratoga (Kegagalan Inggris Dalam Kampanye ke Utara)




Pengepungan Yorktown

Traktat Paris 1783

 

Setelah perang kemerdekaan Amerika ini Inggris harus merelakan wilayah koloni lamanya menjadi sebuah bangsa yang merdeka, sedangkan Amerika sendiri masih harus membenahi wilayah - wilayahnya yang terdampak akibat perang terutama dalam membenahi ekonomi mereka. Selain itu Amerika juga mulai melakukan strukturisasi pemerintahannya dan mengangkat George Washington menjadi presiden pertamanya, dan John Adams menjadi wakil presiden pertama Amerika Serikat. 



Itu tadi thread thread ane yang berjudul Pertempuran - Pertempuran Penentu Dalam Perang Kemerdekaan Amerika Part II. Kalo agan/sista suka dengan thread ini silahkan komen atau cendol emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S) tapi jangan dibata emoticon-Bata (S) please. 


 




profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekaadhiwibowo dan 37 lainnya memberi reputasi
38
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Pertempuran - Pertempuran Penentu Dalam Perang Kemerdekaan Amerika Part II
01-11-2020 05:50
Perang 8 tahun tp korban banyak perang saudara yang lama nya 4 tahun

Pertempuran - Pertempuran Penentu Dalam Perang Kemerdekaan Amerika Part II

Pertempuran - Pertempuran Penentu Dalam Perang Kemerdekaan Amerika Part II

Peristiwa penting waktu revolusi di amerika
profile-picture
Gojira1998 memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskus addict
01-11-2020 08:20


Bahkan walaupun jumlah korban orang Amerika dalam perang dunia I dan II dijumlahkan masih lebih banyak korban perang saudara Amerika.
0
profile picture
kaskus addict
01-11-2020 10:24
@Gojira1998 berarti perang saudara yang bener2 memakan korban besar di amerika ya gan
1
profile picture
aktivis kaskus
01-11-2020 11:21
Ya iyalah korbannya banyak. Wong senjatanya sudah ada rifling, terus pelurunya sudah pakai minie ball yang jadi cikal bakal bentul peluru modern. Taktik terus pengetahuan medis masih stuck di Era Napoleon. Ya gila. Bayanganin saja tentara pada saat civil war bentuk formasi rapat, tapi senjatanya sudah modern. Ya gimana gak langsung tewas tuh. Makanya ada officer Inggris yang komen kalau Tentara US di kedua kubu pada outdated semua taktik-nya. Makanya korbanya banyak. Belum lagi waktu itu sudah ada senjata Model Colt revolver, Winchester, sama Gatling.
1
profile picture
kaskus addict
01-11-2020 11:43
@ibianconeri404 iya bener, persenjataan mulai transisi ke modern tapi taktik perang masih muzzle to muzzle. Jumpa Gatling gun ya disapu bersih, walaupun biasanya penggunaan gatling gun yang setahu ane hanya untuk pertahanan kota. Selain itu memang untuk penanganan medis di pertempuran masih sangat minim, ini berbeda dengan Eropa yang setelah perang Krimea mereka menyadari perlunya pertolongan medis pertama bagi prajurit yang terluka sehingga bisa menekan persentase kematian di pertempuran.
0
profile picture
aktivis kaskus
01-11-2020 12:04
@Gojira1998 Problemnya dulu itu masih belum ada anastesi semacam klorofom. Soalnya untuk ngeluarkan peluru minie ball susahnya bukan main. Dia kalau sudah masuk dalam daging sulit dikeluarkan karena penetrasi jauh. Yang ada kalau tentara ketembak entah di anggota tubuh yang gerak, ya metode satu2nya diamputasi.
1
profile picture
kaskus addict
01-11-2020 12:13
@ibianconeri404 Ilmu bedah memang masih minim banget saat itu, amputasi juga cara yang lebih baik saat itu daripada terjadi kesalahan yang malah makin parah.
0
profile picture
aktivis kaskus
01-11-2020 12:15
@Gojira1998 Dan juga dulu, Surgeon sama Field Hospital belum dientegrasikan sama Ketentaraan, makanya yang mati kena infeksi banyak.....
0
Memuat data ...
1 - 7 dari 7 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia