News
Batal
KATEGORI
link has been copied
193
Lapor Hansip
31-10-2020 17:11

Presiden Jokowi Kecam Pernyataan Emmanuel Macron yang Hina Islam


Presiden Jokowi Kecam Pernyataan Emmanuel Macron yang Hina Islam(Foto: Antara)

Pantau.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan kecaman terhadap pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang menghina umat Islam. Kepala Negara menilai tindakan Macron itu melukai perasaan umat Islam.

"Indonesia juga mengecam keras pernyataan Presiden Prancis yang menghina agama Islam, yang telah melukai perasaan umat Islam di seluruh dunia," kata Presiden Jokowi, di Istana Merdeka Jakarta, Sabtu (31/10/2020).

Presiden Jokowi menyampaikan hal itu seusai bertemu dengan para tokoh agama di Indonesia yang berasal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI), Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI), Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi), Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin) serta Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Agama Fachrul Razi.

Baca juga: Soal Karikatur Nabi Muhammad, Begini Pesan Sheikh Sudais

"Yang bisa memecah belah persatuan antarumat beragama di dunia di saat dunia memerlukan persatuan untuk menghadapi pandemi COVID-19," kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menilai bahwa kebebasan berekspresi yang mencederai kehormatan, kesucian serta kesakralan nilai-nilai dan simbol agama sama sekali tidak bisa dibenarkan dan harus dihentikan.

"Mengaitkan agama dengan tindakan terorisme sebuah kesalahan besar. Terorisme adalah terorisme. Teroris adalah teroris. Terorisme tidak ada hukum dengan agama apa pun," ujar Presiden Jokowi.

Indonesia pun mengecam keras kekerasan yang terjadi di Paris dan Nice. "Indonesia mengecam keras terjadinya kekerasan yang terjadi di Paris dan Nice yang telah memakan korban jiwa," ujar Presiden.

Pada Kamis 29 Oktober 2020, penyerang bersenjata pisau menewaskan dua orang dan melukai sejumlah orang lainnya di satu gereja di Kota Nice, Prancis.

Pelaku mengaku ingin membalas pemenggalan guru Sejarah dan Geografi Samuel Paty (47) pada 16 Oktober 2020 di Eragny yang dipenggal oleh pendatang dari Chechnya, Abdoullakh Abouyezidovitch (18), karena Paty menunjukkan kartun nabi Muhammad.

Baca juga: Ratusan Umat Muslim di Kota Medan Kecam Presiden Prancis

Namun Presiden Emmanuel Macron berpendapat bahwa Paty hanya mengajarkan kebebasan berekspresi dan berpendapat pada para siswanya. Emmanuel Macron juga mengeluarkan kata-kata soal Islam yang menyinggung umat Muslim.

Macron menyebut "Islam adalah agama yang sedang mengalami krisis saat ini, di seluruh dunia" Menurut Macron, pemenggalan guru sejarah tersebut merupakan serangan teroris Islam. Macron juga menuduh Muslim bersikap separatis.

Hal inilah yang membuat sejumlah negara Islam di dunia mengecam pernyataan Presiden Prancis itu. Muncul juga kampanye untuk memboikot produk asal Prancis.





profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Presiden Jokowi Kecam Pernyataan Emmanuel Macron yang Hina Islam
31-10-2020 17:29
Selalu aja fokus ke omongan macron, bukan serangan terorisnya emoticon-linux2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
profile picture
kaskuser
31-10-2020 19:09
dua2nya salah gan, tiga2nya malah

yg bikin karikatur nabi gk bs respek kehidupan umat beragama

teroris yg bawa2 agama gk bs kontrol emosi n rendah pemahaman agamanya klo disuruh sabar

presidennya yg gak jd penengah n berat ke satu pihak, harusnya negur dua2nya. orang yg bikin marah n yg marah berlebihan

Jd mnrt saya hrusnya saing respek dan saling adil c klo pgn tambah runyam masalah emoticon-Smilie
4
profile picture
kaskuser
31-10-2020 19:10
*klo gak pengen emoticon-Smilie
1
profile picture
kaskus addict
31-10-2020 19:31
@arashibirru justru ga adil kl gitu.. si Hebdo dibungkam, Prancis ngalah soal kebebasan berekspresi. Yg hobi penggal2 tinggal menggal lagi kl ada yg ga sesuai dengan keinginan dia nanti.

Lalu kembali lagi si Macron turuti, dan begitu seterusnya.. sampai Prancis jd kaya suriah. Ada aja ente muslim akal bulusnya 🤣🤣

Dimana2 tamu ikut aturan tuan rumah, kl melanggar tinggal proses hukum. Udh bnr yg macron lakuin emoticon-Malu (S)

11
profile picture
aktivis kaskus
31-10-2020 19:48
Teroris ga ada hubungan nya dg agama manapun.. paham!
0
profile picture
kaskus addict
31-10-2020 21:25
@arashibirru @bungtak.selalu yang penggal wajib di hukum, yang damai2 aje ga usah diusik2...
1
profile picture
kaskuser
31-10-2020 23:40
@bungtak.selalu @arashibirru dimana2 memang begitu. 🤭 Sudah dr orok
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
profile picture
kaskuser
01-11-2020 09:02
@tdhimmi666 @Diannf selama masih ada ajaran kebencian dalam suatu agama dan
Isi kitabnya. Teroris dan agama masih ada hubungannya. Wkwk. Apa arti teroris ngebunuh org dengan doktrin2 agama dan kitabnya. 🤭
2
profile picture
aktivis kaskus
01-11-2020 10:47
@rardoshop @tdhimmi666 internal pun jika otak teroris ya teroris, jaman khalifah ali bin abi thalib beliau dibunuh oleh makmumnya ketika sedang sholat, beliau dibunuh oleh seorang khawarij bernama abdurahman bin muljam, dia membunuh khalifah ali dg mengucap takbir sambil berderai air mata, lantas apakah itu ajaran nabi? Ajaran muslim? Tidak itu bukan ajaran nabi, bayangkan sesama muslim membunuh imam yg sedang sholat, itu slah kaprah bnr2 ideologi yg slh
Jgnkn jaman sekarang dr jaman jaman nabi jg udh byk penyusup, kaum munafik spt abdullah bin ubay bin salul, apkah org munafik kelihatan kebeciannya? Tidak mrk manis di dpn busuk di belakang, makanya dalam alquran diterangkan ciri2nya dlm hadist lebih gamblang lg ciri2 orang munafik
1
profile picture
kaskus holic
01-11-2020 10:54
@arashibirru Menurut ane pernyataan ente tepat gan, emng sama2 salah, terutama si makaroni yg malah mengekskalasikan masalah nya ke level dunia dan malah menyudutkan islam. Sekarang kan gini, patty udh meninggal, yg menggal jg udh ditembak mati, selesai kan. Sisanya tinggal masalah yg ditinggalkan 2 orang meninggal ini, eh makaroni malah membesarkan besarkan, dan menyudutkan salah satu pihak. Ya jadi, makaroni ga usah ngeluh kl akibat perbuatannya, bnyk yg kecam dan boikot, toh yg dukung dy jg bnyk. Jd ya silahkan saja menuai apa yg kau tanam emoticon-Toast
1
profile picture
kaskuser
01-11-2020 10:56
@Diannf @tdhimmi666 selama masih ada ayat kebencian dalam suatu kitab. Selama itu pula ada kemungkinan orang saling bunuh membunuh. ☺️
0
profile picture
aktivis kaskus
01-11-2020 10:57
@rardoshop @tdhimmi666 coba sebutkan ayat kebencian yg mana yg agan maksud?
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
profile picture
kaskuser
01-11-2020 10:59
@Diannf @tdhimmi666 🤭 simpelnya gini. Darah orang kafir itu halal gak menurut agan?
0
profile picture
kaskuser
01-11-2020 11:01
@tdhimmi666 @Diannf klaim itu mudah kok gan. Cuma praktik dan hasilnya yg gak bisa di tutupin. 🤭
0
profile picture
aktivis kaskus
01-11-2020 11:12
@rardoshop @tdhimmi666 sejarahnya pada saat berperang, mrk yg mengganggu duluan, menyerang dluan, islam cuma membela diri, perang cuma jalan terakhr, byk kok rosulullah melakukan perdamaian g cuma perang aja
Logika nya kl lagi perang musuh nyerang apa kita harus diam? Perang itu di bunuh atau membunuh begitu kan?
1
Post ini telah dihapus oleh KS06
profile picture
aktivis kaskus
01-11-2020 11:21
@rardoshop @tdhimmi666 Diijinkan (berperang) bagi orang2 yg di perangi, karena sesungguhnya mereka di dzalimi. Dan sungguh, Allah maha kuasa menolong mereka itu. Yaitu orang2 yg di usir dari kampung halamannya tanpa alasan yg bnr, hanya karena mereka berkata. "Tuhan kami ialah Allah." Seandainya Allah tidak menolak (keganasan) sebagian manusia dg sebagian yg lain, tentu telah dirobohkan biara2 nasrani, gereja2, rumah2 ibadah orang yahudi dan mesjid2, yang di dalamnya di sebut nama Allah. Allah pasti akan menolong orang yg menolong agama -NYA. Sungguh Allah maha kuat maha perkasa (qs. Al-hajj ayat 39-40)
0
profile picture
aktivis kaskus
01-11-2020 11:22
@rardoshop @tdhimmi666 prlu digaris bawahi ada kata di perangi, berarti membela diri.
Pengertian ayat diatas ttg disebutkannya rumah ibadah disetiap agama adalah kalaulah Allah tidak membela suatu kaum dari kaum yang lain n mencegah kejahatan sebagian dr sebagian yg lain melalui sarana yg diciptakan n ditakdirkannya, niscaya rusaklah bumi inu, n yg kuat akan membinasakan yg lemah, n tentu robohlah rumah2 ibadah. Sebagian ulama berkata ayat ini (diayat 40) menyatakan peringkat penyebutan nama Allah, mulai dr tempat yg paling sedikit hingga yg paling byk, yaitu di mesjid2. Mesjid merupakan tempat yg paling byk pemakmurannya dan beribadah didlmnya
0
profile picture
kaskus geek
01-11-2020 11:29
@rardoshop @Diannf @tdhimmi666

Darah kafir halal...jika...... emoticon-Leh Uga

Bosen Gue, ngajarin hal yang sama berulang ulang emoticon-Cape d...
0
Memuat data ...
1 - 20 dari 75 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia