News
Batal
KATEGORI
link has been copied
392
Lapor Hansip
30-10-2020 15:10

RI Kecam Pernyataan Presiden Prancis: Hina Islam, Lukai 2 Miliar Muslim Dunia

Jakarta -

Pemerintah RI mengecam pernyataan Presiden Perancis Emmanuel Macron yang menghina Islam. Pernyataan Macron itu dianggap melukai perasaan 2 miliar muslim di seluruh dunia.

"Indonesia mengecam pernyataan Presiden Perancis yang menghina agama Islam. Pernyataan tersebut telah melukai perasaan lebih dari 2 Milyar orang muslim di seluruh dunia dan telah memecah persatuan antar umat beragama di dunia," demikian pernyataan RI, seperti dikutip dari situs resmi Kemlu RI, Jumat (30/10/2020).
Baca juga:
Soal Kebebasan Berekspresi, HNW Minta Macron Ikuti Pengadilan HAM Eropa

Dipaparkan, hak kebebasan berekspresi seharusnya tidak mencederai kehormatan, kesucian, dan kesakralan nilai dan simbol agama. Pemerintah RI mengajak seluruh negara untuk menomorsatukan persatuan dan toleransi antarumat beragama.

"Sebagai negara demokrasi ketiga terbesar dan berpenduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia mengajak seluruh negara untuk mendorong persatuan dan toleransi antar umat beragama, terutama di tengah situasi pandemi saat ini," sambung pernyataan pemerintah RI.

Kemlu telah memanggil Dubes Prancis. Pemanggilan terhadap Dubes Prancis untuk RI Olivier Chambard dilakukan pada Selasa (27/10) sore. Namun, Olivier belum memberikan respons terhadap kecaman Indonesia.

"Pertama, Kemlu telah memanggil Duta Besar Prancis pada hari ini. Kedua, dalam pertemuan tersebut Kemlu menyampaikan kecaman terhadap pernyataan Presiden Prancis yang menghina agama Islam," kata Juru Bicar (Jubir) Kemlu Teuku Faizasyah kepada wartawan, Selasa (27/10).
Baca juga:
MUI Sulsel Kecam Pernyataan Presiden Macron tapi Minta Umat Tahan Diri

Menag RI juga mengecam Presiden Perancis yang melukai umat Islam. Simak pernyataan Menag Fachrul di halaman berikutnya.

Meteri Agama Fachrul Razi mendukung sikap Kemlu yang memanggil Duta Besar Perancis. Fachrul menekankan setiap umat beragama harus menghormati simbol-simbol agama yang dianggap suci oleh pemeluk agama lain.

"Pernyataan Presiden Perancis Emmanuel Macron melukai perasaan umat muslim karena mengaitkan agama Islam dengan tindakan terorisme," ujar Fachrul dalam keterangan tertulis, Kamis (29/10).

"Kebebasan berpendapat atau berekspresi tidak boleh dilakukan melampaui batas atau kebablasan sehingga mencederai kehormatan, kesucian, dan kesakralan nilai dan simbol agama apa pun," tuturnya.
Baca juga:
Menag: Penyataan Presiden Macron Lukai Perasaan Umat Islam

Fachrul mengimbau agar umat Islam di Indonesia tidak terpancing melakukan tindakan anarkis. Dia menuturkan Islam tidak membenarkan tindakan main hakim sendiri.

Untuk diketahui, sejumlah negara Islam mengecam Prancis dan Presiden Emmanuel Macron setelah otoritas Prancis menegaskan hak mereka untuk mempublikasikan karikatur Nabi Muhammad. Sikap tersebut tetap disampaikan meskipun mereka mengetahui akan menyinggung umat Muslim.

Persoalan itu kembali muncul setelah seorang guru di Prancis tewas dipenggal karena menunjukkan karikatur Nabi Muhammad di kelasnya saat membahas soal kebebasan berbicara dan berekspresi.
Baca juga:
Ayatollah Khamenei soal Pernyataan Presiden Prancis Macron: Tindakan Bodoh

Komentar kontroversial Macron saat memimpin penghormatan untuk guru Prancis tersebut, menuai kecaman dan seruan boikot produk Prancis. Dalam pidatonya, Macron bersumpah bahwa Prancis 'tidak akan menghentikan kartun (karikatur, red)' dan menyebut sang guru dibunuh 'karena Islamis menginginkan masa depan kita'. Macron juga menyatakan perang terhadap 'separatisme Islam', yang diyakininya telah mengambil alih sejumlah komunitas muslim di Prancis.

 RI Kecam Pernyataan Presiden Prancis: Hina Islam, Lukai 2 Miliar Muslim Dunia


https://news.detik.com/berita/d-5234...588.1602477371

Perancis memang harus belajar soal sikap terhadap penghinaan agama dari RI.

Klo nggak percaya, tanya sama Abdul Somad, Yahya Waloni dkk.

Juga jangan lupa tanya AHOK.

Bravo RI!
Diubah oleh silents.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
goal481 dan 41 lainnya memberi reputasi
40
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
RI Kecam Pernyataan Presiden Prancis: Hina Islam, Lukai 2 Miliar Muslim Dunia
30-10-2020 15:25
Agama yg berasal dari Tuhan, sejatinya tidak perlu dibela. Karena Tuhan Maha Kuasa. Bila ada perbuatan salah satu ciptaan-nya yg Tuhan tidak sukai dan ingin menghukumnya, Tuhan bisa tinggal bilang Kun Fayakun.

Berbeda bila agama berasal dari iblis yg menyamar sebagai malaikat jibril, yg mana dia tidak bisa kun fayakun. Sehingga mesti memerintahkan pengikut agamanya utk membela agamanya bahkan dengan membunuh siapa2 saja yg dianggap menghinanya, dengan iming2 surga.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kuyakzzz dan 29 lainnya memberi reputasi
28 2
26
profile picture
kaskus addict
30-10-2020 16:41
pos pertama ude mantep aja bahasanya ente. emoticon-thumbsup
2
profile picture
aktivis kaskus
30-10-2020 18:16
wah gokil juga gan, sama kayak temen ane dia selow" aja walau dia muslim karena itu hanya pendapat seseorang aja bukan semua orang menganggap gitu
0
profile picture
kaskus addict
30-10-2020 19:14
Mungkin kaskuser udah tau yg mana orang yg mana iblis emoticon-Big Grin
1
profile picture
30-10-2020 21:08
puji hutan ...
1
profile picture
kaskuser
31-10-2020 06:51
Setubuh gan
0
profile picture
kaskus geek
31-10-2020 07:04
Ingat Ayat ini gak gan...
Allah tidak akan mengubah suatu kaum,jika tidak kaum itu sendiri yang mengubahnya..

Kami membela dalam rangka sebagai jalan atas hukuman Allah..

Macem cari rezeki..rezeki lu dah di atur..
Emang, kalo lu gk berusaha..rezeki datang sendiri?

Ya, terserah sih..tp.itu bukan ajaran Islam
0
profile picture
aktivis kaskus
31-10-2020 12:18
@egag

Jadi Allah perlu suatu kaum untuk menghukum orang2 yang menghina-Nya..?

Tidak bisakah Dia menurunkah hukuman melalui tangan-Nya sendiri, melalui bencana misalnya..?

Beda sih kalau rezeki, itu dinikmati oleh umat sendiri (Tuhan yang memberi). Ibaratnya Tuhan sudah menyediakan pohon yang ada buahnya, kalau umat tidak jalan, terus memetik dan memakannya, bagaimana bisa orang menjadi kenyang ?
0
profile picture
kaskus geek
31-10-2020 13:32
@jaguarxj220
Quote:Jadi Allah perlu suatu kaum untuk menghukum orang2 yang menghina-Nya..?


Bukan perlu, tp Allah lah yang menggerakkan mereka..



Quote:Tidak bisakah Dia menurunkah hukuman melalui tangan-Nya sendiri, melalui bencana misalnya..?


Bos mah, dimana diem aja tinggal perintah sana sini

Quote:Beda sih kalau rezeki, itu dinikmati oleh umat sendiri (Tuhan yang memberi). Ibaratnya Tuhan sudah menyediakan pohon yang ada buahnya, kalau umat tidak jalan, terus memetik dan memakannya, bagaimana bisa orang menjadi kenyang ?


Bisa juga sih, kalo dia diem aja..trus ada orang baik datang kerumahnya memberikan dia buah...itu yang dinamakan jalan Allah..

Yes, begitu juga dengan penghina Nabi..
Allah telah memerintahkan..dan mereka melakukan itu...

Tugas kita, adalah menjalankan perintah
0
profile picture
aktivis kaskus
31-10-2020 13:57
@egag

Nah, pertanyaannya, apakah yakin Tuhan yang menggerakkan..?

Kalau Tuhan bisa main perintah2 aja, harusnya ga ada yg namanya Azab bencana alam

Bukannya jadi aneh kalau Umat yang merupakan orang berdosa, menghukum orang berdosa lain..?
Apakah itu berarti "playing god"..?

Lagipula Tuhan itu Maha Pengampun bukan..?
Kok kelihatan jadi umat mendahului Tuhan.
1
profile picture
kaskus geek
31-10-2020 13:59
@jaguarxj220

Adzab itu permintaan dari Nabi..
Allah maha pengabul doa..
Jd bukan karena keinginan Allah..tp.permintaan Nabi

Kalo zaman sekarang, adzab dah gk ada emoticon-Cool
0
profile picture
aktivis kaskus
31-10-2020 14:04
@egag

Btw, Nabi kan sudah naik ke surga harusnya.. Jadi dia bisa langsung minta ke Allah menurunkan Adzab ke Perancis kalau merasa terhina.

Ngapain Umat repot2..?
0
profile picture
kaskus geek
31-10-2020 14:08
@jaguarxj220

Gk,blm di surga...
Masih di alam kubur..

Surga dan neraka akan di buka setelah hari kiamat...

Jd yang meninggal dari zaman nabi adam sampe sekarang itu masih ada di alam kubur...

Alam kubur itu, dimensi penghubung antara dunia gaib dan nyata ya.. bukan di bawah tanah emoticon-Cape d...

Jangan lo pikir mereka tinggal dibawah tanah ya emoticon-Cape d...
0
profile picture
aktivis kaskus
31-10-2020 14:12
@egag

Dan di alam kubur, Nabi tidak bisa berkomunikasi dengan Allah lewat doa ya..?

Lagipula Nabi itu kan kesayangan Allah, kalau Allah marah, dia ga bisa gitu menurunkan hukuman..?

Ooo, atau sebenernya karikatur itu bukan gambar nabi, tapi pake wajah Osama bin Laden, atau orang Arab siapa gitu, makanya Allah santuy saja.
0
profile picture
kaskus geek
31-10-2020 14:19
@jaguarxj220

Quote:Dan di alam kubur, Nabi tidak bisa berkomunikasi dengan Allah lewat doa ya..?


Dialam kubur hanya bisa berkomunikasi dengan kiriman sholawat dan doa..

Lagian dah mati, ngapain ngurusin dunia emoticon-Cape d...
.
Quote:Lagipula Nabi itu kan kesayangan Allah, kalau Allah marah, dia ga bisa gitu menurunkan hukuman..?

Ooo, atau sebenernya karikatur itu bukan gambar nabi, tapi pake wajah Osama bin Laden, atau orang Arab siapa gitu, makanya Allah santuy saja.


Ya, hukumannya dengan di penggal emoticon-Leh Uga

Ngapain, Allah turun tangan langsung ngurusin hal cetek beginian emoticon-Cape d...

Yang jadi masalah adalah klaimnya..
Itu wajah siapa?
Kalo wajah osama bin laden tp di klaimnya,itu sebagai wajah Rosul..
Ya tetep di penggal..emoticon-Ngakak

Yang jd masalah kan bukan wajahnya,tp gambarnya..

Walopun di buat wajah Gue yg ganteng ini, dengan mengatakan "ini wajah Rosul" emoticon-Leh Uga

Tetep di penggal, walopun se ganteng atau sebagus apapun gambarnya
-1
profile picture
kaskus addict
31-10-2020 14:52
@egag lanjut ya akhi... Kasih pencerahan kepada para kafirun emoticon-Matabelo
0
profile picture
aktivis kaskus
31-10-2020 16:08
@egag

Oh, mau bikin gambar aja dipenggal yaa..

Kalau gitu bikin film pun harusnya ikut dipenggal (malah harusnya lebih daripada dipenggal)..

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Muhammad_in_film

Tuh, ada list nya, dipenggal2in ga mereka..?
0
profile picture
kaskus geek
31-10-2020 16:23
@jaguarxj220

Dh nonton filmnya blm?
0
profile picture
kaskus geek
31-10-2020 16:24
Kalo blm, tonton deh..siapa aktor yg memerankan Muhammad?emoticon-Leh Uga
0
profile picture
aktivis kaskus
31-10-2020 16:46
@egag

Hahaha, ga terlalu minat nonton sih..
Kalau anda sudah..?

Anyway, anda sendiri udah lihat karikatur Muhammad..?

Apakah ada dituliskan nama Muhammad di situ..?
Bukannya cuma ditulis "100 lashes if you don't die of laughter!"
0
profile picture
kaskus addict
31-10-2020 17:01
@jaguarxj220 @egag wanjeeeeng auto ganti topik emoticon-Wakaka
0
Memuat data ...
1 - 20 dari 142 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia