Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
368
Lapor Hansip
26-10-2020 14:06

Sederet Soundtrack dalam Film Garapan Joko Anwar, Mana Favorit Kalian?

Dunia perfilman Indonesia memang bisa dibilang sempat ngalamin naik turun gan, namun dalam beberapa dekade belakangan ini karya sineas-sineas tanah air wajib diacungi jempol nih!. Tak lain adalah karena karya mereka sendiri yang bagus sehingga mampu merebut hati para penikmat dan penggemar film di tanah air sampai rela bela-belain meluncur ke bioskop. Ngomongin soal film, buat gue pribadi sih emang nggak bisa lepas dari peran soundtrack dan movie scoring, dengan adanya musik atau sound itu bikin adegan jadi lebih hidup dan nendang.

Kalau di Indonesia sendiri ngebahas soal hal itu pasti ga bisa lepas dari sosok Joko Anwar. Ia adalah sutradara yang kalau menurut ane adalah orang yang serba bisa. Ini dibuktikan dengan sederet film garapannya yang lintas genre dan alhasil disukai banyak orang.

Film dan musik memang dua hal yang tak bisa terpisahkan, kedua hal ini saling berkaitan sehingga membuat sebuah karya film tentu akan memperhatikan segi sound, termasuk pemilihan atau pembuatan soundtrack. Berikut beberapa band/musisi menghiasi film dari Joko Anwar 

Quote:
Soundtrack Janji Joni Libatkan 12 Band 

Sederet Soundtrack dalam Film Garapan Joko Anwar, Mana Favorit Kalian?

Janji Joni (2005) merupakan salah satu film besutan Joko Anwar, film ini mengisahkan tentang janji seorang pria kepada seorang cewek cantik untuk mengantarkan reel film tepat waktu ke bioskop. Namun pada perjalanannya, seluruh kota sepertinya berkonspirasi untuk menghalangi tekadnya. Dalam hal soundtrack, film ini pun melibatkan beberapa band indie di dalamnya. Original Soundtrack (OST) Janji Joni dirilis Jumat (8/4/2005) silam. Sebanyak 12 band indie yang namanya sudah nggak asing lagi ditelinga pecinta musik berkumpul di album ini. Ada The Adams, Sajama Cut, The Jonis, Teenage Death Star, Media Distorsi, Tomorrow People Ensamble dan Zeke & the Popo. Proses pemilihan band sendiri dilakukan berdasarkan script dan scoring yang sudah ada. 

.


Quote:
A Copy of My Mind (2015)

Sederet Soundtrack dalam Film Garapan Joko Anwar, Mana Favorit Kalian?

 Bagi pecinta film Indonesia pasti udah ga asing dengan film garapan Joko Anwar ini, pasalnya film menjadi salah film yang mengantarkan Joko Anwar sebagai Sutradara terbaik dalam Festival Film Indonesia 2015. Selain itu, pemeran wanita (Tara Basro) juga memperoleh Pemeran Utama Wanita Terbaik dalam ajang tersebut. Untuk urusan soundtrack, ada campur tangan Joko Anwar dalam proses penggarapan OST film ini. Sebagai info saja nih gan, bahwa lagu 'A Copy of Your Mind' diaransemen oleh drummer band Sore, Bemby Gusti, sementara lirik lagu itu ditulis langsung oleh Joko Anwar, dan kemudian untuk urusan vocal dinyanyikan oleh Aimee Saras.

Dalam film ini kita bisa ngeliat nih gan, bahwa ia terlibat langsung dalam hal soundtrack ketika menulis lirik lagu. Duh.., Om Joko Anwar benar-benar hebat nih, ga salah deh kalau ane sebut Sutradara serba bisa!.


Quote:
Kelam Malam - OST Pengabdi Setan (2017)

Sederet Soundtrack dalam Film Garapan Joko Anwar, Mana Favorit Kalian?

Peran Joko Anwar dalam urusan soundtrack film tak berhenti pada film , namun di film Pengabdi Setan ia kembali ikut andil dalam proses penggarapan soundtrack. Film pengabdi Setan merupakan salah satu film arahan Joko Anwar bergenre horor, dimana film ini mengisahkan tentang sebuah keluarga yang tiba-tiba mengalami serangkaian kejadian aneh setelah ibu mereka meninggal dunia. Dalam hal soundtrack, Joko Anwar kembali terlibat dalam hal soundtrack film ini. Lagu berjudul  "Kelam Malam" OST film Pengabdi Setan merupakan lagu yang diciptakan oleh Tony Merle, gitaris band The Brandals, sementara untuk lirik ditulis langsung oleh Joko Anwar. Pada film ini pun Joko Anwar kembali menggunakan jasa suara Aimee Saras yang menyanyikan lagu tersebut.

Dalam ketiga soundtrack ini seakan menguatkan pendapat ane nih gan, bahwa seorang Joko Anwar tak sekadar terlibat dalam mengarahkan adegan pemeran saja. Namun urusan soundtrack dan scoring pun ia terlibat langsung!. emoticon-Wow.
Atas kerja keras, berani menciptakan hal baru, dan tampil beda, alhasil Joko Anwar pun berhasil menyabet beberapa penghargaan lewat film garapannya. Diantaranya :
- Best Movie di MTV Indonesia Movie Awards dan nominasi Sutradara Terbaik di Festival Film Indonesia 2005,
- Janji Joni lolos seleksi festival film Internasional. Film Joko Anwar ini lolos di Sydney Film Festival dan Busan International Film Festival,
- A Copy of Mind berhasil menembus Toronto International Film Festival (TIFF) dan Venice Film Festival 2015,
- Pengabdi Setan sebagai film terseram di Popcorn Frights Film Festival 2018 di Florida, Amerika Serikat dan Film Terbaik dalam Overlook Film Festival,
- Perempuan Tanah Jahanam (2009) di putar di berbagai film festival internasional. Beberapa di antaranya adalah Sundance Film Festival, Film Festival Rotterdam, dan Goteborg Film Festival,
Dan masih banyak lagi penghargaan yang diraih oleh Joko Anwar.

Mau tau Lebih Gimana Joko Anwar Dalam Membuat Film?

Sederet Soundtrack dalam Film Garapan Joko Anwar, Mana Favorit Kalian?

Biar GanSis bisa terinspirasi untuk berani menciptakan hal baru demi menjadikan diri lebih baik, GanSis wajib pantengin KASKUS TV gan, karena KASKUS bareng Supermusic bakal hadirkan Streaming Concert Wave Motion. Di acara ini bakal ada talk show ngobrolin film dan soundtrack film. Disini GanSis bisa menimba ilmu langsung dari Joko Anwar lho!. Nggak cuman itu aja, di acara virtual inipun GanSis bisa menikmati soundtrack music performance dari The Adams, White Shoes & The Couples Company, dan Sore. Acara akan digelar pada Jumat, 30 Oktober 2020 mulai Jam 20.00 - 21.30 WIB dengan disiarkan secara live melalui KASKUS TV.

Itulah informasi seputar beberapa OST film dari arahan Joko Anwar. Kalau GanSis, kira-kira lebih demenyang mana nih Gan? Boleh dong komentarnya.. Langsung aja cuss.. Pencet tombol reply di bawah yah..

Ane Tunggu Komentarnya Gan.. 

emoticon-2 Jempol


Diubah oleh jurikfilm
profile-picture
profile-picture
profile-picture
normies dan 38 lainnya memberi reputasi
39
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Sederet Soundtrack dalam Film Garapan Joko Anwar, Mana Favorit Kalian?
29-10-2020 23:49
Selalu inget yang di.. kesunyian malaaaam
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskus maniac
31-10-2020 23:04
Hiiiiii baru itu ajaa udah bikin bulu kuduk ane berdiri gan wkwkwkkw auto keinget scenenya dah
0
profile picture
kaskus geek
06-11-2020 23:26
@kohgreen Tapi lagunya emang enak ya gan emoticon-Big Grin
0
profile picture
kaskus maniac
26-11-2020 16:03
@orgbekasi67 enak tapi gaenak kalo diputernya malem2 ya gan wkkw
0
profile picture
kaskus geek
26-11-2020 22:39
@kohgreen Ya itu yang bahaya sih gan kalo malem malem emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskus maniac
29-11-2020 16:03
@orgbekasi67 yg ada malah kaya nantangin ya jatohnya gan
0
profile picture
kaskus geek
29-11-2020 16:52
@kohgreen Iya gan emoticon-Ngakak
0
Memuat data ...
1 - 6 dari 6 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia