News
Batal
KATEGORI
link has been copied
106
Lapor Hansip
29-10-2020 00:54

Seruan Boikot Produk Prancis, Harga Saham Danone Ambruk!

 Seruan Boikot Produk Prancis, Harga Saham Danone Ambruk!



Jakarta, CNBC Indonesia - Harga saham produsen produk konsumer global Danone SA, di sejumlah bursa utama Eropa kompak terkoreksi pada perdagangan awal Rabu (28/10/2020 ready viewed di tengah sentimen seruan boikot produk-produk dari Prancis. Kantor pusat Danone berada di Paris, Prancis.

Data CNBC International mencatat, harga saham Danone SA di Bursa Euronext Paris, Prancis, dengan kode BN-FR terkoreksi 2,65% ke level 47,81 euro/saham.

Kapitalisasi pasarnya mencapai 39,2 miliar euro atau setara dengan Rp 677 triliun (kurs Rp 17.265/euro). Secara year to date (ytd) hingga 28 Oktober ini, sahamnya minus 35,32%. Danone SA adalah induk dari perusahaan Danone yang berbasis di Paris, Prancis.

Saham Danone, CNBC, 28 Oktober 2020Foto: Saham Danone, CNBC, 28 Oktober 2020
Saham Danone, CNBC, 28 Oktober 2020

Sementara itu harga saham Danone SA di Bursa Frankfurt Jerman turun 2,37% di level 47,69 euro/saham, dengan kapitalisasi pasar 39,5 miliar euro. Year to date, saham berkode BSND-FF ini juga minus 35,69%.

Kemudian saham Danone SA di Milan Stock Exchange dengan kode perdagangan DNN-IT ini juga turun 2,24% di level 48,48 euro/saham, dengan kapitalisasi pasar 39,5 miliar euro dan year to date minus 34,77%

Berikutnya ada saham Danone di London Stock Exchange dengan kode 0KFX-GB, sahamnya minus 3,31% di level 49,37 euro/saham, dengan kapitalisasi pasar 39,5 miliar euro dan year to date minus 34,81%.

Situs resmi Danone mencatat, brand ini lahir berkat penggabungan BSN dan Gervais Danone pada Desember 1972 di Spantol. Merger ini juga terjadi setelah pertemuan antara dua pengusaha saat itu, Daniel Carasso dan Antoine Riboud.

Pendirian Danone awal mulanya pada 1919 yang didirikan di Barcelona, Spanyol, oleh Isaac Carasso dengan nama awal anaknya yakni Daniel Carasso, yang punya nama panggilan Danon.

Mengacu siaran pers Danone per Q3-2020, perusahaan melaporkan total penjualan 9 bulan yakni mencapai 18 miliar euro atau Rp 311 triliun, turun 5,4% dari periode yang sama tahun lalu 19,03 miliar euro.

Pendapatan khusus Q3 2020 yakni 5,82 miliar euro, turun 9,3% dari sebelumnya 6,42 miliar euro.

Ini adalah akumulasi penjualan secara global di mana kontribusi terbesar penjualan per September tersebut masih disumbang oleh pasar Eropa dan Noram (North America: AS dan Kanada) mencapai 10,16 miliar euro, sisanya dari wilayah lain yakni 7,88 miliar euro.

Di Indonesia, Danone memegang saham PT Tirta Investama (Danone AQUA), yang sebelumnya sempat tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) lewat PT Aqua Golden Missisippi Tbk (AQUA), kemudian delisting secara sukarela pada 1 April 2011.

"Hasil kinerja kuartal 3 kami mencerminkan seberapa besar dunia terdampak Cobvid-19, termasuk adanya upaya sanitasi, penutupan perbatasan, ketidakpastian dalam demand konsumen, dan beberapa perubahan struktural mempengaruhi bisnis kami," kata Emmanuel Faber, Chairman dan CEO, dalam pernyataan resmi, dikutip CNBC Indonesia, Rabu (28/10).

Seorang pria memegang gambar Macron dengan cetakan sepatu di atasnya ketika pengunjuk rasa Turki meneriakkan slogan-slogan menentang Prancis selama demonstrasi atas kartun Nabi Muhammad, di Istanbul. (AP/Adel Hana)Foto: Seorang pria memegang gambar Macron dengan cetakan sepatu di atasnya ketika pengunjuk rasa Turki meneriakkan slogan-slogan menentang Prancis selama demonstrasi atas kartun Nabi Muhammad, di Istanbul. (AP/Adel Hana)
Seorang pria memegang gambar Macron dengan cetakan sepatu di atasnya ketika pengunjuk rasa Turki meneriakkan slogan-slogan menentang Prancis selama demonstrasi atas kartun Nabi Muhammad, di Istanbul. (AP/Adel Hana)

Koreksi harga saham Danone ini terjadi di tengah seruan memboikot produk asal Prancis yang menggema seiring dengan pernyataan Presiden Emmanuel Macron soal Islam.

Sejumlah pembeli di beberapa negara Arab bahkan sudah merealisasikan seruan ini.

Di Qatar, pembeli mengatakan mendukung keputusan pengecer yang menarik produk Prancis di rak mereka. Sebelumnya perusahaan ritel seperti Wajbah Dairy dan Al Al Merra Consumer Goods Company melakukan ini.

"Saya memuji ini ... saya berharap perusahaan lain akan mengikuti contohnya," kata seorang konsumen bernama Jassim Ibrahim, sebagaimana ditulis Al Jazeera, Rabu (28/10/2020).

"Ini adalah senjata terkuat yang kami miliki saat ini."

Hal senada juga dikatakan Omar Mbarak al-Ali. Warga Doha ini menyebut boikot mencerminkan posisi orang-orang.

"Semoga ini akan membuat perubahan," ujarnya merujuk ke pemerintahan Prancis.

Seruan boikot terjadi hampir di Kuwait dan Turki. Bahkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan meminta warganya tak membeli barang Negeri Menara Eiffel.

Sebelumnya Macron telah memicu kontroversi sejak awal September. Saat itu, ia mengajukan UU untuk 'separatisme Islam' di Prancis.

Macron sempat berujar bahwa 'Islam adalah agama yang sedang mengalami krisis di seluruh dunia'. Karenanya pemerintahnya akan mengajukan rancangan undang-undang pada bulan Desember untuk memperkuat undang-undang tahun 1905 yang secara resmi memisahkan gereja dan negara di Prancis.

Setelah seorang guru di Prancis dipenggal karena menunjukkan kartun Nabi Muhammad di kelas yang ia pimpin, seraya berbicara soal kebebasan, Macron kembali berkomentar. Ia berujar sang guru 'dibunuh karena kaum Islamis menginginkan masa depan kita'.

Jika mengacu pada data Observatory Economic Complexity 2018, total ekspor Perancis ke berbagai negara Muslim mencapai US$ 41,1 miliar atau setara dengan 7,29%, dari total ekspor keseluruhan negara itu, yang mencapai lebih dari US$ 530 miliar.

"Ada beberapa ekspor persenjataan dan beberapa merek mewah di mana Anda mungkin akan melihat beberapa dampak, tetapi persentase ekspor Prancis yang masuk ke negara-negara itu akan sangat, sangat kecil," kata Andrew Kenningham, kepala ekonom Eropa di Capital Economics, kepada The National.

"Jadi jika Anda berpikir, apa dampaknya pada perekonomian secara keseluruhan, itu tidak akan terlalu besar sama sekali, terutama sekarang, mengingat semua hal lain sedang terjadi."

Direktur Forecast Global di Economist Intelligence Unit, Agathe Demarais, mengatakan boikot itu akan berlangsung singkat jika mengacu pada peristiwa tahun 2015. Saat itu, protes serupa terjadi menyusul pembunuhan 12 orang di majalah satir Charlie Hebdo di Paris atas publikasi kartun yang sama.

"Ini adalah kejadian ulang dari apa yang terjadi pada 2015 ketika ada seruan untuk boikot produk Prancis di beberapa belahan dunia Muslim." katanya.

"Kejadian ini paling berumur pendek dan saya rasa perusahaan Prancis tidak memiliki masalah nyata dalam menjual produk mereka di Timur Tengah pada saat itu," kata Demarais.

link


Kapitalisasi pasarnya mencapai 39,2 miliar euro atau setara dengan Rp 677 triliun (kurs Rp 17.265/euro). Secara year to date (ytd) hingga 28 Oktober ini, sahamnya minus 35,32%. Danone SA adalah induk dari perusahaan Danone yang berbasis di Paris, Prancis.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 8 lainnya memberi reputasi
7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Seruan Boikot Produk Prancis, Harga Saham Danone Ambruk!
29-10-2020 06:01
kena propaganda Erdogan emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

Hanya karena karikatur langsung menjustifikasi pembunuhan emoticon-Big Grin
Benar2 ajaran bengis emoticon-Big Grin Tuhan mereka pasti sangat barbar emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Stephen.cau dan 9 lainnya memberi reputasi
8 2
6
profile picture
kaskus addict
29-10-2020 06:15


Kalo bar bar , lu dan keluarga lu dah gak bernyawa lagi breemoticon-Ngakak
1
profile picture
kaskus geek
29-10-2020 06:57
@jakartalockdown yang bikin dia dan keluarga dia masih bernyawa itu UU gan.... Bukan tuhan barbar... Jadi jangan klaim sesuatu yang bukan kapasitasnya ah
2
profile picture
kaskus addict
29-10-2020 09:00
Makanya mereka menggila kilapak biar bisa penggal tapir tp disandera lg sama wilayah timur yg notabene penghasil sda, maklum klo timur lepas, sumber pemasukkan seret gk bs ngidupin 180 jt kambing dan ontak...uclim dmna2 penjilat di bagian bumi manapun
0
profile picture
29-10-2020 10:05
emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskus addict
29-10-2020 10:21
@jakartalockdown yahh krna lw masih waras. Siapapun maen bunuh2 aja.siap2 berurusan dgn hukum
0
profile picture
Auto Banned
29-10-2020 12:20
@jakartalockdown lah. Kan memang barbar.
Ada yang protes, langsung saja main ganyang.
Contoh, yang di tanjung balai dulu, protes volume toa tiba2 menjadi kerusuhan rasial dan rumah ibadah orang lain di bakar. Pelaku juga cuma di hukum ga sampai 3 bulan.

Hayoo.. ga ngaku barbar yak emoticon-Smilie
Memang susah sih untuk mengakui sesuatu yang buruk wujudnya emoticon-Smilie

Manusiawi kok gan ,🤭
-1
profile picture
kaskus addict
29-10-2020 18:46
@inreallifeasu lah bawa2 kasus tanjung balai, dah gila dan gak nyambung ya lu? Memang susah kalo udah islamphobia akut itu emoticon-Smilie
Ya memang manusiawi sihemoticon-Smilie
0
profile picture
Auto Banned
29-10-2020 21:05
@jakartalockdown lho... kan itu relevan dengan topik ini bukan ? membuktikan bahwa itu barbar ?
atau malu bila diungkit ?

Islamphobia ? ga, dunia sekarang bukan Islamphobia, tapi awareness of Islam. Sudah saatnya dunia memberi reaksi aktif terhadap aksi aksi biadab nabi barbar
0
Memuat data ...
1 - 8 dari 8 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia