News
Batal
KATEGORI
link has been copied
562
Lapor Hansip
28-10-2020 12:22

Kronologi Ulah Guru SMA di Jaktim, Ajak Murid Tak Pilih Ketua OSIS Non-Muslim

Kronologi Ulah Rasial Guru SMA di Jaktim, Tiba-tiba Ajak Murid Tak Pilih Ketua OSIS Non-Muslim

Kronologi Ulah Guru SMA di Jaktim, Ajak Murid Tak Pilih Ketua OSIS Non-Muslim

JAKARTA, KOMPAS.com - Dwi Arsono selaku kepala sekolah SMA 58 Jakarta Timur akhirnya angkat bicara soal oknum guru berinisial TS yang melakukan tindakan rasial beberapa waktu lalu.

TS diketahui mengajak siswa dalam sebuah grup WhatsApp untuk tak memilih calon ketua OSIS non-Muslim.

Foto percakapan itu pun viral di media sosial sehingga menimbulkan reaksi beragam di tengah masyarakat.

Dwi mengatakan, peristiwa itu terjadi ketika TS yang diketahui merupakan guru Pendidilan Agama dan Budi Pekerti tengah memberikan materi pelajaran.

"Dia mengaku awalnya niatnya itu adalah menerapkan pelajaran agama Islam tentang kepemimpinan, ini ada di silabus dan itu diperuntukkan untuk di-share kepada anggota (grup WhatsApp) rohis yang berjumlah 44 orang. Di-share secara khusus untuk rohis saja," kata Dwi saat dihubungi, Selasa (27/10/2020) malam.

Namun, entah kenapa, TS tiba-tiba mengeluarkan pernyataan ajakan tersebut di dalam grup.

Salah satu anggota grup tersebut pun mengabadikan percakapan itu hingga berujung viral di media sosial. Berikut adalah kutipan pernyataan TS dalam grup Whatsapp yang tersebar:

"Assalamualaikum…hati2 memilih ketua OSIS Paslon 1 dan 2 Calon non Islam…jd ttp walau bagaimana kita mayoritas hrs punya ketua yg se Aqidah dgn kita.”

“Mohon doa dan dukungannya utk Paslon 3.”

“Awas Rohis jgn ada yg jd pengkhianat ya,” demikian pesan dalam grup tersebut.

Karena peristiwa itu, TS pun akhirnya diperiksa oleh Dinas Pendidikan tanggal 23 Oktober lalu. Dalam pemeriksaan, dia mengakui bahwa tindakan itu salah dan sudah meminta maaf.

"Jadi yang perlu diketahui, itu tindakan pribadi perorangan bukan tindakan sekolah," kata Dwi.

"Justru sekolah waktu sambutan saya menjelang pemilihan OSIS saya sampaikan ini hari dijadikan ajang demokrasi yang sehat dan bermartabat," tambah dia.

Kini TS dan pihak sekolah tinggal menunggu hasil pemeriksaan Dinas Pendidikan untuk memastikan sanksi apa yang akan diterima.

https://megapolitan.kompas.com/read/...urid-tak-pilih






Kronologi Ulah Guru SMA di Jaktim, Ajak Murid Tak Pilih Ketua OSIS Non-Muslim
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 93 lainnya memberi reputasi
88
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Kronologi Ulah Guru SMA di Jaktim, Ajak Murid Tak Pilih Ketua OSIS Non-Muslim
28-10-2020 13:18
astaga.. itu kan kajian internal.... ayo pak pol tangkap penyebarnya... bikin gaduh aja emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
FumaKillas dan 8 lainnya memberi reputasi
8 1
7
profile picture
kaskuser
28-10-2020 18:51
More or less ane setuju gan, menurut ane yg paling salah itu penyebarnya, terkesan mengadu domba di tengah masyarakat yg majemuk kaya disini. Bukan ane setuju sama gaya himbauannya, tapi kita gausah munafik lah pasti sesekali pernah ada kalimat yg terkesan diskrimasi atau mengejek hampir di setiap kelompok internal dari berbagai agama atau golongan manapun, entah itu kelompok yg sifatnya formal atau non formal.
2
profile picture
kaskuser
28-10-2020 18:52
@valnoval38 kalo cara seperti itu menurut agan salah apa benar? Yg memilih dengan asas diskriminatif?
1
profile picture
kaskuser
28-10-2020 18:57
@rardoshop Waduh maap gan ane kurang paham asas diskriminatif hehe. Tapi kalo opini ane pribadi cara atau gaya himbauannya kurang tepat, kalo untuk kontennya ane juga ga sepenuhnya paham. Ane muslim, dan setau ane entah itu dilarang atau ga dianjurkan gitu buat milih pemimpin selain muslim. Cuma ane gatau cangkupannya seluas atau setingkat apa. Ane juga masih kurang ngaji gan.
1
profile picture
kaskuser
28-10-2020 19:04
@valnoval38 iya nih gan, kalo di umpamakan perlombaan balap motor kan yg di nila pemenangnya yg jago balapan kan gan? Buka. Jago agama?
1
profile picture
kaskuser
28-10-2020 19:06
@valnoval38 maksud ane. Kalo cara diskriminatif itu salah ya kita wajib angkat biar tidak mengulang gan. Kecuali kalo agan nilai cara diskriminatif itu halal ya gpp di keep jangan sampe viral
0
profile picture
kaskuser
28-10-2020 19:47
@rardoshop Analogi sama inti yg agan mau sampein beda jauh gan hehe. Ya ane pribadi sih udah cukup jenuh aja gan terlalu banyak kasus kaya gini yg diangkat, entah itu diskriminasi dari muslim ke non muslim ataupun sebaliknya, dan ga terlintas antar agama aja ya. Menurut ane masalah kaya gini ga bisa disimpulkan secara mutlak, namanya juga beda agama, beda kelompok, dan pasti sedikit banyak ada perbedaan prinsip maupun ajaran di dalamnya. Dan kita juga harus bisa milih berita mana yg harus dan ga harus kita gubris, berita mana yg objektif dan subjektif, berita mana yg netral atau mau berpihak ke satu sisi dan memancing sisi yg lain.
Dah gitu aja gan haha
0
profile picture
kaskuser
28-10-2020 19:56
@valnoval38 analoginya sama kok kalo agan liat esensi fairplay nya. Head to head aja gan. Kalo misal cari ketua osis, ya yg diadu otak sama kepemimpinannya. Bukan agamanya. Kecuali kriterianya ada "khusus muslim. Nah jd kan yg non udah ga bisa ngapa2in. Wkwk
0
profile picture
kaskuser
28-10-2020 20:07
@rardoshop Sebenernya dari awal ane udah ngebatasin sih gan cangkupan opini ane.
0
profile picture
kaskuser
28-10-2020 20:12
@valnoval38 iya gan ane paham. Cm ane gregetan aja, ngakunya pemilihan demokratis, tp prakteknya politik hasutan. Ga fair aja menurut ane. Kecuali dr awal kriterianya dijelaskan dengan klasifikasi kaum tertentu.
0
profile picture
kaskus addict
28-10-2020 22:11
@rardoshop @valnoval38 gue saranin lo ga usah tau itu. Bertentangan dengan Moral lo teelahir sebagai manusia.
1
profile picture
kaskuser
30-10-2020 10:46
@rardoshop @valnoval38 benar salah itu relatif gan, buat yg ngerasa boleh memilih ketua kelompok secara diskriminatif (Agama, Suku, dll) maka mereka menyanyangkan kenapa bisa chat tsb diumbar ke publik.

Buat mereka yg merasa memilih ketua secara diskriminatif itu salah, mereka gak akan ragu untuk menyebarkan supaya hal tsb tidak terjadi lagi dikemudian hari
0
profile picture
kaskuser
30-10-2020 11:00
@Izzan89 @valnoval38 ya menurut ane salah lah gan. Karena pemilihan itu terbuka untuk semua. Kecuali ada spesifikasi khusus. Non ga boleh ikut. Nah itu kan lebih enak. Politik hasutan dimanapun ga fair
0
profile picture
kaskuser
30-10-2020 11:06
@rardoshop Salah menurut ente bisa jadi benar menurut orang lain. setiap orang memiliki pemikiran yg berbeda gan, kadang orang bisa menerima pemikiran kita kadang tidak, makanya sering terjadi keributan dimuka bumi ini karena banyaknya perbedaan pemikiran disetiap individu manusia.
0
profile picture
kaskuser
30-10-2020 11:23
@Izzan89 oke cb kasih analogi ya. Di kantor ente udah kerja oke bgt, tp atasan ente malah promosiin temen ente yg ga kompeten karena bos ente di hasut untuk ga milih ente karena ente orang dengan suku, agama, ras tertentu. Gimana menurut ente? Masih ente bilang benar?
0
profile picture
kaskus addict
30-10-2020 11:30
gan, ga mau lanjut debat bikin thread baru aja? ane dpt notif terus nih emoticon-Hammer
1
profile picture
kaskuser
30-10-2020 11:32
0
profile picture
kaskuser
30-10-2020 11:33
@heisennberg Maapin ya gan sebelumnya ini ane yg mulai hehe
0
profile picture
kaskuser
30-10-2020 11:36
@rardoshop menurut bos saya pilihan dia benar, menurut saya pilihan bos saya salah, memangnya benar dan salah itu yg menentukan kita ya?
0
profile picture
kaskuser
30-10-2020 11:40
@Izzan89 wkwk. Fair play gan. Belajar lg.
0
profile picture
kaskuser
30-10-2020 11:43
@Izzan89 belajar dari dunian olahraga. Dimana mana. Tindakan rasis itu ga benar.
0
Memuat data ...
1 - 20 dari 20 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia