News
Batal
KATEGORI
link has been copied
43
Lapor Hansip
27-10-2020 01:51

Soal Pakai Masker di Masjid, Ustad Abdul Somad: Bacaan Salat Menjadi Tidak Jelas

Soal Pakai Masker di Masjid, Ustad Abdul Somad: Bacaan Salat Menjadi Tidak Jelas

Klikseleb.com - Sejak akhir 2019, virus Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV2) menyebabkan menyebabkan penyakit Coronavirus Disease-2019 (COVID-19) di Wuhan, Tiongkok, dan mewabah ke seluruh dunia hingga masuk ke Indonesia mulai Februari 2020.

Virus Corona menular melalui percikan cairan pernafasan, sehingga mudah menular kepada orang yang melakukan kontak dengan pasien.
Beberapa kondisi pasien tidak memiliki gejala sakit, tapi tanpa sadar dia sudah terinfeksi. Hal ini menyebabkan penularan virus Corona semakin sulit terdeteksi.

Menekan penularan Covid-19, pemerintah Indonesia menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar untuk mengurangi interaksi antar warga dan menjalankan protokol kesehatan yang ketat seperti menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun

Penggunaan masker bertujuan untuk mencegah penyebaran percikan dari saluran pernafasan hidung maupun mulut yang berpotensi terkontak antar warga.

Warga dituntut untuk mengenakan masker dalam segala aktivitas di luar ruangan, tak terkecuali saat beribadah.

Terkadang, seseorang melaksanakan salat di masjid saat tengah bepergian.

Namun di masa seperti ini, timbul pertanyaan, apakah menggunakan masker saat salat diperbolehkan atau tidak?

Sementara sebagaimana diberitakan FixRiaupesisir.com dalam artikel "Bolehkah Memakai Masker Saat Solat? Ini Penjelasan Ustaz Abdul Somad".
", dalam hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan HR Turmidzi disebutkan:

"Naha Rasulullah SAW ay yughattha ar-rajulu faahu fish sholat".

"Sungguh Rasulullah SAW melarang seorang laki-laki menutup mulutnya ketika salat." (HR Turmudzi)

Menjawab pertanyaan tersebut, Ustaz Abdul Somad (UAS) membenarkan ada hadits tersebut.

Dikatakan UAS, di negara-negara Arab masyarakat menggunakan sorban sebagai penutup kepalanya dan mereka juga menutup mulutnya dengan sorban tersebut.

"Itu karena di sana (Arab) udara sangat dingin atau sangat panas sehingga mereka menutup mulutnya," kata UAS dalam video yang diunggah di Youtube-nya.

Namun ketika Solat Nabi melarang umat muslim menutup mulut karena bacaannya tidak akan jelas.
"Kenapa dilarang? Ketika ditutup mulut bacaan salat menjadi tidak jelas," kata UAS.

Tetapi hal pelarangan tersebut bukan mutlak jika dalam keadaan darurat. Salah satu hadistnya adalah nabi menyuruh menutup mulut ketika menguap. Itu artinya tidak membolehkan menutup mulut karena ada satu sebab tetapi dibolehkan menutup mulut karena ada satu sebab.

"Jadi pelarangan itu bukan mutlak," kata UAS.
"Jadi tidak apa-apa kita memakai masker sedang solat. Tapi bagi imam sebaiknya membuka masker," tutup UAS.***(Harun/FixRiaupesisir.com)


SUMBER : https://klikseleb.pikiran-rakyat.com...di-tidak-jelas
Diubah oleh daily.planet
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Soal Pakai Masker di Masjid, Ustad Abdul Somad: Bacaan Salat Menjadi Tidak Jelas
27-10-2020 03:59
Serius nanya nih, klo orang sumbing berarti gk bisa islam dong?? Pasti syahadatnya gk jelas pelafalannya.
profile-picture
imam1997 memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskus geek
27-10-2020 04:16


dalam Islam itu ada unsur kedaruratan sbg pertimbangan hukum, jd yg bibir sumbing bahkan bisu, tuli pun sah saja Islamnya, terlepas gue jg gak suka UAS, yg disampaikan di atas udah bener kok emoticon-Cool
3
profile picture
kaskuser
27-10-2020 05:23
Bisa.. gak ada hadits khusus iang membahasnya. ia selama tidak ada larangan ya sah sah saja emoticon-Cool
0
profile picture
kaskus geek
27-10-2020 07:28
Ya bisa aja gan bahkan org pas sakit gigi aja sholat tetep keterima asal khusuk..
emoticon-Cool
0
profile picture
kaskus addict
27-10-2020 16:55
Kalo orang bisu gimana bre bacanya?
0
profile picture
kaskuser
28-10-2020 04:32
@wy2312 dalam hati
urusan dia beneran baca syahadat atau gak mah urusan dia sama tuhan
0
profile picture
kaskus maniac
28-10-2020 07:16
@wy2312
Ya gak bisa ngucap lah. Namanya juga bisu.

Yang buta gk bisa baca, padahal perintahnya disuruh baca.

Yg bisu gk bisa berucap, gk bisa melantunkan doa

Yg tuli gk denger (biasanya jg gk bisa ngomong), gak bisa jumatan.
1
Memuat data ...
1 - 6 dari 6 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia