Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
219
Lapor Hansip
26-10-2020 06:04

Bagai Pinang Dibelah Dua! 5 Planet Ini Punya kemiripan Bak Bumi, No 5 Hampir 99%

Halo gan/sis ngomong-ngomong anget tentang astronomi dan segala benda di atas kita, maksudnya benda di atas kita adalah langit ya, bukan Genteng atau plafonemoticon-Hammer (S). Nah ini banyak dari kita malah mengaitkan astronomi dengan astrologi itu sama. Jadi ane mau meluruskan sebelum ketopik.emoticon-thumbsupemoticon-thumbsup

Jadi dua hal tersebut jauh sangat berbeda ya gan/sis Astrologi tu sebenernya bukan ilmu tapi lebih mengarah ke mitos orang babilonia yang mengaitkan benda langit seperti bintang itu ada masing-masing dewa yang nempatin, maka jadilah ada canser, aquaris, caprikon terus merambat ke konteks kepribadian yang menurut ane zodiac tu nggak ada kaitan nya dengan keperibadian kita atau apalah sejenisnya.

Lah tapi bener kok? Itu nama nya fenomena validasi subjektif bisa dikatankan kebetulan gan/sis. Nah sedangkan astronomi tu ilmu yang mempelajari tata surya dan segala benda dilangit secara sains, jadi bisa di bilang sangat valid dan terbukti. 

Nah kembali ke laptop ya, nan belum lama ini NASA sedang mempelajari lebih dalam tentang planet-planet yang layak dihuni. Serta sedang mencari tahu mungkinkah ada kehidupan selain di bumi. Karena diperkiarakan ada 170 miliar galaxy di semseta ini, dan kita berada dalam salah satu diantara 170 miliar yaitu bima sakti. eh langsung saja ya gan/sis nanti ane malah ngarah ke alienemoticon-Takut (S), nah berikut 5 planet yang memiliki kemiripin dengan bumi, cekidot:
 
Quote:1. Wolf 1061 C


Planet yang pertama di beri nama wolf 1061 C. Ane kurang tahu kenapa di beri nama wolf ane telurusi di setiap web nggak nemu data nya, mungkin yang tahu Cuma orang NASA doankemoticon-Bingung (S). Jadi planet ini mengorbit di dalam zona layak huni, jarak tempuh nya 13,8 juta tahun cahaya dari bumi.

Sebenernya ada 3 planet di dekat wolf 1061 c tapi Cuma planet ini yang dibilang bisa di huni dengan tingkat kelayakan 79%. Planet berbatu dan massa nya 4,3 kali lipat dari bumi. Penemuan ini diumumkan pada 17 Desember 2015 dan sampai sekarang masih di amati.


Quote:1. Kepler 442-B


Planet yang di beri nama kepler 442-b dan lagi-lagi ane nggak tahu alasan kenapa diberi nama demikian. Njir, dari tadi ane ngeributin nama ajaemoticon-Ngakak (S). Jadi planet ini bisa di bilang masih dekat dengan bumi gan/sis. Emank iya ya, yang selalu dekat tu bikin nyaman. emoticon-Belo

Nah planet ini diumumkan oleh nasa sebagai planet layak huni tanggal 6 januari 2015 dan masih di teliti juga. Selain memiliki kemiripan dengan bumi hampir 85% planet ini juga lebih gede dari bumi.


Quote:3. Trappist d


Planet ini cukup kerdil tapi layak dihuni dengan tingkat kemiripan 89% dengan bumi. Jarak dari bumi ke planet ini sekitar 40 tahun cahaya bumi gan/sis. Ane malah jadi teringat planet namex yang ada di kartun dragon ball. Planet dengan kelayakan di bumi apa gak ada mahluk-mahluk kayak piccolo dan fiersa.emoticon-Takut (S)emoticon-Takut (S)


Quote:4. Proxima centauri B


Nah planet ini ini bernama proxima centauri B karena  mengorbit pada sebuah bintang bernama proxima centauri, nah dari sini ane tahu alasan nama nya demikian tapi kenapa bintang itu di beri nama proxima centauri ane gak tahu. Emank ya kadang kita gak perlu tahu kanap alasannya, bikin kesel aja  mana ane baca 4 web kagak nemu-nemu.emoticon-Hammer (S)emoticon-Hammer (S)

Jadi planet ini tu pertama kali di temukan tahun 2016 gan/sis. Dan memiliki layak dihuni karena tingkat kemiripan nya dengan  bumi tu 87%.  


Quote:5. Teegarden B


Planet ini bisa dikatankan kembaran nya bumi dan gak jauh berbeda, bak pinang di belah dua gan/sis. Kemiripan nya tu 95% dengan jarak 12,5 tahun cahaya dari bumi. Dan satu-satunya planet yang recommended buat di huni. Bisa jadi juga diplanet ini masih ada dinosaurs nya juga kalik ya.emoticon-Beloemoticon-Belo


 
Nah itu dia planet yang layak dihuni, jadi agan mau pindah ke planet yang mana??

sumber

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Royan07 dan 42 lainnya memberi reputasi
43
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Bagai Pinang Dibelah Dua! 5 Planet Ini Punya kemiripan Bak Bumi, No 5 Hampir 99%
26-10-2020 08:05
Kalau bisa cari bintang yang cenderung masih putih kekuningan. Kalau sudah putih kemerahan, dipastikan sudah banyak evolusi terjadi di planet dari bintang bersangkutan. Kalau sudah oranye-merah (bintangnya), saat manusia tiba disana mungkin tata suryanya sudah hampir mampus. ===> Soalnya kita juga harus memperhitungkan jarak tempuh. Terkait kecepatan cahaya, kalau untuk pengamatan, dan kecepatan pesawat, kalau benar pengin kesana.

Dan kalau dibilang persis 95%, bisa dipastikan pasti ada alien disana. Cuma entah berupa mikroorganisme atau organisme kompleks. ===> Dan tingkat kesulitannya pun meningkat, karena kita harus mikirin pula masalah virus, bakteri dan sebagainya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xiaoxiao20 dan 15 lainnya memberi reputasi
16 0
16
profile picture
kaskuser
26-10-2020 14:38




Kecepatan pesawat masih blm mampu, belum lg planet itu diluar milky way
2
profile picture
kaskus maniac
26-10-2020 15:39
Kalaupun sudah mampu, Itupun harus dibedakan, antara explore dan settled.
...
Mungkin bisa dijadikan bahan pemikiran pula ...
Kalau planet itu mirip dengan bumi, tapi kemudian didapati hewan dan tumbuhan disana jumlahnya tidak banyak ...
Alternatif pertama, virus-bakteri disana lebih ganas daripada yang ada di bumi. Alternatif kedua, ada .. hewan .. omnivora rakus disana.

...
Yang di galaksi sini sendiri masa 'nggak ada ? Belum ketemu mungkin, karena bisa jadi letaknya berseberangan (terhadap pusat galaksi).
Terkait proses pembentukan galaksi, dimungkinkan ada .. pada "deret lingkar" yang sama dengan yang dihuni oleh tata surya kita (terkait kelengkapan jenis atom dan jumlah yang ada). Kalau lebih kedalam (terhadap pusat galaksi), atom pada planet yang terbentuk cenderung bermassa besar. Sedangkan kalau lebih keluar, mungkin lebih didominasi gas dan es, atau sejenisnya.
4
profile picture
aktivis kaskus
27-10-2020 21:38
Wkwkwkkwk
1
profile picture
27-10-2020 21:56
dan apa yg kita lihat itu juga 4-13 tahun kecepatan cahaya yg lalu.

mungkin sekarang planet itu sudah hancur.

artinya, para NASA melihat planet masa lalu..
4
profile picture
kaskus maniac
27-10-2020 22:42
betul jg ya, yang di bumi ini aja masih banyak misteri alam belom terpecahkan, virus2 baru muncul terus gimana di planet lain
2
profile picture
28-10-2020 01:59
@klonang.kloneng
a sky full of ghosts
Cosmos, a spacetime odyssey
2
profile picture
kaskus maniac
28-10-2020 10:16
@klonang.kloneng Yah, kalau tehnologi yang dimiliki masih separuh (atau bahkan kurang) dari persyaratan perjalanan antar bintang, mungkin yang perlu dicari malah harus bintang yang putih-biru atau putih-hijau. Planet yang ada disana mungkin masih berbentuk gumpalan gas, atau lava cair.

Plus, terkait usia sebuah planet, patut diperhitungkan masalah peluruhan atom, seumpama terpikir untuk mengeksploitasi sebuah planet.
0
profile picture
kaskus maniac
29-10-2020 05:52
sundul ganemoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S)
0
profile picture
kaskus maniac
29-10-2020 12:05
@novaajinugroho He he he ...
Hal seperti ini sebetulnya hanya akan menimbulkan "false hope" aja, ditilik dari sikon yang ada. Karena perjalanan antar bintang, tidak cuma melulu mengenai kelengkapan ilmu pengetahuan, tapi juga SDA dan SDM yang memadai. Dimana dua hal terakhir itu baru bisa tercapai, kalau kerjasama antar negara, antar manusia, terjalin dengan baik.

Dilain pihak "false hope" itu bisa menyebabkan manusia di bumi ini menjadi kurang berhati-hati dalam mengolah SDA yang ada di bumi, berikut alam lingkungan yang ada. Karena dipikir bisa pergi ke planet lain.

...
Terpisah dari yang saya kemukakan sebelumnya itu ...
Kalau timingnya pas, dan ilmu pengetahuan kita mengenai ekosistem berikut segala isinya berada pada level tinggi, dimungkinkan kita bisa mengontrol proses evolusi pada sebuah planet (yang baru "lahir"). Jadi kita bisa membuat 2nd earth, dan tentunya bukan bumi pada kondisi dilanda global warming, pagebluk, seperti yang ada saat ini. ===>Ibaratkan seorang seniman ukir/pahat, meminjam kekuatan dewa Indra dan dewa Brahma. emoticon-Big Grin

...
Terkait perjalanan antar bintang itu, untuk pesawat kelas shuttle, mungkin ... agar bisa hemat, bisa memakai sistem "gauss rifle". Pesawatnya, jadi mungkin cukup membawa "bahan bakar" dalam jumlah tertentu untuk proses navigasinya. Susahnya, agar bisa efektif, itu harus ada di luar angkasa, agar tiada gravitasi yang bisa mengurangi daya lontarnya. Tapi karena ada di luar angkasa, itu kemudian butuh pemikiran tersendiri, terkait "daya hentak balik", sebagai dampak dari proses pelontaran.
Cuma, kalau pesawat pada level "mothership" atau "mother-nya mothership" (kayak yang di film Babylon V), nggak tahu itu menggerakkannya harus pake sistem seperti apa. Kalau dibandingkan, entah bakal lebih mudah mana, antara menggerakkan pesawat itu, dan proses "menculik" salah satu pasangannya Pluto untuk dijadikan base. emoticon-Big Grin
0
Memuat data ...
1 - 9 dari 9 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia