News
Batal
KATEGORI
link has been copied
576
Lapor Hansip
22-10-2020 05:54

Paus Fransiskus Minta Hubungan Sesama Jenis Dilegalkan

Quote:Paus Fransiskus Minta Hubungan Sesama Jenis Dilegalkan

Suara.com - Paus Fransiskus mengatakan bahwa pasangan homoseksual atau pasangan sesama jenis boleh menjalin ikatan sipil atau civil union dan negara harus menyediakan undang-undang untuk mengesahkan hubungan tersebut.

Dukungan Paus Fransiskus terhadap hubungan sesama jenis itu mengejutkan karena telah secara drastis meninggalkan doktrin Gereja Katolik dan paus-paus sebelumnya.


Adapun pandangan Paus Fransiskus ini disampaikan dalam sebuah film dokumenter berjudul Francesco, yang berkisah tentang hidup dan karya sang paus. Film ini tayang perdana pada Rabu (21/10/2020) dalam Festival Film Roma dan akan diputar di Amerika Utara pada akhir pekan ini.

"Homoseksual memiliki hak untuk menjadi bagian dari keluarga. Mereka juga anak-anak Tuhan dan memiliki hak untuk memiliki keluarga. Tidak seorang pun boleh disingkirkan atau menderita karena hal ini," kata Fransiskus saat berbicara soal pelayanan pastoralnya dalam film tersebut.

Ketika ditanya apakah ia tidak risau bahwa komentarnya soal hubungan homoseksual ini akan memantik kontroversi di antara orang-orang Katolik, Fransiskus mengatakan bahwa negaralah yang harus mengesahkan hubungan sesama jenis dan itu harus diatur dalam undang-undang.

"Yang harus kita ciptakan adalah undang-undang civil union. Dengan demikian, hubungan itu dilindungi hukum," tegas Fransiskus seperti dilansir dari Catholic News Agency.

Kompromi?

Civil union sendiri merupakan ikatan sipil antara dua orang yang diakui atau disahkan oleh negara. Di beberapa negara Eropa dan Amerika Selatan, ini adalah salah satu cara untuk mengesahkan hubungan homoseksual, meski tingkatannya masih berada di bawah pernikahan.

Pandangan Fransiskus soal hubungan sesama jenis ini dinilai berbeda dari doktrin Katolik, tetapi juga menunjukkan pergeseran pemikiran paus itu sendiri.

Pada 2010, saat masih menjabat sebagai Uskup Agung Buenos Aires, Fransiskus yang bernama asli Jorge Mario Bergoglio, menentang upaya untuk melegalkan pernikahan sesama jenis.

Ada yang menduga bahwa sikap Fransiskus yang kini mendukung ikatan sipil untuk pasagan homoseksual adalah bentuk kompromi, agar negara tidak sampai melegalkan pernikahan sesama jenis. Dugaan ini turut disampaikan oleh Sergio Rubin, penulis biografi Fransiskus.

Sementara dalam bukunya yang berjudul On Heaven and Earth, Fransiskus tidak menolak kemungkinan adanya ikatan sipil. Ia, akan tetapi, mengatakan bahwa asimilasi hubungan homoseksual ke dalam pernikahan adalan sebuah kemunduran antropologis dan dia mengaku khawatir jika pasangan homoseksual diberi izin untuk mengadopsi anak.

"Setiap manusia butuh ayah lelaki dan ibu perempuan yang bisa membantu membentuk identitas mereka," tulis Fransiskus dalam buku tersebut.

Lalu pada 2014 Fransiskus, dalam wawancara dengan wartawan, mengatakan ia mendukung ikatan sipil antara pasangan sesama jenis. Tetapi belakangan kantor pers Vatikan mengatakan bahwa sang paus tak pernah mendukung ikatan sipil untuk homoseksual.

Vatikan sendiri punya posisi tegas soal perilaku dan hubungan homoseksual yang dinilai Gereja Katolik sebagai menyimpang.

Pada 2003 Kongregasi Ajaran Iman yang dipimpin oleh Kardinal Joseph Ratzinger - yang belakangan terpilih sebagai Paus Benediktus XVI - atas perintah Paus Yohanes Paulus II, menegaskan bahwa perilaku homoseksual tak bisa diterima.

Kongregasi Ajaran Iman sendiri merupakan salah satu lembaga paling tua di Vatikan yang bertugas menjaga dan menegakkan doktrin iman Gereja Katolik.

"Penghormatan terhadap orang homoseksual tidak bisa mengarah kepada penerimaan perilaku homoseksual atau pengesahan hukum atas ikatan homoseksual. Demi kebaikan bersama, maka undang-undang harus mengakui, mempromosikan, dan melindungi pernikahan sebagai dasar keluarga, unit primer dari masyarakat," bunyi doktrin Katolik yang disusun Ratzinger, yang kini adalah paus emeritus.

"Pengakuan hukum atas ikatan homoseksual atau menempatkannya pada level yang sama dengan pernikahan bukan saja berarti penerimaan atas perilaku menyimpang... tetapi juga akan mengaburkan nilai-nilai mendasar warisan bersama umat manusia. Gereja tak boleh gagal untuk menjaga nilai-nilai ini, demi kebaikan lelaki dan perempuan serta demi kebaikan masyarakat itu sendiri," bunyi dokumen tersebut lebih lanjut.

Adapun Vatikan belum memberikan komentar resmi terkait pandangan Paus Fransiskus soal legalisasi hubungan sesama jenis dalam film dokumenter tersebut.

https://www.suara.com/news/2020/10/2...alkan?page=all

Dari sumber lain

Paus Fransiskus: Kelompok Homoseksual Itu Anak Tuhan, Miliki Hak Berada dalam Keluarga

Paus Fransiskus Minta Hubungan Sesama Jenis Dilegalkan

Liputan6.com, Vatikan - Paus Fransiskus resmi mendukung hubungan sesama jenis. Ia berargumen bahwa homoseksual juga punya hak.

Ia tidak mendukung pernikahan sesama jenis, tetapi mendukung "civil union" (hubungan sipil) agar pasangan sesama jenis bisa hidup bersama secara legal.

"Masyarakat homoseksual memiliki hak agar bisa berada dalam keluarga. Mereka anak-anak Tuhan," ucap Paus Fransiskus seperti dilaporkan AP News, Rabu (21/10/2020).

"Apa yang harus kita miliki adalah hukum hubungan sipil; dengan cara itu mereka dilindungi undang-undang," imbuh Paus. Pandangan itu diberikan Paus Fransiskus dalam film dokumenternya berjudul Francesco.

Sejak dulu, Paus Fransiskus memang terkenal tidak anti-LGBT. Paus Fransiskus berasal dari Argentina yang sudah melegalkan hubungan sesama jenis. Akan tetapi ini adalah pertama kalinya sebagai Paus ia mendukung hubungan sesama jenis.

Dukungan Gereja Bagi Kelompok LGBT

Pandangan Paus Fransiskus mendapat sambutan hangat dari Reverend James Martin, tokoh agama Amerika Serikat yang mencoba menjembatani antara gereja dan kelompok homoseksual.

"Dukungan Paus Fransiskus ke hubungan sipil sesama jenis adalah langkah besar dalam dukungan gereja bagi masyarakat LGBTQ," ujar James Martin.

Ia pun menyebut dukungan dari Paus Fransiskus mengirimkan pesan tersendiri bagi negara-negara yang masih mengkriminalisasi hubungan sesama jenis.

Film Dokumenter Fransesco

Film dokumenter Fransesco disutradarai oleh Evgeny Afineevsky. Ia memiliki akses luar biasa ke arsip-arsip TV Vatikan hingga ke Paus Fransiskus.

Untuk mendapatkan hal tersebut, Afineevsky mengaku persisten melakukan negosiasi, serta mendekati orang-orang Argentina yang berpengaruh di Roma.

Turut hadir di dokumenter Fransesco adalah Juan Carlo Cruz. Ia merupakan korban kekerasan seksual yang dulunya sempat tak dipercaya Paus Fransiskus.

Pada film itu, Cruz menyaksikan evolusi pemahaman Paus Fransiskus, mulai dari isu kekerasan seksual hingga homoseksualitas.

https://www.liputan6.com/global/read/4388668/paus-fransiskus-kelompok-homoseksual-itu-anak-tuhan-miliki-hak-berada-dalam-keluarga


Eh seriusan ini.. emoticon-EEK!
Nunggu komen resmi kepausan deh
Diubah oleh will.u.take.me
profile-picture
profile-picture
profile-picture
m4ntanqv dan 35 lainnya memberi reputasi
24
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Paus Fransiskus Minta Hubungan Sesama Jenis Dilegalkan
22-10-2020 06:22
Ya iyalah, kan masih manusia juga

Kecuali kalian kalian yang suci merasa tak punya dosa sama sekali yang tidak bisa memahami hal tersebut

Tuhan yang Maha suci saja masih memberikan berkat, makanan, rejeki buat gay lasbi
Manusia kontol sok suci sok bersih malah kaya kesetanan haus darah kalau liat gay lesbi

Yang bilang gay lesbi nular itu BISEKS emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lupineprince dan 92 lainnya memberi reputasi
7 86
-79
Memuat data ...
profile picture
kaskus addict
26-01-2021 12:38
@henbodi Setiap manusia pasti memiliki kesalahan gan, tapi jika manusia tsb tidak pernah mengakui kesalahan.. mending mokad aja lah emoticon-Travelleremoticon-Wakakaemoticon-Imlek
0
profile picture
13-04-2021 22:04
Paus Fransiskus Minta Hubungan Sesama Jenis Dilegalkan
0
profile picture
kaskus maniac
14-04-2021 02:19
Selagi ada yg bump trit ini, ane perhatikan komeng orang sini dan....

Prosesi agama, ritual pernikahan tetap ga akan pernah bisa sesama jenis.
Tapi melihat bahwa banyak yang ga sadar hak dasar manusia berlaku untuk kaum LGBT dan langsung mengeluarkan sumpah serapah kebun binatang menunjukkan bahwa memang, inlander sini ga punya pendidikan. You guys make anti-theists look like saints.

Seenggaknya memang orang Indon langsung bersatu soal homo, dan lalu jualan agamanya yg "lebih suci". Bersatu dalam kebarbaran netijing sertifikasi Microsoft.emoticon-Traveller
0
Memuat data ...
121 - 123 dari 123 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia