News
Batal
KATEGORI
link has been copied
137
Lapor Hansip
20-10-2020 09:49

Tangkap 7 Admin Medsos soal Demo, Polisi Pakai Pasal Berlapis

Tangkap 7 Admin Medsos soal Demo, Polisi Pakai Pasal Berlapis

Quote:Tim gabungan Polda Metro Jaya dan Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri meringkus tujuh orang tersangka yang diduga melakukan penghasutan demo ricuh menolak Omnibus Law Cipta Kerja pada Kamis (8/10) dan Selasa (13/10), di Jakarta.

Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipdum) Bareskrim Polri Brigadir Jenderal Ferdy Sambo mengatakan bahwa para tersangka merupakan admin dari sejumlah akun di media sosial dan Whatsapp Grup (WAG).

"Tiga tersangka admin WAG STM Se-Jabodetabek, tiga tersangka lain admin Facebook se-Jabodetabek dengan jumlah follower lebih dari 21 ribu anggota, satu tersangka admin IG (Instagram) Panjang.Umur.Perlawanan," ujar Sambo saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Selasa (20/10).

Sambo menuturkan bahwa penangkapan itu dilakukan pada Senin (19/10) di sejumlah titik. Penyidik, kata dia, melakukan pengembangan terhadap penangkapan sejumlah pelaku-pelaku lain yang menghasut anarkisme saat unjuk rasa berlangsung.

Para tersangka, katanya, dijerat Pasal 160, 170, 214, 211, 212, 216, 218, 328 jo Pasal 55, 56 KUHP dan Pasal 28 ayat 2 jo Pasal 45 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

"Diterapkan pasal berlapis. Penangkapan tersebut atas pengembangan pelaku-pelaku yang ditangkap saat demo anarkis tanggal 8 dan 13 Oktober," ujar Sambo.


Sebagai informasi, Polda Metro Jaya sudah menetapkan 131 tersangka dan menahan 69 orang di antaranya terkait dengan aksi demo yang berakhir ricuh pada 8 dan 13 Oktober di Jakarta. Mereka dijerat Pasal 212 KUHP dan atau Pasal 218 KUHP dan atau Pasal 170 KUHP dan atau Pasal 406 KUHP.

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana mengatakan bahwa para tersangka terlibat dalam sejumlah kasus. Yakni, perusakan gedung kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), perusakan mobil di Pejompongan, perusakan dan vandalisme oleh kelompok anarko, kasus ambulans di Cikini.

Kemudian, kasus penganiayaan anggota Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, penganiayaan anggota Polrestro Tangerang Kota, serta perusakan pos polisi.


Sumber
https://www.cnnindonesia.com/nasiona...pasal-berlapis

Kalau anarkis, setuju dengan polisi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 25 lainnya memberi reputasi
26
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Tangkap 7 Admin Medsos soal Demo, Polisi Pakai Pasal Berlapis
20-10-2020 14:53
Menurut ane emang perlu uu ite. Buka mata coba, banyak bgt unggahan yg provokatif di ig dan twitter. Gak jarang juga yg hoaks. Apa didiemin aja yg kaya gitu?
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
profile picture
aktivis kaskus
20-10-2020 14:58
Ya diemin aja lah, provokator emang selalu ada mau negara kek gmn jg

Tingkatin aja kesejahteraan, nanti jg provokator hilang sendiri, apa yg mau di provokasi kalau semua makmur?
0
profile picture
kaskus geek
20-10-2020 15:03
@natgeas2 mustahil memakmurkan semua orang. Menyenangkan semuanya itu ga mungkin. Pasti tetep ada aja yg kecewa.

Ane ga sepakat sih kalo kaya gitu didiemin. Lebih2 soal hoaks. Bisa bahaya kalo banyak yg percaya.
0
profile picture
aktivis kaskus
20-10-2020 15:05
ga ada yang mustahil kecuali hidup abadi sama time travel

@kacangpanda pasti tetep aja ada yg kecewa bener, tapi sedikit, dan ga akan ngaruh mau provokasi bagaimanapun, pasti akhirnya mati sendiri
0
profile picture
aktivis kaskus
20-10-2020 15:07
@kacangpanda tugas pemerintah melawan api bukan dengan menumpuk sekam, tapi matiin apinya, siram aer, (AIR=KEMAKMURAN) lw pikir orang yang memprovokasi terus ditangkep bakalan tobat?

manusia bisa dipenjara, tapi IDE? (termasuk pikiran2 provokasi) ga BISA!
0
profile picture
kaskus maniac
20-10-2020 15:42
@natgeas2 demo itu ga salah, yang salah itu demo sambil ngerusak fasilitas umum.

ngeluarin pendapat juga ga salah, yang salah itu klo nyebar berita hoax.

provokasi lu bilang ga masalah? ditangkep juga ga bisa dibungkam? yakin? cobain deh klo yang ditangkep 7 orang itu dijadiin contoh dipenjara 20 taon, terusin sampe ada 200 orang provokator dipenjara 20 taon aja, gw yakin kok yang mau PROVOKASI bakal "mikir"...

yang nge-HOAX juga cobain aja perkarain dan penjarain sampe 200 orang selama 20 taon, terus di beritain secara NASIONAL, gw yakin kok penyebar HOAX bakal MIKIR buat nyebarin HOAX, masalah nya selama ini gw ngeliat BERITA HOAX dibiarin aja, yang NYEBAR juga DIBIARIN aja... jadilah ga ke kontrol.

kemakmurah atau harta itu DICARI dengan USAHA, bukan ngarep dikasih sama NEGARA dong, terus lu ngarep lu DISIREM pake DUID...

NEGARA itu punya kewajiba untuk menyiapkan LAPANGAN PEKERJAAN buat rakyat nya, soal RAKYAT nya MAKMUR apa ngga ya gimana USAHA rakyat nya sendiri (mau KERJA apa ngga), punya IDE buat USAHA apa ngga... otak nya KREATIF apa ngga.
2
profile picture
kaskus holic
21-10-2020 00:35


plis deh dipake dikit pikirannya, postingan itu wujud perasaan mereka , mereka posting karna jaman udah digital, udah mudah menyuarakan kebenaran, ga kaya jaman dulu harus buat spanduk, itu suara mereka hak mereka, soal anda terprovokasi atau tidak ya tergantung diri anda sejauh mana anda pinter/goblok menanggapinya, toh ini masih negara demokrasi kan? masih ga sih? ragu gue 😁
0
profile picture
kaskus maniac
21-10-2020 09:22
@Yantaru klo lu bicara HAK, pasti ada KEWAJIBAN juga dong? hidup harus berimbang loh.

klo lu ada HAK untuk BERBICARA seenak nya, lu juga ada KEWAJIBAN buat MEMPERTANGGUNG JAWABKAN apa yang lu TULIS/OMONGIN.

orang yang lu OMONGIN juga punya HAK untuk MELAPORKAN apa yang DITULIS/DIOMONGIN klo memang tidak sesuai KENYATAAN.

contoh misal lu koar2 di medsos klo gw itu koruptor, nah masa gw biarin aja? ya gw laporin lah, mana bukti nya klo gw korupsi? kluarin bukti nya, bukan cuma koar2 doang di medsos, toh pilihan nya kan cuma 2, antara lu yang DIPENJARA karena FITNAH gw, atau gw yang DIPENJARA karena TERBUKTI gw korupsi, bener?

bukti juga uda banyak kan? biasa yang koar2 di medsos ujung2nya NANGIS2 minta MAAF, artinya apa? artinya yang dia omongin itu BOHONG alias FITNAH... NGERTI?

BEBAS berbicara itu artinya lu BOLEH kasih KRITIK dan SARAN, bukan BOLEH FITNAH... bisa bedain KRITIK sama FITNAH ga?



pikiran dipake juga lah...
0
profile picture
kaskus geek
21-10-2020 15:43
@Luminus @Yantaru ane setuju. Emang bener ada kebebasan berbicara dan berpendapat, tapi ada batasannya juga. Gak bisa sebebas bebasnya ngomong sembarangan tanpa dipikir. Bahkan fitnah dan nyebar hoaks. Itu udah melewati batas kebebasan
0
Memuat data ...
1 - 8 dari 8 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia