- Beranda
- Kendaraan Roda 4
Honda HR-V [at] KASKUS - Part 1
...
TS
hrvkaskus
Honda HR-V [at] KASKUS - Part 1
Selamat Datang
Di Thread "Honda HR-V [at] KASKUS"
Di Thread "Honda HR-V [at] KASKUS"
Monggo yang mau berdiskusi
Spoiler for HARGA:
Spoiler for SPESIFIKASI:
Spoiler for PERBEDAAN TYPE:
Quote:
Quote:
Code:
[B]INFORMASI[/B]
Para agan-aganwati sekalian, apakah ada rencana untuk kopdar pertama?
tien212700 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
1.4M
8.7K
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 4
25KThread•14.6KAnggota
Tampilkan semua post
dbimoetz
#7244
Cek Kondisi Ruang Bakar Pada Mesin
Nah ini ada lagi test kecil-kecil an untuk tahu kondisi sehat apa ngga nya ruang bakar pada mesin ..
Jadi bisa jadi parameter kalo misalkan ada yg alamin HRVnya ngga bertenaga atau boros bbm dll .. cek dulu hasil pembakarannya pakai alat uji emisi.
Kondisi:
- Bisa dibilang STD aja (cuman pake filter APEX & busi NGK Platinum)
- Habis maintenance berkala di Honda, jadi udah pasti ganti oli mesin (ini ngaruh di hasil uji emisi)
- BBM pake Shell Super
- Odometer udah 40rb-an
- Ditest di HRV 1.5 CVT
Hasil analisa:
- Lambda mbl saya = 1.123 (ECU ini mbl keknya emang diset setelan lean biar irit kalo macet-macet an atau di putaran bawah)
- CO = 0 (jelas, karena settingan lean, kalo ini naik lumayan pasti mobil boros BBM)
- CO2 = 14.4% (menandakan pembakaran sempurna atau tidak .. ini harus tinggi nilainya, bahkan kalo smp 15% sih OK banget)
- HC = 0 (ini indikator sisa bensin yg tdk habis terbakar, kalo nilainya besar, udah pasti ruang bakar berkerak hitam dan bensin boros, karena bensin hrsnya nguap di ruang bakar .. jadi nilainya tidak boleh tinggi)
- 02 = 2.59% (saking kurusnya setelan ECU, sampe itu knalpot buang oksigen alias kebanyakan udara ngga kepakai krn ngga ada campuran bensin yg disemprot) ini nilainya makin mendekati 0 makin bagus
So mobil ane udah pasti enak larinya dan bensin irit .. dalkot JKT lagi PSBB bgini .. bisa dpt kisaran 1:15km/ltr
selisih di MID 0.5 lebih kecil biasanya kalo pake metode full to full, karena itu ane bru isi bensin tadi pagi dari sisa 2bar sekitar 35ltr sampe luber..awkawkawkaw
Nah ane pengen ngetest .. seberapa berefek terhadap mesin HRV 1.5 yg kompresi mesinnya 10.3:1 kalo dipakein bensin oktan 88 (premium), kira-kira ECU nya sanggup tolerir sampe parameter yg bagaimana ..
Logikanya kalo nanti pake premium sih, itu nilai CO pasti naik krn settingan di ECU hrsnya jadi RICH trus nilai HC juga naik krn banyak residu yg ditinggalin .. CO2 bisa tetap harusnya .. sama lambda nih yg bakalan turun harusnya jadi 1.0x atau 0.9x .. semua tergantung ECU bawaan Honda ..
Ntar di report 1-2 mgg ke depan.
Jadi bisa jadi parameter kalo misalkan ada yg alamin HRVnya ngga bertenaga atau boros bbm dll .. cek dulu hasil pembakarannya pakai alat uji emisi.
Kondisi:
- Bisa dibilang STD aja (cuman pake filter APEX & busi NGK Platinum)
- Habis maintenance berkala di Honda, jadi udah pasti ganti oli mesin (ini ngaruh di hasil uji emisi)
- BBM pake Shell Super
- Odometer udah 40rb-an
- Ditest di HRV 1.5 CVT
Spoiler for pict:
Hasil analisa:
- Lambda mbl saya = 1.123 (ECU ini mbl keknya emang diset setelan lean biar irit kalo macet-macet an atau di putaran bawah)
- CO = 0 (jelas, karena settingan lean, kalo ini naik lumayan pasti mobil boros BBM)
- CO2 = 14.4% (menandakan pembakaran sempurna atau tidak .. ini harus tinggi nilainya, bahkan kalo smp 15% sih OK banget)
- HC = 0 (ini indikator sisa bensin yg tdk habis terbakar, kalo nilainya besar, udah pasti ruang bakar berkerak hitam dan bensin boros, karena bensin hrsnya nguap di ruang bakar .. jadi nilainya tidak boleh tinggi)
- 02 = 2.59% (saking kurusnya setelan ECU, sampe itu knalpot buang oksigen alias kebanyakan udara ngga kepakai krn ngga ada campuran bensin yg disemprot) ini nilainya makin mendekati 0 makin bagus
So mobil ane udah pasti enak larinya dan bensin irit .. dalkot JKT lagi PSBB bgini .. bisa dpt kisaran 1:15km/ltr
selisih di MID 0.5 lebih kecil biasanya kalo pake metode full to full, karena itu ane bru isi bensin tadi pagi dari sisa 2bar sekitar 35ltr sampe luber..awkawkawkaw
Spoiler for pict:
Nah ane pengen ngetest .. seberapa berefek terhadap mesin HRV 1.5 yg kompresi mesinnya 10.3:1 kalo dipakein bensin oktan 88 (premium), kira-kira ECU nya sanggup tolerir sampe parameter yg bagaimana ..
Logikanya kalo nanti pake premium sih, itu nilai CO pasti naik krn settingan di ECU hrsnya jadi RICH trus nilai HC juga naik krn banyak residu yg ditinggalin .. CO2 bisa tetap harusnya .. sama lambda nih yg bakalan turun harusnya jadi 1.0x atau 0.9x .. semua tergantung ECU bawaan Honda ..
Ntar di report 1-2 mgg ke depan.
teke29 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Tutup