Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
60
Lapor Hansip
15-10-2020 14:05

Sejarah Sepeda FEDERAL di Indonesia

Halo gann!

balik lagi nihhh, tau dong kalo sekarang lagi musim sepeda 26", yaitu sepeda yang menggunakan ban ukuran 26", nah ada banyak di pasaran sepeda-sepeda dengan ukuran ban 26, cuma yang lagi banyak dicari orang adalah Sepeda merk Federal. Kalo jaman ane masih kecil dulu, ada anggapan jika orang belom punya sepeda Federal, maka dia belom punya sepeda. Apalagi jaman sekitar taun 90an harga sepeda Federal termasuk premium. 

Sejarah Sepeda FEDERAL di Indonesia


Sejarah Sepeda Federal
Proyek Federal dipicu oleh situasi krisis moneter tahun 86-an. Saat itu jajaran manajemen Astra mencari peluang ekspor. Ada beragam usulan, akhirnya sepeda yang dipilih karena di Eropa waktu itu sedang tren sepeda.


Sejarah Sepeda FEDERAL di Indonesia


Saat itu produksi sepeda Federal mencapai lebih dari 500.000 unit/bulan. Karena kepopulerannya, Federal menjadi merek yang dibajak. Banyak pabrik sepeda rumahan yang meniru sepeda produksi FCM. Untuk mengatasinya, FCM memasang stiker hologram di rangka sepeda, serta mencantumkan serial number.

Sejarah Sepeda FEDERAL di Indonesia

Perlu waktu dua hari untuk memproduksi sebuah sepeda. Per hari bisa dibuat lebih dari seribu buah. Produksi FCM ada yang groupset dan ada yang campuran. Tapi intinya, FCM maunya fullset. Spesifikasi paling tinggi memakai LX. FCM menggunakan kode untuk merinci sepeda buatannya. Contohnya, FMG 12 CX, artinya Federal-MTB-Gents grade 1 tahun 92 Chromoly-Oversize. Namun, spesifikasi sepeda Federal akan makin bagus jika angka grade-nya bernomor kecil.

Sejarah Sepeda FEDERAL di Indonesia



Sistem penggerak campuran digunakan untuk menekan harga. Tapi pencampuran itu atas rekomendasi Shimano. Yang jelas, komponen sepeda produksi FCM selalu bisa menerima chainline miring sekalipun.

Ada dua keunggulan sepeda produksi FCM. Yakni pada proses pengelasan dan kedua, pengecatan. Las yang digunakan lebih kuat dari pengelasan motor, dengan las argon tig, yang dikerjakan secara handmade.Sementara pengecatan dilakukan melalui 4-5 tahap: cat dasar, cat tambahan, cat utama, decal, coating. Proses pengecatan Federal adalah murni didesain oleh FCM, menggunakan spraygun yang memang khusus untuk menciptakan warna dan corak berbeda-beda tersebut.

Sejarah Sepeda FEDERAL di Indonesia


FCM juga membuat Kuwahara, misal; M4.5, M4.0, M3.5. Juga membuat seri Federal dan Kuwahara khusus untuk pameran, seperti di Taiwan (Taipei Cycle Show), Jepang (Tokyo Cycle Show), Los Angeles. Tipe pameran tersebut khusus ekspor.

Sejarah Sepeda FEDERAL di Indonesia


(Catatan untuk Kuwahara: M4.5 sebenarnya bukan untuk lokal, tapi sisa ekspor. Ada istilah LE, Limited Edition, tapi bukan LE karena edisi terbatas, melainkan sisa ekspor yang disesuaikan dan dijual di pasar lokal. M3.5 tubing dari Jepang tapi dilas di Indonesia, sedang M4.5 fullframe dari Jepang. Keduanya berbahan chromoly. Terbukti FCM sudah bisa mengelas chromoly.)

Sejarah Sepeda FEDERAL di Indonesia


Perbedaan antara Federal dan Kuwahara adalah ujung seatstay Kuwahara menggunakan lugs dan menjadi satu dengan seatpin. Nah, jika mendapati Federal yang menggunakan sistem tersebut berarti lugs-nya berasal dari Kuwahara-Jepang dan disambung di Indonesia. Frame Federal lain yang juga diimpor seperti frame-frame alumunium.

Sejarah Sepeda FEDERAL di Indonesia


Kala itu saingan Federal hanya Inserasena, Polygon dan Wimcycle. Tp mereka bermain di sepeda mini, balap dan jengki. Federal yang mengawali jenis MTB, yg akhirnya orang menyebut MTB sebagai Federal.

Sayangnya, isu dumping membuat Federal mati. Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE) menganggap FCM menjual sepeda di luar Indonesia lebih murah daripada di dalam negeri. Kenyataannya memang begitu karena impor parts sepeda mendapat fasilitas bebas bea masuk. Dengan catatan, sepeda-sepeda rakitan tersebut untuk diekspor.

Selain itu, ada beberapa sepeda Federal tipe hi-end yang spesifikasinya berbeda antara yang diekspor dan dipasarkan di dalam negeri. Seperti Competition, spesifikasi untuk ekspor lebih rendah dari pada spesifikasi untuk dalam negeri sehingga harganya lebih murah.

Sejarah Sepeda FEDERAL di Indonesia


Langkah MEE tersebut kemungkinan untuk memproteksi produksi sepeda mereka (misal; Belanda dan Inggris, dll). Selain Indonesia, Taiwan juga terkena sanksi dumping MEE, tapi mereka berhasil bertahan.

MEE akhirnya mencabut isu dumping tersebut tahun 2004. Sayangnya FCM sudah menghentikan produksi tahun 1996 dan bubar setahun kemudian. Kebetulan bisnis motor mulai membaik sehingga pabrik perakitan sepeda dialihkan fungsi menjadi pabrik perakitan motor. Apalagi, konsep pabrik sepeda Federal mirip dengan pabrik motor yang menggunakan ban berjalan untuk proses perakitannya.


yakk itulah sejara sepeda Federal, yang sampai hari ini masih di cari2 penggemar sepeda. jangan disangka harganya makin murah karena sudah tua, karena lagi dicari orang maka harganya bisa dibilang cukup tinggi sekarang

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ziont dan 7 lainnya memberi reputasi
6
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Sejarah Sepeda FEDERAL di Indonesia
17-10-2020 20:29
Pernah pake waktu tahun 1993....
0 0
0
profile picture
Kaskus Officer
19-10-2020 09:28
kalo ada fotonya di posting dimari gannn
0
Memuat data ...
1 - 1 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia