News
Batal
KATEGORI
link has been copied
475
Lapor Hansip
15-10-2020 09:12

Hotman Paris Selesai Baca UU Cipta Kerja: Ini Sangat Menguntungkan Kaum Buruh!

Hotman Paris Selesai Baca UU Cipta Kerja: Ini Sangat Menguntungkan Kaum Buruh!
Judul dipotong karena kepanjangan : Malang Melintang di Dunia Hukum, Hotman Paris Selesai Baca UU Cipta Kerja: Ini Sangat Menguntungkan Kaum Buruh!

Sosok.ID - Undang-undang (UU) Cipta Kerja Omnibus Law yang disahkan oleh pemerintah telah memantik problem baru di Tanah Air.

Munculnya pro dan kontra memunculkan gerakan aksi mahasiswa turun ke jalan mempersoalkan pasal-pasal yang diklaim merugikan para pekerja.

Demo di tengah pandemi yang belum terkendali menyebabkan PR pemerintah semakin bertumpuk.

Terlebih, aksi tidak berjalan dengan damai. Di mana banyak fasilitas publik dibakar, menimbulkan kerugian besar di saat perekonomian negara sudah sulit karena Covid-19.

Namun, disela-sela banyaknya kritik untuk pemerintah, pengacara kondang Tanah Air, Hotman Paris Hutapea bak mengabarkan angin segar.

Hotman menilai bahwa UU Cipta Kerja memiliki dampak positif luar biasa bagi kaum buruh.

Dilansir dari TribunWow.com, hal itu disampaikan Hotman Paris dalam akun Instagram pribadinya @hotmanparisofficial, Rabu (14/10/2020).

Menampilkan setumpuk draf UU Cipta Kerja, Hotman mengatakan bahwa sejatinya kaum pekerja dan buruh tidak sepenuhnya dirugikan oleh kebijakan tersebut.

"Berita bagus untuk pekerja, berita bagus untuk para buruh," kata pengacara dengan pengalaman lebih dari 30 tahun tersebut.

Pria berdarah Batak itu menyoroti sanksi tak membayar pesangon yang sekarang bisa dikategorikan sebagai tindak pidana.

"Di sini ada pasal yang menyebutkan apabila majikan tidak membayar uang pesangon sesuai ketentuan undang-undang ini, akan dianggap melakukan tindak pidana kejahatan," ungkapnya.

Dalam draf tersebut, dikatakan bahwa hukuman bagi yang tak membayar pesangon yakni penjara maksimal empat tahun.

Menurut Hotman, itu adalah perubahan besar yang mampu menolong buruh dan pekerja untuk mempertahankan haknya.

"Pasti majikan kalau di-LP, kalau dibuat laporan polisi ke kepolisian mengenai pesangon, bakal buru-buru membayar uang pesangon," kata Hotman.

"Ini merupakan suatu langkah yang sangat bagus, yang sangat menguntungkan para pekerja maupun para buruh," lanjutnya.

Hotman menilik banyaknya kejadian yang menurutnya merugikan kaum buruh, dimana uang pesangon sulit didapatkan, dan memakan waktu berbulan-bulan untuk mengurusnya.

"Selama ini berbulan-bulan untuk menuntut uang pesangon melalui pengadilan perburuhan, tapi dengan satu laporan polisi kemungkinan uang pesangon akan anda dapatkan," katanya.

Pengacara nyentrik yang identik dengan kemewahan itu lantas memberikan ucapan selamat kepada para buruh dan pekerja.

"Selamat untuk para buruh dan pekerja," tutup Hotman.

Adapun Hotman Paris sebelumnya sempat memberikan pesan untuk Presiden Joko Widodo terkait kebijakan mengenai pesangon untuk buruh.

Hotman dalam unggahan di akun Instagram @hotmanparisofficial pada Sabtu (10/10/2020), menutut agar masalah pesangon dibereskan secepat mungkin.

"Bapak Jokowi yang terhormat saya sebagai putra bangsa, yang sudah 36 tahun saya di pengacara tertarik untuk memberikan saran," kata Hotman.

Demi meyakinkan kredibilitasnya sebagai pakar hukum, Hotman menyebutkan beberapa tokoh publik yang pernah menjadi kliennya, termasuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

"Tanya kualitas praktik hukum saya kepada Bapak Prabowo, bapak Menko, bapak Menteri BUMN Erick Thohir, yang semua mantan klien saya," ujarnya.

Baca Juga: Ditantang 100 Pengacara dari Ormas Pendukung Puan Maharani, Nikita Mirzani Nyolot, Tak Takut Dipolisikan: Sini Lawan Gue Satu Satu!

Dalam kesempatan tersebut, Hotman mendesak permasalahan pesangon agar segera dituntaskan, sebab buruh kesulitan menyelesaikan hal tersebut.

"Yang harus dibenahi adalah cara penyelesaian untuk perselisihan perburuhan khususnya pesangon yang kalau dari mulai Depnaker sampai di pengadilan perburuhan sampai Mahkamah Agung bisa makan waktu satu sampai dua tahun," katanya.

"Kalau gaji buruh cuma dua atau tiga juta bagaimana mungkin dia membiayai perkara yang begitu lama untuk melawan para pengusaha."

Bagaimana mungkin? Makanya buat undang-undang seperti di pengadilan niaga yaitu perkara penyelesaian perburuhan khususnya mengenai pesangon harus diputus dalam 30 hari," ungkapnya.

"Seperti yang ada di pengadilan niaga diputus 60 hari walau triliunan rupiah," tuntasnya. (*)


Sumber :Β https://sosok.grid.id/amp/412382132/malan-melintang-di-dunia-hukum-hotman-paris-selesai-baca-uu-cipta-kerja-ini-sangat-menguntungkan-kaum-buruh?page=all

=====================================

Emang sebelumnya ga bisa dipidana ya?Β emoticon-Thinking
profile-picture
profile-picture
profile-picture
karikai04 dan 38 lainnya memberi reputasi
31
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Hotman Paris Selesai Baca UU Cipta Kerja: Ini Sangat Menguntungkan Kaum Buruh!
15-10-2020 13:26
emoticon-Ngakak
Dah dibilangin pada ngeyel sih, tergiring opini buzer 🀣
Contoh buzer klonengan πŸ‘‡πŸ»
Bebal banget soal UMP dan UMK, dia nanya artinya dan perbedaan udah ane kasih tau masih ngeyel.
Klonengan buzer gak sekolah


Ujung ujungnya kalah debat, langsung menghilang, dan dengan istiqomah selalu nitip bata buat ane bangun rumah 🀣
Bata buat bangun rumah
Diubah oleh axcelcrypto
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cebicebidoo dan 5 lainnya memberi reputasi
4 2
2
Memuat data ...
profile picture
kaskus geek
15-10-2020 15:10
@axcelcrypto Kenapa jadi ngomel - ngomel ke ane,Bre emoticon-Bingung
1
profile picture
kaskus geek
15-10-2020 15:17
@cebicebidoo
Ha...ha...ha...kelakuan para tukang sampah...hadeuh
Hotman Paris Selesai Baca UU Cipta Kerja: Ini Sangat Menguntungkan Kaum Buruh!
3
profile picture
kaskus holic
15-10-2020 15:20
@eyefirst2 wahahaha salah mention 🀣
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
profile picture
kaskus geek
15-10-2020 15:41
@axcelcrypto Ha...ha...ha...ok,Gan emoticon-Shakehand2
1
profile picture
kaskus addict
15-10-2020 17:59
@axcelcrypto sdh gue lepasin id ente, selamat ngaskus emoticon-shakehand
0
profile picture
kaskus geek
15-10-2020 18:28
@secer @axcelcrypto Agan bijak ternyata dalam bermedsos,salut...salam kenal emoticon-Shakehand2
1
profile picture
kaskus holic
15-10-2020 18:58
@eyefirst2 @secer intinya baperan ya pasti ketendang 🀣 ngeforum baper ya mending main Tiktok atau IG bikin drama πŸ˜…

Kalau ane sih selow selow ae mau dispam bata, spam komen atau dihina gimanapun, selama mereka gak merugikan real life ane broku.
1
profile picture
kaskus geek
15-10-2020 19:00
@axcelcrypto Mantap...Bro emoticon-Shakehand2
0
profile picture
kaskus addict
15-10-2020 21:27
Widih drtd ane dibata sama @secer ...wkwkwkwk...opo salahku...gak opo sih nambah boto...pisan2 koleksi boto
0
profile picture
kaskus addict
15-10-2020 21:28
@ijobanter ente pernah bata ane emoticon-Big Grin
1
profile picture
kaskus addict
15-10-2020 21:34
@ijobanter asalnya ente cadangan emoticon-Big Grin kalo nemu pengganti nanti tak lepaskan emoticon-Big Grin sementara ditahan dulu emoticon-Big Grin

mudah2an ketemu penggantinya masih nyariΒ²
1
profile picture
kaskus holic
15-10-2020 21:56
@secer @ijobanter ni manusia gabut sekaskus -_-" mending bantu ane MIK lagi πŸ˜…
1
Memuat data ...
21 - 33 dari 33 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia