Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
217
Lapor Hansip
09-10-2020 13:47

Membuka RUU Cipta Kerja dari kacamata orang Awam

Membuka RUU Cipta Kerja dari kacamata orang Awam
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bangun pagi. Saking gabutnya baca 1028 halaman RUU Ciptaker. Baca pasal turunannya & apa yg dihapus juga (tapi gak semua, yg gue tertarik aja).

Gerah woiii baca timeline. Pro/kontra boleh, tapi jangan buta buta amat dong, plis 🙁
- Ada yg pro pake bilang "Itu yg demo emang udah baca semua RUU nya?" "Buruh maunya enak doang." "Mahasiswa tau apaan sih". 

Padahal sendirinya belum baca utuh, padahal sendirinya juga sama aja cuma baca ringkasan dari yg di share akun medsos nya DPR. Bukan cuma pemerintah doang yg punya ahli, masyarakat juga punya. 

Dan kalo Anda pernah jadi mahasiswa terus ikut Hima/BEM, pasti tau kalo ada sesuatu ya dikaji dulu.

Ada yg kontra, tapi nelen bulat-bulat semua yg ada di medsos, gak pilih2 mau hoax atau nggak yg penting kontra, yg penting ribut.
Jadi gini, ini sepemahaman gue aja ya. Gue bukan ahli politik/hukum/ekonomi. Tapi setidaknya udah baca RUU nya.

RUU Ciptaker ini isinya bukan cuma ngebahas Ketenagakerjaan. Bukan cuma bahas ttg "buruh". Dan kamu yg kerjanya enak duduk di ruangan ber-AC gedung bertingkat daerah SCBD jadi manager pun di UU ini disebutnya pekerja/buruh. Jadi buruh yg dibahas di UU bukan cuma orang yg kerjanya di pabrik bagian produksi aja yaaaaa...

RUU ini isinya banyak. Ada ttg perkebunan, pertambangan, petani, nelayan, arsitek, pers, UMKM juga ada..

Tujuan utama RUU ini baik, buat menarik investor. Caranya? Mempermudah izin usaha.

Terus kenapa didemo? Kalo cuma sekilas baca RUU nya tanpa cari tau apa yg dihapus dan diubah, sekilas semuanya keliatan baik-baik aja, sekilas gak ada jeleknya. 

Oke, cari tau dulu apa masalahnya. Menurut gue, di Tirto ini yg paling jelas, pas gue sesuaikan dgn RUU nya juga ya emang begitu. Pokoknya jadi keliatan masalahnya di mana kalo tau apa yg dihapus dan diubah di RUU ini.

Bisa baca di sini karena kalo gue tulis di sini jadi makin panjang curhatnya -> Tirto
Masalahnya bukan cuma di Ketenagakerjaan, bukan "buruh kerja dikit maunya gaji banyak", bukan "apa lo tega abis lahiran langsung disuruh kerja?", NGGAK, bukan itu masalahnya.

Kalo yg udah baca RUU nya pasti liat hampir semua pasal diatur oleh Pemerintah Pusat. Dan yg dimaksud di RUU ini Pemerintah Pusat itu adalah Presiden, Wakil Presiden, dan para menterinya

Dan hampir semua pasal di akhiri dengan kalimat "ketentuan lebih lanjut diatur dalam Peraturan Pemerintah". Peraturan Pemerintah yg mana? Yg udah ada atau belum ada atau yg udah ada tapi akan direvisi? Gatau, di UU nya gak disebutin secara lanjut. 

Gue orang awam, gak ngerti maksud Peraturan Pemerintah yg dimaksud di UU itu.
Btw gue setuju sama akun Twitter @ Pukat_UGM yg bilang "Sentralisasi yang berlebih rentan terhadap potensi korupsi salah satunya dikarenakan akan semakin minimnya pengawasan."

Sekarang mau curhat ttg hoax yg disebar oleh orang yg terlalu kontra tapi nelen bulat-bulat atau yg disebar sama akun IG DPR (DPR bilang hoax, iya hoax, tapi mereka gak kasih tau rincinya).

1. Uang pesangon hilang?
Nggak, masih ada (pasal 156). Tapi nilainya berkurang. Dan sebagian pesangon diambil dari BPJS (berarti kudu wajib ikut BPJS Kesehatan & Ketenagakerjaan).

2. Upah per jam? 
Gak per jam juga sihh... tapi hitungannya per waktu. Dari dulu juga udah begitu kan? Gue kerja dibayarnya per bulan, jam kerja sekian jam.

3. Gak ada cuti haid, abis melahirkan, keluarga meninggal? 
Dihapus dari peraturan yg sebelumnya. Tapi diganti sama yg baru. Tetep bisa cuti kok (pasal 79).

4. Perusahaan bisa nge-PHK sepihak? Gak, ada peraturannya (pasal 90).

5. Tenaga kerja asing bebas masuk? 
Gak, semua ada aturannya. Tapi balik lagi ke pemerintah pusat. Nah masalahnya, kita kan gak tau pemerintah pusat kek gimana yekaaan. Yg ditakutkan dari ini adalah penyalahgunaan kekuatan kekuasaan oleh pemerintah pusat demi kepentingan pribadi.

6. Pekerja/buruh bisa diperas tenaganya?
RUU ini mengatur jumlah maksimal kita kerja per hari berapa jam, ngatur maksimal jam lembur juga. TAPI GAK BERLAKU buat pekerja sektor tertentu (pasal 77a ayat 3). Sektor tertentu tuh sektor apa aja? Gatau dah gue, di RUU nya cuma bilang "diatur dengan Peraturan Pemerintah".

7. Buruh pengennya duit banyak tapi males. 
Masalahnya bukan di buruh minta UMK naik. Tapi di pasal 88, UMK diatur oleh Gubernur. Jadi disamain se-provinsi, terlepas dari biaya hidup per daerah yg berbeda-beda. Coba dipikir UMK yg sekarang, UMK Karawang & Cimahi berbeda, padahal sama-sama provinsi Jawa Barat. Kalo UMK Karawang disamain dgn yg di Cimahi kan ya kita tidak mau hehe.

8. RUU ini dapat mengancam hutan Indonesia.
Menurut gue iya. Karena di peraturan yg sebelumnya, pelaku karhutla bisa dihukum bayar kerugian yg terjadi "tanpa pembuktian unsur kesalahan". Nah di RUU yg sekarang, kalimat bagian itu dihapus.

9. Gak akan ada status karyawan tetap lagi?
Ada. Tapi... Di RUU ini gak nyebutin aturan batas maksimal pekerja kontrak buat diangkat ke karyawan tetap. Jadi balik ke perusahaan masing-masing. Kalo perusahaan nya jahat ya bisa aja dijadiin kontrak terus.

10. Nelayan kecil tersingkirkan!
Nah ini gue gak paham. Kalo baca di RUU nya sih nelayan kecil gak perlu izin usaha ke pemerintah pusat.


Jadi, gue pribadi sebagai rakyat awam yg bukan ahli apa-apa, yg cuma modal baca, ngeliat RUU Ciptaker ini sebenernya bagus tujuannya, tapi masih perlu revisi karena ada beberapa pasal yg menurut gue memberatkan rakyat. Rakyat yg mana? Yg pasti bukan konglomerat, bukan pengusaha besar, bukan yg kaya raya🤣

Dah, capek curhatnya. Pokoknya sekian. Kalo ada yg baca tulisan ini sampe selesai, salut sih gue wkwk. Makasih buat yg udah baca sampai selesai
--
"ini yg lo baca bukan UU Ciptaker yg final kali."
Iya, bukan finalnya. Monmaap, finalnya bisa download di mana ya? Baleg DPR nya sendiri aja bilang masih dirapikan 🙏 .


Screen Shoot Sumber



Sumber 2



Sumber 3



sumber 0


sumber lainnya



Draft RUU yg beredar nya bisa kamu cek disini :  DRAFT RUU CIPTAKERJA

Disclaimer untuk Tulisan ini

Semua isi dari tulisan ini adalah menurut Opini Pribadi sebagai (Orang Awam) tidak ada faktor kepentingan apapun didalamnya.

Adapun jika ada materi di dalam blog ini yang mungkin ada unsur duplikasi baik berupa teks maupun gambar. Sungguh kami tidak ada niat untuk melanggar hak cipta. Semua gambar yang Anda temukan disini diyakini ada di dalam ‘domain publik‘ dan gambar bebas hak cipta.

Mengenai segala macam permasalahan yang timbul kedepannya karena ada perbedaan pendapat baik setuju atau tidak dengan tulisan ini dapat diselesaikan dengan baik secara bertanggung jawab.


Terima kasih.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anddlv dan 65 lainnya memberi reputasi
64
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Membuka RUU Cipta Kerja dari kacamata orang Awam
11-10-2020 18:22
pokoknya mahasiswa maju paling depan, membela kaum buruh
kalau ada kerusuhan, itu bukan mahasiswa, itu oknum


dah gitu terus aja sampai jadi wakil rakyat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
realhoax dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
profile picture
kaskus maniac
11-10-2020 21:39


Halah keyboard warrior buzzerp banyak bacod, udah cek fakta lapangan? Temen gue banyak yg turun aksi dan faktanya memang banyak provokator susupan.
0
profile picture
kaskus maniac
12-10-2020 01:22
@dodykn oh kirain elu yang turun, temen elu ternyata.
0
Memuat data ...
1 - 2 dari 2 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia