News
Batal
KATEGORI
link has been copied
237
Lapor Hansip
08-10-2020 06:45

Dewan Pers: Najwa Shihab tak Langgar Kode Etik Jurnalistik


Anggota Dewan Pers nilai wawancara kursi kosong tak langgar kode etik jurnalistik.

Selasa , 06 Oct 2020,
Republika/Ali Mansur
Dewan Pers: Najwa Shihab tak Langgar Kode Etik Jurnalistik

Ketua Umum Relawan Jokowi Bersatu, Silvia Devi Soembarto, melaporkan presenter kondang Najwa Shihab terkait aksi wawancara monolog kursi kosong Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto, ke Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (6/10).
Rep: Mabruroh Red: Bayu Hermawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Dewan Pers Ahmad Jauhar mengatakan, acara Mata Najwa yang mewawancarai kursi kosong saat narasumber tidak hadir, tidak melanggar kode etik jurnalistik.

Seperti diketahui, Relawan Jokowi melaporkan Najwa Shihab terkait wawancara monolog dengan kursi kosong yang dipresentasikan sebagai Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan. 

"Dewan Pers melihat fenomena Nana (Najwa) mewawancarai kursi kosong ya bagian dari kreativitas untuk menarik perhatian audiens. Nothing more," kata Jauhar kepada Republika.co.id, Selasa (6/10).

Jauhar melanjutkan, dalam pandangannya apa yang dilakukan Najwa Sihab tidak melanggar kode etik jurnalistik (KEJ). "Saya rasa tidak ada Pasal dari KEJ yang dilanggar Nana," ujar Jauhar.

Menurut Jauhar, seharusnya Relawan Jokowi sebagai pelapor berdiskusi terlebih dahulu dengan Dewan Pers sebelum melakukan pelaporan kepada kepolisian. Apalagi yang dilaporkan ujarnya, berkaitan dengan konten jurnalistik.

"Ini kan urusannya berkaitan dengan konten jurnalisme, yang seyogianya lah untuk diselesaikan di Dewan Pers. Kalau dibawa ke Polisi, terkesan mengkriminalisasi. Kan ada UU Pers No. 40/1999," jelasnya.

"Yang ngelaporin itu kurang kerjaan. Masa, sindiran terhadap tokoh publik dikriminalkan," ucapnya.

Sebelumnya, pelapor yang mengaku dari Relawan Jokowi Bersatu tiba di Polda Metro Jaya. Ketua Umum Relawan Jokowi Bersatu, Silvia Devi Soembarto mengatakan, apa yang dilakukan Najwa dengan mewawancarai kursi kosong adalah melukai relawan pendukung Jokowi. 

"Kejadian wawancara kursi kosong Najwa Shihab melukai hati kami sebagai pembela presiden. Karena Menteri Terawan adalah representasi dari presiden Republik Indonesia Joko Widodo," ujar Ketua Umum Relawan Jokowi Bersatu, Silvia Devi Soembarto, saat ditemui di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (6/10).

Najwa Sihab juga dianggap melakukan cyber bullying terhadap Menteri Kesehatan Terawan. Karena narasumber tidak hadir kemudian diwawancarai dan dijadikan parodi. Silvia menganggap parodi tersebut merupakan tindakan yang tidak boleh dilakukan kepada pejabat negara, khususnya menteri.

"Dalam KUHP Perdata dan Pidana ketika bicara dengan jurnalistik memang kami memakai UU pers tetapi juga dilaporkan secara perdata dan pidana melalui pengadilan atau kepolisian. Ketika sama-sama mentok kita ke dewan pers, untuk meminta arahan," terang Silvia.***

https://republika.co.id/berita/qhs3e...ik-jurnalistik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 32 lainnya memberi reputasi
33
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Dewan Pers: Najwa Shihab tak Langgar Kode Etik Jurnalistik
08-10-2020 07:39
gak melanggar cuma begok aja bangku diajak ngomong.. narsum gak punya kewajiban harus dateng ke acara ukhty.. ini lebih ke pelecehan personal daripada kode etik jurnal..
emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kuyakzzz dan 41 lainnya memberi reputasi
0 42
-42
profile picture
newbie
08-10-2020 08:08
begok? ngerti satire ngga gan? situ lebih pinter dr najwa?
1
profile picture
aktivis kaskus
08-10-2020 08:33
Nah, spesialis kamikaze..
20rb dari kakak pembina..
emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk
3
profile picture
kaskuser
08-10-2020 09:43
nah gitu donk, dungu nya dipamerin...
1
profile picture
kaskus addict
08-10-2020 10:10
nah akhirny muncul satu
dibayar berapa bre?
2
profile picture
KASKUS Plus
08-10-2020 10:14
Untuk negara2 yg udah maju, kehidupan demokrasi udah jauh lebih mateng dan penguasa gak diupja-puji terus. PM Inggris skr juga pernah jadi "kursi kosong" di salah satu interview BBC

https://www.standard.co.uk/news/politics/boris-johnson-andrew-neil-general-election-a4306081.html
2
profile picture
kaskus maniac
08-10-2020 11:30
Kursi kosong itu biadab ya bray,laporkan!!!!
0
profile picture
08-10-2020 12:49
narasumber di panggil atau diundang secara etikanya ya harusnya dateng dong,,,,, kalo ga merasa ga ada apa2 knapa ga dateng ????? eh lo di bayar brapa jadi buzzer ?
0
profile picture
kaskus addict
08-10-2020 12:52
Kok ga dibilang penistaan menteri ya.. biar imbang gitu
1
profile picture
kaskuser
08-10-2020 12:57
@heseeuy hahahahha
1
profile picture
08-10-2020 14:19
mantap, kasih dia nasi kotak, kalau mau dapet bonus sepeda suruh sebut 5 nama ikan.
0
profile picture
kaskus addict
08-10-2020 14:25
anak didik si desi nih
taik emang
1
profile picture
08-10-2020 14:25
Laper bong?
0
profile picture
kaskuser
08-10-2020 14:26
ceby dah bayaran ya? semangat amat
1
profile picture
kaskus addict
08-10-2020 14:38
Kalo sebaliknya, bilangnya DI-ZHOLIMI ya, gan.
0
profile picture
aktivis kaskus
08-10-2020 16:20
anak anak babik kefanasan emoticon-Imlek
0
profile picture
kaskus addict
08-10-2020 16:22
Sekolah yang lebih tinggi lagi bong biar jadi kodok kyk baginda ente
0
profile picture
kaskus addict
08-10-2020 16:23
@invasion.91 jangan nangis ya
0
profile picture
aktivis kaskus
08-10-2020 16:23
makin kefanasan makin kelihatan kedunguan anak anak babik enih
emoticon-Ngakak
emoticon-Imlek
0
profile picture
aktivis kaskus
08-10-2020 16:24
dah demo buruh lagi aja sana anak anak babik komunis sapa tau dafat nasbung isi jengkol
emoticon-Imlek
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Memuat data ...
1 - 20 dari 22 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia