News
Batal
KATEGORI
link has been copied
299
Lapor Hansip
28-09-2020 00:12

Mesin Terlalu Panas, Minibus Wuling Terbakar Hebat di Tol Gempan

PASURUAN - Sebuah minibus terbakar hebat di Kilometer (Km) 49.400 Tol Gempol-Pandaan (Gempan) di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu (26/9/2020) malam. Sumber api diduga kuat berasal dari panas mesin mobil. Beruntung, peristiwa nahas ini tidak menimbulkan korban jiwa maupun luka-luka.

Peristiwa tersebut terekam vidio amatir milik salah satu warga. Dalam video terlihat api berkobar melumat minibus Wuling yang dikendarai Beni Hartono Santoso (37), warga Kapasari, Kota Surabaya. (BACA JUGA:Bersenjata Lengkap Polisi Bubarkan Pesta Nikah di Maumere)

Informasi yang diperoleh menyebutkan, sebelum peristiwa itu terjadi, minibus Wuling nahas tersebut melaju dari Surabaya menuju Malang atau dari arah utara ke selatan. (BACA JUGA:2 Sepeda Motor Tabrakan, 1 Pengendara Tewas di Tempat)


Sesampainya di lokasi kejadian, teperatur mesin minibus tersebut tinggi. Korban Beni menepikan kendaraannya di sisi jalan tol. Tiba tiba muncul percikan api dari mesin dan menyambar ke bahan bakar. Akibatnya, minibus tersebut ludes dilalap si jago merah.

"Beruntung, Beni, sopir, dan seorang penumpang minibus berhasil menyelamatkan diri sebelum api semakin besar," kata petugas Sentral Komunikasi (Senkom) Tol Gempan Rifky Ferdiansyah. (BISA DIKLIK:Pelaku Pungli Ditembak Mati Polisi, Warga Blokir Jalinsum)

Akibat kejadian tersebut, arus lalu lintas di Tol Gempan dari Pandaan menuju Malang, mengalami kemacetan, sebelum akhirnya api berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran yang datang ke lokasi kejadian.

https://daerah.sindonews.com/read/17...m_source=Opera

Katanya mau bersaing dengan Mobil Jepun... kenyataannya digeber malah Kebakaran...

Ayo pembela ploduk2 mengleng masuk... Pantesan Pakistan gak mau mesin pespur JF-17 (mesin Rusia) nya diganti pake mesin pespur bikinan RRC
😁😁😁
profile-picture
profile-picture
profile-picture
billy227extreme dan 52 lainnya memberi reputasi
29
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Mesin Terlalu Panas, Minibus Wuling Terbakar Hebat di Tol Gempan
28-09-2020 00:29
Pernah kejadian boil sodara (avanza seri awal sekali) fan radiatornya mati n indikasi suhu air radiator mentok kanan, lampu indikator overheat nyala, lampu indikator check engine nyala, RPM ga mau naik seperti dibatesin dari ECU, setelah engine dimatiin ga bisa nyala lagi selama indikator2 td masi nyala.
Lah ini boil cinak langsung kebakar ae, brarti bukan overheat tapi emang bocor aja line bahan bakarnya, lah kalo line bahan bakar bocor napa ECU ga otomatis nahan RPM biar mobilnya melambat dan akhirnya diberhentiin ama pengendara....oiya boil cinak ya, mana mikir kesana mereka.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kevingiovany dan 48 lainnya memberi reputasi
43 6
37
profile picture
aktivis kaskus
28-09-2020 08:26
yang penting murah bray.... emoticon-Big Grin
2
profile picture
kaskus maniac
28-09-2020 09:01


Belum kepikiran kesana mgkn.paling ntr ohh iya yaaa.lupa.. ntr bikin lg deh tambahin di seri brikutnyaemoticon-Malu
0
profile picture
kaskus maniac
28-09-2020 10:32
Kadang kalau air radiatornya habis, itu bisa juga jadi kebakaran. Karena saking panasnya, selang bahan bakarnya jadi kalah.
Plus jangan lupa, tabiat orang Indonesia yang suka main bendeng. Mungkin ada safety yang dibendeng ...
3
profile picture
kaskus maniac
28-09-2020 20:08


kalo line BB keknya ga sampe sana bro..Kalo line BB , kemungkinan mesin mati kekurangan BB nya..tapi ntahlah . blm pernah buka mesin ni mobil..ga tertarik juga maen mesin ginian emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskus maniac
28-09-2020 20:19
[mention]dam.dom[/mentionKalau mesinnya keluaran terbaru, kalau nggak salah juga sudah sistim elektronik/digital juga.
Plus satu lagi mungkin, yang mungkin perlu diperhatikan terkait kepanasan itu ... Kabel listrik ..., kalau ada yang tidak rapi dan keleweran 'nempel mesin, kemungkinan short circuit bisa terjadi. Susahnya mendeteksi kalau dalam keadaan jalan, kalau sekringnya itu nilainya besar, itu tidak akan langsung putus. Tapi bisa bikin akinya yang panas, dan bisa aja kemudian terbakar. Walau kasus beginian mungkin jarang terjadi ...
3
profile picture
kaskus maniac
28-09-2020 20:22
@bingsunyata iya..ini salah satu alesan ane ga tertarik buat wulling.. Full digital..lebih rentan short. apalagi kalo pake low quality material. Serem amat..
0
profile picture
kaskus addict
29-09-2020 07:06
Mobil jepang atau mobil mahal juga banyak yg kebakar gan, lambo aja yg mahal bgt ada yg kebakar juga dijalan. Yg penting mah pada selamet dan pabrikan nya mao tanggung jawab.
1
profile picture
kaskus maniac
29-09-2020 08:15
Kenapa kalo mobil china yg kebakar trus langsung keluar kalimat "yah wajar buatan china"

Emang selama ini pada tidur di goa. Udah hampir semua merek pernah kebakar di jalanan Indonesia (entah karena apa) bahakn lamborghini aja juga pernah.

China itu bisa jadi produsen sukses karena produk nya komplit, mengikuti selera konsumen nya. Konsumen duit dikit, mereka ada produk yg murah2. Kalo yg duit banyak, juga punya produk premium
2
profile picture
kaskuser
29-09-2020 09:05
@maya.asar seakan2 yg namanya dari China gak ada yg bagus ya gan,,emoticon-Hammer2
0
profile picture
kaskus addict
29-09-2020 11:09
@dam.dom @bingsunyata bener gan full digital dengan kualitas low. Rawan tingkat tinggi. Masih mending kalau full mekanik. Paling banter macet mesinnya/ambrol ga sampe kebakar.
0
profile picture
kaskus maniac
29-09-2020 11:22
Kalau masalah kualitas, jangan dilupa ... mereka membuatnya dalam kondisi seperti apa.
Ketika itu dibawa masuk ke Indonesia, karena beda iklim, mungkin perlu ada kalibrasi.
...
Kalau terbakarnya itu betul karena kepanasan ...
Terrmometer digital, entah untuk mesin atau udara pada ruang mesin atau keduanya, atau mungkin bisa juga ditambahkan pada bagian aki juga. Berfungsi sebagai alat sensor, dan bila mencapai state tertentu, output berupa buzzer akan berbunyi atau lampu indikator akan berkedip, (sehingga memungkinkan untuk meminggirkan kendaraan). Dan jangan dibending kalau itu kemudian dipakai sebagai salah satu fitur safety. emoticon-Big Grin
2
profile picture
kaskus maniac
29-09-2020 20:56
Nice info...
0
profile picture
kaskus maniac
30-09-2020 07:14
@nyonyo2 Pada jenis mesin yang generasi terbaru, peng-up grade-an dibandingkan dengan yang generasi lawas ada pada upaya peningkatan efektifitas proses pembakaran. Dimana dampak yang diinginkan selain lebih irit, itu juga untuk mengurangi jumlah polutan tertentu yang timbul dari bbm yang tidak terbakar sempurna saat proses.

Tapi ketika terjadi peningkatan efektifitas pembakaran, maka .. itu akan menyebabkan temperatur pada mesin akan ikut naik. Beda dengan komputer yang sistim pendinginannya masih terus diupayakan untuk ditingkatkan dengan berbagai metoda, pendinginan pada kendaraan, masih cenderung "begitu-begitu aja".
Masih mengandalkan pendinginan udara dan radiator.
Pengembangan tehnologi terkait itu, mengiringi efektifitas proses pembakaran adalah penggunaan coolant yang sesuai-memadai. Sejauh ini saya belum mengetahui apakah ada tipe-tipe coolant yang khusus/spesial untuk jenis kendaraan bersangkutan (jenis sport, jenis heavy duty, etc)
Lha itu juga jangan disepelekan.
Kalau dalam keadaan darurat, dan kemudian harus pakai air botolan aja, kiranya kendaraan yang bersangkutan .. tidak dipacu dengan persepsi bahwa kendaraan itu sedang berada dalam keadaan normal.
1
profile picture
kaskus maniac
30-09-2020 07:25
Tq 4 info...
0
profile picture
kaskus maniac
30-09-2020 08:27
@bingsunyata hala panjang2 amat bre. Api muncul kalo segitiga api tersedia, sumber panas dari engine ya ruang bakar (head) itupun sepanas2nya head boil keluarga masi belum nyampe ke flash point material disekitar head tsb....kecuali emang ada bahan bakar yg bocor.
Titik lemahnya ya di bodi injektor, tu bodi injektornya pake material fire retardant pa kaga...kalo dari kejadian ini (ga ada tabrakan, ga ada deformasi material) ya artinya material seputar bahan bakarnya pake bahan murahan. Ya kalo ga gini gimana bisa murah harga boilnya bre....murah dan murahan itu beda, dlm kasus boil cinak, mereka masuk kategori murahan. Barang cinak yg woke tu elektronik, karna supply chain mereka efisien. Tapi kalo soal kendaraan....ya kek bus cinaknya ahok dulu aja, diluar keren, eh tiba2 kebakar.
0
profile picture
kaskus maniac
30-09-2020 08:42
@mang.jebot trus analisa lu soal banyak mobil jepang yg krbakar juga gimana bre, dan mereka pabrikan top juga? Apakah ini termssuk di katakan murahan?

Kalo mobil lamborgini yg kebakar gimana tuh? Apa termasuk kategori murahan?
0
profile picture
kaskus maniac
30-09-2020 09:02
@maya.asar supercar emang panas enginenya tinggi, wuling ampas kok disandingin ama supercar.
Soal boil jepun kebakar sendiri...mnta contoh kasus deh boil tahun muda yg kebakar sendiri tnpa kecelakaan sebelumnya.
-1
profile picture
kaskus maniac
30-09-2020 09:30
@mang.jebot Bre, lu minta contoh mobil jepang taun muda kebakar? Klo dak salah ada tuh yg post di post nomer dua banyak klipingan. 😊

Gw kagak bandingin lambo ama wuling, cuma menanyakan kembali statemen lu yg ngomong murahan itu loh
2
profile picture
kaskus addict
30-09-2020 09:37
@mang.jebot



Mesin Terlalu Panas, Minibus Wuling Terbakar Hebat di Tol Gempan

Mesin Terlalu Panas, Minibus Wuling Terbakar Hebat di Tol Gempan

Digoogle banyak gan, ketik aja.


Lah wong gw penah pakai honda baru,jalan2 santai di taman mini, overheat, ngebul. sampe di semprot APAR sama security. Buka wawasan lah gan, jangan kbawa merek.
1
profile picture
kaskus maniac
30-09-2020 09:42
[mention]dani_phenom[/mention] yah itu, bre. Udah mindset ke setting bahwa "buatan china" jelek. Makanya semua jadi salah.

Di jalanan Indonesia entah kenapa sering banget mobil kebakar, mungkin karena overheat sering jalan pelan karena macet. Dan juga modifikasi kelistrikan yg buruk.
1
Memuat data ...
1 - 20 dari 29 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia