Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
85
Lapor Hansip
27-09-2020 17:35

Konstruksi Rel Riggenbach, Cara Belanda Mengakali Lembah di Sumatera Barat

Konstruksi Rel Riggenbach, Cara Belanda Mengakali Lembah di Sumatera Barat
Selamat pagi, siang, malam dimanapun agansis berada 

emoticon-welcomeemoticon-welcome emoticon-welcome

Agansis semua pasti sudah tidak asing lagi mendengar kereta api, kebanyakan rel kereta api yang kita temui selama ini pasti kebanyakan datar kayak dibawah ini...
Rel Kereta Api Datar

Tapi tau gak agansis, di Indonesia terdapat rel kereta yang konstruksinya bergerigi. ah yang bener gan, masa iya emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)


Konstruksi Rel Riggenbach, Cara Belanda Mengakali Lembah di Sumatera Barat

Kondisi daerah Sumatera Barat yang berupa lembah dan perbukitan membuat pemerintah Belanda menggunakan teknologi yang sedikit berbeda daripada biasanya, yaitu menggunakan Konstruksi Riggenbach, Konstruksi Riggencah sendiri yaitu sistem rel kereta gerigi yang dikembangkan oleh konstruktir  asal Swiss Niklaus Riggenbach pada tahun 1817-1899. Rel kereta bergerigi ini hanya terdapat 2 di Indonesia, di Ambarawa dan Sumatera Barat. Rel ini dapat kita jumpai di atas jalan Raya Padang-Bukittinggi.

Pada zaman pemerintahan Belanda, setidaknya di Sumatera Barat terdapat 2 model jenis rel kereta yang digunakan yaitu rel biasa (adhesi ban)dan rel bergerigi (tandrad ban).  Pada jalur kereta api di Sumatera Barat, setidaknya ada total 33,8 km rel bergerigi yang membelah lembah anai sampai Danau Singkarak. 
Rel Bergerigi





Rel tersebut dilalui oleh salah satu jembatan yang terkenal di Sumatera Barat yaitu Jembatan Lembah Anai, bagian bawah jembatan dengan konstruksi beton ini memiliki bentuk setengah lingkaran yang berfungsi sebagai penampang.

Jembatan sudah terdaftar sebagai salah tinggalan cagar budaya ini memiliki panjang 85 meter, tinggi 14,75 meter dan lebar bagian bawah sepanjang 5 meter.
Jembatan Lembah Anai

 
Namun rel kereta tersebut pada saat ini sudah tidak aktif lagi, karena jalur kereta api tersebut sudah lama tidak aktif, disamping itu kondisi gerigi yang sudah tidak layak untuk digunakan. 

Masyarakat Sumatera Barat banyak berharap rel ini dapat diaktifkan kembali, selain dapat menjadi destinasi wisata karena alam nya yang indah, rel ini juga dapat diharapkan dapat menyambung antar satu kota dengan kota lainnya di Sumatera Barat.

Terimakasih sudah mampir

Jangan lupa

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star



Diubah oleh aldo.salam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Konstruksi Rel Riggenbach, Cara Belanda Mengakali Lembah di Sumatera Barat
27-09-2020 17:39
Drpd nganggur dikilo aja bre emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gojek24jam dan 2 lainnya memberi reputasi
0 3
-3
profile picture
Aktivis Reg. Minangkabau
27-09-2020 17:41
Auto kaya dah emoticon-Leh Uga
0
profile picture
KASKUS Plus
28-09-2020 22:27
Dikiloin juga mikir mikir tuh om pengepulnyaemoticon-Big Grin
Kan ada undang undangnya kalo jual besi rel kereta.

Ditempat saya juga banyak bekas rel kereta ginian, temen pernah nyuri dan di jual di "jual-beli besi tua"

Gak ada yang mau nerima tuh merekaemoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskus freak
28-09-2020 23:31
@lapar.bang eh enak bisa makan gratis lho












Di prodeo emoticon-Ngakak
0
profile picture
Aktivis Reg. Minangkabau
29-09-2020 00:31
@lapar.bang baru tau dah kalau ada UU yg ngaturnya paman, pengetahuan nih, kali aja besok kefikiran buat nyuri besi rel kereta emoticon-Ngakak
0
Memuat data ...
1 - 4 dari 4 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia