News
Batal
KATEGORI
link has been copied
231
Lapor Hansip
26-09-2020 20:43

Tanpa Peran Soeharto, Indonesia Sudah Jadi Negara Komunis

Nasakom adalah sebuah gagasan populer yang tak pernah dilupakan oleh sejarah Indonesia. Nasakom singkatan dari Nasionalis, Agama dan Komunis. Penggagasnya adalah presiden Soekarno.

Memang terkesan aneh. Indonesia berideologi Pancasila dengan sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa. Beda dengan komunisme, sebuah ideologi trans-nasional anti terhadap Tuhan yang pernah diberi ruang untuk hidup di negara Pancasila ini. Ada kesan dipaksakan.

Pancasila itu dasar utamanya Ketuhanan, sementara komunis itu anti Tuhan. Dua ideologi yang bertolak belakang, tapi dipaksakan untuk bersatu. Pada akhirnya, tak bisa bersatu juga.

Tahun 1948 PKI melakukan pemberontakan. Tapi gagal. Tahun 1965, ketika Presiden Soekarno sakit-sakitan dan dianggap sudah mulai uzur, PKI mengulang lagi pemberontakan yang kedua kalinya. Dalam pemberontakan kali ini, sejumlah Jenderal Angkatan Darat yang selama ini dianggap menentang PKI, dibantai. Mereka dibunuh dan mayatnya dibuang di sumur wilayah Lubang Buaya.

Lepas dari kontroversinya, banyak bukti dan saksi terpercaya yang membenarkan sejarah pemberontakan dan kekejaman PKI. TNI dan umumnya umat Islam meyakini kebenaran peristiwa ini.

Dalam waktu yang tak begitu lama, tampillah seorang Mayor Jenderal Soeharto, Pangkostrad saat itu, yang tak diperhitungkan oleh PKI. Dalam situasi nasional yang kacau balau, Soeharto mendapat mandat dari Soekarno untuk mengatasi dan menormalkan kembali situasi keamanan nasional saat itu. Mandat itu kemudian dikenal dengan Supersemar.

Langkah paling penting yang ditempuh Soeharto adalah membubarkan PKI. Meski Soekarno seperti merasa kecolongan. Langkah pembubaran PKI di kemudian hari ditindaklanjuti dengan keluarnya TAP MPRS No 25 Tahun 1966. Inti dari TAP MPRS itu adalah tidak memberi ruang kepada paham Komunisme, Marxisme dan Leninisme hidup di Indonesia. Artinya, PKI dimatikan.

12 Maret 1967, ketika Soeharto diangkat menjadi presiden melalui sidang MPRS, ia kemudian membuat keputusan fundamental. Soeharto melarang seluruh keluarga, anak turunan dan semua yang memiliki hubungan dengan PKI menjadi bagian dari pengelolaan negara. Mereka tak boleh menjabat apapun di negara ini. Tidak boleh jadi tentara, polisi, PNS, pemimpin daerah, anggota DPR dan semua jabatan kenegaraan lainnya.

Atas keputusan tegas dan konsistensi kebijakan yang diambil Soeharto sebagai kepala negara saat itu, telah berhasil mematikan peran PKI. Dengan didukung oleh TNI, terutama Angkatan Darat, maka Soeharto betul-betul membuat PKI tiarap. Satu generasi PKI mati.

Di masa Orde Baru, PKI tak bisa bernapas. Seluruh keluarga, anak cucu dan kelompok yang pernah punya hubungan dengan PKI terpantau. Soeharto sukses mengebiri seluruh kekuatan PKI.

Dengan kata lain, Soeharto berhasil menyelamatkan Pancasila dari PKI yang berupaya menggantinya dengan komunisme. Jika PKI bilang bahwa komunisme itu pro Pancasila, atau tidak bertentangan dengan pancasila, secara ideologis itu tidak bisa diterima akal. Karena Pancasila berbasis pada Ketuhanan Yang Maha Esa, sementara komunisme itu anti Tuhan.

Jika konsep “Eka Sila” ingin ditawarkan di Indonesia, maka harus memiliki arti Ketuhanan Yang Maha Esa. Diambil dari Sila pertama Pancasila. Bukan gotong royong atau yang lain.

Pancasila menjadi tempat bersemai semua agama dan pemeluknya di Indonesia. Sementara PKI tak bisa hidup dalam satu ideologi dengan masyarakat beragama. Akan selalu terjadi benturan ideologis. Pemberontakan Tahun 1948 dan Tahun 1965 adalah bukti benturan ideologis yang dibungkus dan dinarasikan dalam perebutan kekuasaan politik. Pemberontakan PKI ini sesuai dengan fitrah komunisme yaitu revolusi.

Kalau boleh kita berandai-andai, jika tanpa Soeharto yang dengan sangat tegas dan disiplin menjaga Pancasila dari ancaman PKI selama 32 tahun masa kekuasaannya, mungkin sekarang ini Indonesia sudah jadi negara komunis.

Kesimpulan ini tidak terlalu berlebihan, mengingat PKI pernah menjadi partai besar, punya kekuatan sosial dan dukungan internasional, serta memiliki pendukung yang solid dan militan. PKI punya pasukan berani mati.

Jika PKI terus dibiarkan bergerilya dan pada akhirnya berhasil menguasai Indonesia dengan cara revolusi, maka Indonesia bukan hanya berideologi Nasakom, tapi akan jadi negara komunis. Disinilah langkah tegas Soeharto terhadap PKI sangat tepat. Situasi obyektif saat itu memang menghendaki untuk diambil ketegasan itu.

Lepas apapun kekurangan dan pro-kontra terkait Orde Baru, Soeharto adalah orang yang paling berjasa menyelamatkan Indonesia dari komunisme.

https://mudanews.com/politik/2020/09...egara-komunis/

Benarkah demikian ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 9 lainnya memberi reputasi
8
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Tanpa Peran Soeharto, Indonesia Sudah Jadi Negara Komunis
26-09-2020 20:50
Hmmm...

Tanpa Peran Soeharto, Indonesia Sudah Jadi Negara Komunis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
profile picture
kaskus maniac
26-09-2020 20:54
Ni salah satu antek2 pki/komunis gaya baru, percaya dengan penggiringan opini. Buku2 yg dibaca adalah dari aidit, muso, subandrio. Itu semua bualan komunis, tolol aja percaya dengan pengkhianat2 bangsa itu.
0
profile picture
kaskus geek
26-09-2020 20:57
@Aparatkaskus Iya.. iya.. Pokoknya komunis itu bahaya banget dah. Saat ini hampir mayoritas dunia berpaham komunis dan membuat suasana mencekam. Waspada ya!
3
profile picture
kaskus maniac
26-09-2020 20:58
Kalau ga suka dengan NKRI berasas pancasila sebaiknya tidak usah hidup di bumi Indonesia!
0
profile picture
kaskus geek
26-09-2020 21:03
@Aparatkaskus Yoi, Pancasila sudah terbukti 75 tahun cocok dengan Indonesia. Bukan komunis. Bukan kilapah.
1
profile picture
kaskus maniac
26-09-2020 21:22
Ga ad ideologi yg diterapkan dg benar di dunia krn manusia yg menjaankannya.

Nah, kalo situasi sama" buruk ane pilih demokrasi.
2
profile picture
kaskus maniac
26-09-2020 22:02
Rupanya Suharto dekat dengan tokoh tokoh kuminis
2
profile picture
kaskus addict
26-09-2020 22:12
Oh c'mon PKI atau Suharto yg menang keduanya mungkin melahirkan diktator

Tapi satu yg pasti apakah Soeharto diktator ?

Neo orba kah yg sekarang mo bangkit.

Krn kita tau PDIP sekarang lekat dengan image Soekarno gw ga bilang PDIP bagus tp itu image yg mereka dapat ,sekarang image itu mo digeser ke cap komunis.
2
profile picture
kaskus freak
26-09-2020 22:20
emoticon-army
1
profile picture
kaskus maniac
26-09-2020 22:27
@kulasaat
Tudingan komunis k pemerintah oleh om gatot sebenernya ga slh.
Mengedepankan keadilan sosial yg berbau sosialisme, dikit" wong cilik jargonnya. Namun pelaksanaannya , aparat hukum n pejabat byk ngebanyol , penegakan hukum hanya k org kecil atau ga ad koneksi, atau lawan politik, ga boleh hina pejabat, yg terparah HP dihack n buat chat berbahaya lalu ditangkap . .
Ini modus operandi mirip" d china . .
0
profile picture
kaskus geek
27-09-2020 01:37
@kulasaat Sangat diktator.
0
profile picture
kaskus maniac
27-09-2020 05:16
komunis pake acara meleduk disertai password kagak? emoticon-Big Grin
0
profile picture
kaskus geek
27-09-2020 06:19
@antiketek
yg itu mah ulah si anak pembantuemoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskus addict
27-09-2020 07:18
@eddy03
Namanya partai menjual nama rakyat atau umat, kaget gw kalo ada partai kamapanye bilang kami akan mendukung orang kaya untuk tetap kaya.

Mo Amerika Rusia Jepang Cina

Pemerintah pasti ngintai

Btw kalo mo single partai kek komunis gw jamin g bakalan bisa kecuali mo make teknik orba mungkin bisa bikin 3 partai tapi selalu 1 yg menang
2
profile picture
kaskus geek
27-09-2020 14:16
@kulasaat kampanye si Trump kebetulan begitu, mendukung orang kaya yg businessman salah satunya menolak soal kenaikan pajak buat orang kaya...
0
profile picture
kaskus addict
27-09-2020 14:57
@nowbitool anda benar sekali, tapi scope pajak nya luas PPh kalo g salah yang mana berpengaruh juga untuk karyawan plus bukan itu saja dia mencoba menggairahkan produk dalam negeri sehingga membuka lapangan kerja goalnya kan kesejahteraan dari lini paling atas sampai bawah.

Isu kek gt sulit buat diindo karna angka kemiskinan lumayan dan angka yang pengen dianggap miskin juga banyak
1
profile picture
kaskus geek
27-09-2020 21:26
Ane sih ngakak pas nonton pengakuan pentolan pki yg masih idup di yutub.
Contohnya ada mantan anggota cakra yang malah nyalahin para jendral.
Knapa nggak nurut pas dijemput.
Adalagi yg kocak nyalahin pak harto, akibat hidupnya jadi blangsak.
Kocak dah.
Bloon nya diborong sendiri
1
profile picture
kaskus maniac
27-09-2020 21:28
@anti.suap sebenere org2 yg masih denial bahwa pki terlibat itu adalah antek pki/komunis itu sendiri. Kebanyakan mereka ateis. Fakta sudah jelas2 mengungkap g30s adalah perbuatan pki. Klir disitu. Kalau masalah harto trus jadi presiden, supersemar, itu crita lain lagi.
0
profile picture
kaskus geek
27-09-2020 21:33
@Aparatkaskus si aidit aja mencla mencle. Disatu sisi ga mengakui kalau g30s itu perbuatan pki. Tapi nuduh ada dewan jendral.

Sepertinya memang sop nya begitu, bikin bingung lawan. Fitnah sana sini, nuduh sana sini. Habis itu denial emoticon-Cape d...
1
profile picture
kaskus maniac
27-09-2020 21:37
@anti.suap pki itu cerdas2 orangnya dalam berpolitik. Bagi yg ga ati2 bisa terbuai omongannya. Anehnya si ribka ciptaning bisa2nya bikin buku bangga jd anak pki. Keknya negara ini dah mulai lupa sejarah. Bisa2 terulang kejadian jahannam taun 65 itu
0
profile picture
kaskus geek
27-09-2020 21:41
@Aparatkaskus cuma memang namanya pki di Indonesia nasibnya selalu apes.
Petinggi nya nasibnya pasti kagak jelas kuburnya.
Ya kalau mau nasibnya mati kagak punya kubur silahkan cebong disini bangkitin pki.
Paling usianya pendek emoticon-Big Grin
1
Memuat data ...
1 - 20 dari 24 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia