News
Batal
KATEGORI
link has been copied
170
Lapor Hansip
21-09-2020 08:26

Syekh Ali Jaber Ajak Para Dai Tak Salahgunakan Ruang Dakwah

Syekh Ali Jaber Ajak Para Dai Tak Salahgunakan Ruang Dakwah Ali Saleh Mohamad Ali Jaber (Foto: Lintang Jati Rahina / 20detik)

Jakarta - Indonesia memberikan kesempatan yang luas kepada para dai untuk berdakwah. Indonesia juga menyediakan banyak kenikmatan dibandingkan dengan kehidupan di negara-negara lain. Setiap pemerintahan di Indonesia memperhatikan kehidupan beragama masyarakatnya. Majelis taklim tumbuh subur, masjid, dan musala di mana-mana.

"Di sini aman, nyaman, kebebasan berpendapat terjamin dengan baik. Jadi tinggal kita para dai memanfaatkan, dan jangan sampai menyalahgunakannya," kata Ali Saleh Mohammed Ali Jaber kepada tim Blak-blakan detik.com saat ditemui di kediamannya, Minggu pagi (20/9/2020).

Hafiz quran dan penceramah kelahiran Medinah itu menjadi perhatian publik setelah ditusuk Alpin Andrian saat tengah menyampaikan tausyiah di Lampung, Minggu (13/9/2020). Meski harus mendapat sepuluh jahitan di bagian lengan kanannya, semangat dakwah Syekh Ali Jaber tak surut. Setelah sehari beristirahat di Jakarta dan menerima sejumlah pejabat yang membesuknya, dia kembali berdakwah ke Malang dan Jember di Jawa Timur, dan Indramayu - Jawa Barat.

"Saya cukup lebih berhati-hati saja, bukan saya tidak punya takut. Kalau tidak (punya) takut itu malah harus diperiksa jiwanya," Syekh Ali Jaber berseloroh.

Ia mengajak para dai di tanah air untuk memanfaatkan kondisi dan berbagai fasilitas yang ada dengan menyampaikan pesan-pesan dakwah yang baik. Materi dakwah yang dapat menyatukan umaro (pemerintah) dan ulama, bersinergi.

Sebagai ulama, kata Ali Jaber, tak mungkin terbebas dari kekurangan dan kesalahan, demikian juga pemerintah. Karena itu daripada terus-menerus mempersoalkan kekurangan alangkah baiknya juga membahas dan menghargai hal-hal positif.

"Dari para pejabat, pemerintah, ulama saya yakin punyak banyak hal positif. Kenapa kita cuma melihat kekurangan dan yang negatif saja?," ujar Ali Jaber.

Kalau kita semua fokus mensyukuri nikmat, ia melanjutkan, kita tidak akan punya waktu untuk melihat kekurangan. "Sayangnya di antara kita seringkali lupa bersyukur dan lebih suka mengkritisi kekurangan," imbuhnya.

Selain bicara seputar prinsip-prinsip dakwah yang dijalaninya selama 12 tahun di Indonesia, Syekh Ali Jaber juga mengisahkan latar belakang pengetahuan dan ketertarikan dirinya dengan Indonesia. Dia juga ternyata tak cuma mumpuni di ruang dakwah, juga mahir dan cekatan di ruang dapur. "Kalau sedang dakwah saya dipanggil Syekh Jaber, tapi saat memasak di dapur saya Chef Jaber," ujarnya tertawa kecil.
Selengkapnya, saksikan Blak-blakan Syekh Ali Jaber, "Jangan Salahgunakan Ruang Dakwah" di detik.com, Senin (21/9/2020).

SUMBER


Tuh dengerin.. yg ngomong seorang ulama hafiz qur'an dan orang arab asli lho.. emoticon-Malu (S)

Quote:“Barangsiapa yang ingin menasihati penguasa, janganlah ia menampakkannya terang-terangan. Akan tetapi hendaklah ia meraih tangan sang penguasa, lalu menyepi dengannya. Jika nasihat itu diterima, maka itulah yang diinginkan. Namun jika tidak, maka sungguh ia telah melaksanakan kewajiban (menasihati penguasa).”[HR. Ibnu Abi ‘Ashim dalam As-Sunnah dari ‘Iyadh bin Ganm -radhiyallahu’anhu-. Hadits ini di-shahih-kan oleh Asy-Syaikh Al-Albani –rahimahullah- dalam Zhilalul Jannah, (no. 1096)]


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr7
profile-picture
profile-picture
profile-picture
str901 dan 63 lainnya memberi reputasi
60
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Syekh Ali Jaber Ajak Para Dai Tak Salahgunakan Ruang Dakwah
21-09-2020 08:42
Syekh Al Jaber ini lebih pantas disebut imam besar dibanding si pesek..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
swalowww dan 31 lainnya memberi reputasi
31 1
30
profile picture
aktivis kaskus
21-09-2020 09:06
Yg itu mah butuh baliho biar ada legitimate sbg org besar
5
profile picture
aktivis kaskus
21-09-2020 10:32
setuju, apa yg dilihat 212 dr dia yg mengujar kebencian, tutur kata kasar padahal ada yg pure mengikuti jejak nabi ini..
emoticon-Cape d... emoticon-Hammer2
3
profile picture
kaskus freak
22-09-2020 07:52
@Org.sembarangaN tepatnya butuh baliho ama massa bray emoticon-Leh Uga
0
profile picture
aktivis kaskus
22-09-2020 08:06
@Org.sembarangaN balihonya ada di sepanjang jalan gua pulang dari kantor emoticon-Cape d...
1
profile picture
kaskus addict
22-09-2020 08:22
@botol.mijon @Org.sembarangaN jadi makin sayang kan Gan, diliat tiap hari😂
0
profile picture
kaskus addict
22-09-2020 08:24
@Org.sembarangaN @botol.mijon dicopot aja gan kalo mengganggu ruang publik
0
profile picture
kaskus maniac
22-09-2020 08:29
Kayak mau kampanye aja pasabg balihoemoticon-Ngakak
0
profile picture
aktivis kaskus
22-09-2020 09:03
@Org.sembarangaN @erinbronkovic gua mah ga ngerasa keganggu, ga peduli juga
cuma satu hal yang gua pikir, ini baliho bayar pajak nggak ya? biasanya kalau bayar pajak, di balihonya dikasih tanda lunas pajak, nah kalau nggak bayar pajak kok ga dicabut sama pol pp
0
profile picture
aktivis kaskus
22-09-2020 09:05
@Org.sembarangaN @Jamaludin45 pedih cuy lihat desain balihonya 😂
kurang keren soalnya desainnya 😂
0
profile picture
kaskuser
22-09-2020 09:20
@Org.sembarangaN @erinbronkovic @botol.mijon kalo dicabut kan tau sendiri nnt kek mana pendukungnyaemoticon-Takut
0
profile picture
KASKUS Plus
22-09-2020 10:00
setuju,,tapi ulama seperti beliau gak akan mau dijadikan imam besar atau apalah itu.
krna ulama ini yang sebenar2nya ulama yg gak butuh pengakuan manusia,gak butuh kemewahan dan kekuasaan.
1
profile picture
kaskus addict
22-09-2020 11:36
@botol.mijon pajak bagi mereka harom gan emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskuser
22-09-2020 12:23
Wkwkwkwkwk setuju ane emoticon-Ngakak
0
profile picture
KASKUS Plus
22-09-2020 12:32
@botol.mijon @Org.sembarangaN awas mabok lu gan emoticon-Ngakak
1
profile picture
KASKUS Plus
22-09-2020 14:08
Si pesek itu siapa Gan? ,😂
0
profile picture
kaskus addict
22-09-2020 14:49
@l13ska itu lho..gan..
Yg katanya anu nya gede kaya orang arab..
Yg ngakunya keturunan asli orang arab..
Eh sekarang ngekos gak pulang2 dari arab..
Malah merengek minta dibayarin pulang kata Pak Menko Mahmud..
0
profile picture
KASKUS Plus
22-09-2020 14:53
@deabatam owalah itu, ane juga gk demen. Udah nyoreng nama Islam dgn ajaran n ujaran kebencian mah dia ,😂
0
Memuat data ...
1 - 17 dari 17 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia