News
Batal
KATEGORI
link has been copied
245
Lapor Hansip
18-09-2020 11:26

Heboh Nutella Disebut Tidak Halal, Ini Penjelasannya

Jakarta - 
Jagat maya dihebohkan dengan pernyataan akun Twitter Nutella di Amerika Serikat yang menyebut produknya tidak halal. Ini penjelasannya.
Pencinta cokelat pasti sudah tak asing lagi dengan selai cokelat hazelnut yang manis creamy merek Nutella. Selai cokelat itu diproduksi oleh perusahaan Italia, Ferrero. Sejak pertama kali diluncurkan pada 1964, Nutella selalu menjadi favorit semua orang.
Pada tanggal 14 September akun Twitter Nutella di Amerika Serikat @NutellaUSA mengeluarkan pernyataan yang mengejutkan publik. Mereka menyebut bahwa produk Nutella 'tidak halal'. Pernyataannya berawal dari seorang netizen @imjustsully2 yang menanyakan tentang kehalalan Nutella.


"Apa produk kalian halal,?" tulisnya.



Heboh Nutella Disebut Tidak Halal, Ini Penjelasannya

Akun Twitter @NutellaUSA menjawab, "Tidak, Nutella tidak halal,". Hal tersebut langsung menjadi viral dan membuat netizen bertanya-tanya. Netizen yang bertanya itu langsung mengecek bahan-bahan pembuatan Nutella, tetapi tidak menemukan sesuatu yang haram.

Dilansir dari situs Nutella, selai cokelat hazelnut ini terbuat dari tujuh bahan, seperti gula, minyak sawit, kacang hazel, susu, cokelat, lesitin dan vanilla. Setelah viral, akun Twitter Nutella tersebut langsung mengkonfirmasi cuitannya dengan menyebut bahwa produk mereka halal.


"Lebih dari 90% pabrik industri yang memproduksi Nutella telah disertifikasi Halal oleh pihak ketiga dan kami sedang dalam proses mensertifikasi pabrik yang tersisa. Kami mohon maaf atas kesalahan yang dibuat dalam tweet kami sebelumnya," tulisnya (14/09).


Melansir dari Middle East Monitor (16/09) berdasarkan undang-undang Amerika Serikat dan Kanada pelabelan sertifikasi halal tidak diwajibkan pada produk yang tidak mengandung daging atau aditif. Karenanya, produk Nutella di Amerika Serikat tidak memiliki sertifikasi halal, meskipun bahan-bahan yang digunakan halal.
Sementara di Indonesia sendiri produk Nutella telah mendapatkan sertifikasi halal dari National Independent Halal Trust (NIHT). Selain itu, sertifikasi halal juga diberikan oleh MUI dengan nomor sertifikat 00110086471217 yang berlaku hingga 3 Desember 2021.


Heboh Nutella Disebut Tidak Halal, Ini PenjelasannyaSertifikasi halal Nutella Foto: LPPOM MUI[/size][/font][/size][/color][/font][/size][/color][/center]

Atas cuitan akun Twitter Nutella USA tersebut, mendapat berbagai tanggapan dari netizen. Sebagian besar meminta mereka untuk menghapus cuitannya. Tak sedikit juga yang menyalahkan pihak yang menjalankan Twitter Nutell USA.


"Lebih baik hapus saja cuitan sebelumnya supaya tidak menimbulkan kebingungan publik," tulis netizen.


"Ini adalah contoh dari akun media sosial perusahaan yang menjawab pertanyaan yang tidak mereka ketahui," tulis netizen lainnya.



https://food.detik.com/info-kuliner/d-5176689/heboh-nutella-disebut-tidak-halal-ini-penjelasannya 

Pertanyaan itu ditanggapi Nutella dengan jawaban "Tidak, mereka (Nutella) tidak halal". ... Berdasarkan undang-undang AS dan Kanada, sertifikasi halal, yang menegaskan bahwa produk tersebut cocok untuk diet halal, tidak diwajibkan pada produk yang tidak mengandung daging atau aditif.

Yang dibold: sok tau, justru nutella sangat sadar dan mereka mengatakan kalau standar makanan kamu yang tidak penting. Yang jelas nutella aman buat dikonsumsi.





Diubah oleh buncitbubar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raliakbarrr dan 29 lainnya memberi reputasi
22
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Heboh Nutella Disebut Tidak Halal, Ini Penjelasannya
18-09-2020 11:41
Tergantung pabrik dan target pasarnya
Nutella yg diproduksi di wilayah Eropa/Amerika belum tentu puny sertifikasi halal
profile-picture
profile-picture
RiBasH dan eyefirst2 memberi reputasi
2 0
2
profile picture
kaskus addict
18-09-2020 13:57
benerrr banget gan
1
profile picture
kaskus addict
18-09-2020 16:35


Bener banget secara juga mayoritas di sana bukan Islam, jadi bukan target market

Kalo orang islam yg tinggal di negara eropa/amerika ya harus pinter-pinter sendiri milih makanan
2
profile picture
kaskus maniac
18-09-2020 17:08
Tapi gak seharusnya di twit ama akun resmi gan.
Admin nya abis itu disate pasti.
Wkwk.
Image orang, produk nutella jadi semua gak halal, makanya langsung di klarif ama mereka.
Image brand penting sih soalnya.
2
profile picture
kaskus geek
18-09-2020 23:17
Ngga dtwit ga lantas semua nutella jadi halal. Emang betul kalau adminnya salah. Tapi kita sbg konsumer juga harus nyadar kalau haram/halalnya brand internasional itu tergantung lokasi pabrikannya. Ane mosting gini karena sering ngeliat kit-kat made in japan, branded chocolate, food products atau beauty products dijual di online marketplace tanpa rincian mengenai kehalalannya atau diproduksi di pabrik mana. Mungkin masih pada inget dulu sempat heboh samyang halal/ga. Samyang di korea sendiri dibedakan yg halal dengan yg haram
0
profile picture
kaskus addict
19-09-2020 00:24
kalo u.s/eropa biasa lebih banyak berlogo K atau kosher, kaya sertifikat halal jg, tp buat org yahudi
0
profile picture
kaskus maniac
19-09-2020 00:33
@khafidz99 image ada produk yang gak halal ama semua produk jadi gak halal beda lho gan. Twit admin itu bisa ngebuat seolah2 semua produknya gak halal. Makanya admin nya langsung buru2 klarifikasi.
Paling bener menurut ane, cuekin aja pertanyaan2 kek gitu. Rawan salah tangkep, karena gak semua netijen ama konsumen mereka ity pinter. Wkwk
0
Memuat data ...
1 - 6 dari 6 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia