News
Batal
KATEGORI
link has been copied
174
Lapor Hansip
16-09-2020 13:42

Pertamina jawab kritik Ahok

Pertamina jawab kritik Ahok
ILUSTRASI. Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati (kanan) berbincang dengan Komisaris Utama Basuki Tjahaja Purnama (kiri) saat pembukaan Pertamina Energy Forum 2019 di Jakarta, Selasa (26/11/2019). PT Pertamina (Persero) menggelar Pertamina Energy For


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok kembali bicara blak-blakan soal buruknya tata kelola di PT Pertamina (Persero). Ahok menjabat sebagai Komisaris Utama Pertamina sejak 22 November 2019.

Ahok alias BTP membeberkan sejumlah masalah di tubuh Pertamina. Mulai dari gaji besar pejabat nonjob Pertamina, utang perusahaan yang membengkak, hingga masalah penunjukan direksi dan komisaris.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman buka suara perihal kritik yang disampaikan komisaris utamanya. Dia menjelaskan, apa yang disampaikan mantan Gubernur DKI Jakarta itu sebagai masukan untuk perbaikan tata kelola Pertamina.

"Kami menghargai pernyataan Pak BTP sebagai Komut yang memang bertugas untuk pengawasan dan memberikan arahan," jelas Fajriah lewat pesan singkatnya, Rabu (16/9/2020).

Baca Juga: Ahok usulkan Kementerian BUMN dibubarkan, ini alasannya

Ia berujar, kritik yang disampaikan Ahok juga sejalan dengan restrukturisasi Pertamina yang sedang dijalankan direksi agar perusahaan menjadi lebih cepat, adaptif, dan kompetitif.

"Upaya direksi Pertamina untuk menjalankan perusahaan sesuai prosedur, menjadi lebih transparan dan profesional telah konsisten nyata dilakukan, melalui penerapan ISO 37001:2016 mengenai Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) oleh Pertamina dan grupnya, kerja sama dengan PPATK dan juga institusi penegak hukum, serta pendampingan dengan KPK," terang dia.


Hubungan direksi dan komisaris Pertamina

Fajriah memastikan bahwa hubungan antara direksi dan komisaris Pertamina masih terjaga dengan baik. Manajemen dan komisaris senantiasa bekerja sama untuk terus melakukan perbaikan perusahaan dan mendukung program-program pemerintah.

"Koordinasi dan komunikasi dengan komisaris dan juga stakeholder terkait terus kami jalankan agar semua terinfokan dengan baik apa yang sedang dijalankan oleh Pertamina," ungkap Fajriah.

Baca Juga: Sering ngutang, Ahok tak setuju Pertamina akuisisi blok migas di luar negeri

"Sebagai informasi, untuk program One Village One Outlet, saat ini dari 66.000 kelurahan di seluruh Indonesia, sudah 82 persennya tersedia outlet elpiji Pertamina. Sedangkan Pertashop juga sudah ada 576 outlet Pertashop yang sudah terbangun dengan target 4.558 outlet," jelas Fajriah.

Sebelumnya, Ahok menyindir Pertamina terkait akuisisi sumur minyak di luar negeri dari utang. Selain itu, Ahok berujar, contoh temuannya yang lain soal ketidakefisienan Pertamina yakni soal pembangunan kilang minyak.

Dirinya masih meminta penjelasan kenapa banyak kilang baru yang belum juga dibangun. Padahal, lanjut dia, sudah ada beberapa investor yang serius patungan bisnis dengan Pertamina.


"Makanya nanti saya mau rapat penting soal kilang. Berapa investor yang sudah nawarin mau kerja sama kalian diemin? Terus sudah ditawarin kenapa ditolak? Terus kenapa kerja seperti ini? Saya lagi mau audit," ujar Ahok.

Ahok membeberkan bahwa posisinya di Pertamina juga sering kali dipermasalahkan. Alasannya, karena keberadaannya mengganggu keharmonisan dalam perusahaan.

Baca Juga: Blak-blakan Ahok, sebut direksi Pertamina doyan melobi menteri

"Cuma saya emosi juga kemarin. Mereka lagi mancing saya emosi, saya emosi laporin Presiden apa? Ahok mengganggu keharmonisan," kata dia lagi.

Banyak praktik tata kelola Pertamina yang menurut dia, sangat tidak efisien. Mantan Bupati Belitung Timur ini menyinggung soal gaji di Pertamina yang baginya tidak masuk akal dalam pengelolaan perusahaan.


Gaji besar

Dia menemukan, seorang pejabat Pertamina masih menerima gaji meskipun jelas-jelas sudah dicopot dari jabatannya.

"Tapi, masa (jabatan) dicopot gaji masih sama. Alasannya karena orang lama. Ya harusnya gaji mengikuti jabatan Anda kan. Mereka bikin gaji pokok gede semua. Jadi bayangin gaji sekian tahun gaji pokok bisa Rp 75 juta. Dicopot, enggak ada kerjaan pun dibayar segitu. Gila aja nih," tukas Ahok.

Contoh lain, lanjut Ahok, jabatan direksi dan komisaris sangat kental dengan lobi-lobi politis dan bagi-bagi jabatan.

"Dia ganti direktur pun bisa tanpa kasih tahu saya, saya sempat marah-marah juga, jadi direksi-direksi semua mainnya, lobinya ke menteri karena yang menentukan menteri. Komisaris pun rata-rata titipan kementerian-kementerian," kata Ahok. (Muhammad Idris)

Sumber :

https://industri.kontan.co.id/news/p...ik-ahok?page=1



Pertamina jawab kritik Ahok


Moga perusahaan negara bisa makin baik ke depannya,
hingga rakyatnya juga bisa makin sejahtera.
Diubah oleh cPOP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 30 lainnya memberi reputasi
31
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Pertamina jawab kritik Ahok
16-09-2020 13:54
yg GW DENGER SENDIRI dari salah satu pejabat pertaminanjing sih,
mereka bilang, KEUNTUNGAN PERTAMINA KAN UTK KARYAWAN PERTAMINA emoticon-Amazed

semenjak itu gw JIJIK ama yg namanya pertaminanjing emoticon-Embarrassment


paham kan kenapa mereka teramat BOROS kalau utk hepi hepi karyawan emoticon-Najis
bahkan, di lokalan , etos kerja nya SAMPAH

belum lagi masukin kembali karyawan2 yg SUDAH PENSIUN menjadi pegawai lagi melalui koperasi karyawan atau apalah,
kayak ga ada generasi muda aja utk estafet.
ujung2nya pemborosan duit negara lagi kan utk gaji sampah2 itu? emoticon-Najis
kata siapa? seperti biasa, pengalaman pribadi / liat sendiri

di luar negeri orang sudah biasa, 5 job di handle 1 orang dibantu mesin
sedangkan pertaminanjing, 1 job di handle lima kera, yg kerjanya cuman nontonin bokep saat jam "kerja" emoticon-Najis
sumber : sodara gw sendiri yg kebetulan karyawan (sepupu)

bahkan TAGIHAN perusahaan utk layanan bokep berbayar lumayan banyak tiap bulannya,
*sumber : Temen gw ada yg IT Outsource disono emoticon-Embarrassment
Diubah oleh GayusTambunan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 34 lainnya memberi reputasi
35 0
35
profile picture
kaskus maniac
16-09-2020 14:21
apa disana jg byk maho bang ???!
emoticon-Betty
4
profile picture
kaskus addict
16-09-2020 14:22
betul yang ente bilang , mertua ane udah pensi dari pertamini tapi di terima lagi buat jadi pengawas proyek kilang di dumai digaji puluhan juta.emoticon-Embarrassment
5
profile picture
kaskus maniac
16-09-2020 14:28
@petani.syusyu
Artinya mertua lo punya skill..
Bukan kayak lo mokondo..ngawinin anak orang.

Untung mertua lo berduit.


Wkwkwkw
5
profile picture
kaskus addict
16-09-2020 14:29
Temenku sehari min 1.5jt
Kerja macem silaturahmi
3
profile picture
Auto Banned
16-09-2020 14:52
@sunny.wijaya bukan punya skill emoticon-Embarrassment
tapi KONCOISME emoticon-Embarrassment
apa gunanya yg JUNIOR2 disana?
5
profile picture
kaskus maniac
16-09-2020 15:11
dengerin nya pas didalem kamar diatas tempat tidur yah yus emoticon-Big Grin
4
profile picture
kaskus addict
16-09-2020 16:03
belum lagi acara outing, training, seminar perusahaannya BUMN.kantornya dijakarta, seminarnya diBali
4
profile picture
kaskus holic
16-09-2020 16:29
Kerja di perusahaan minyak di semua negara kaya gitu kali yah ngga masalah sm uang
2
profile picture
Auto Banned
16-09-2020 16:46
@fastener21 asalkan kinerja berbanding lurus dengan gaji , masyarakat ga masalah.
Tapi sudah rahasia umum,
Karyawan pertaminanjing asu kabeh emoticon-Najis
2
profile picture
Auto Banned
16-09-2020 16:46
@herychristians giliran untung kayak gitu,
Giliran rugi , kaing2 emoticon-Najis
4
profile picture
aktivis kaskus
16-09-2020 18:27
Sepupu dan kawan mu cem tai emoticon-Recommended Seller
1
profile picture
Auto Banned
16-09-2020 18:42
@eyangbubur gegara buka rahasia ye nyet emoticon-Leh Uga
2
profile picture
aktivis kaskus
17-09-2020 02:18
Bener om gay...om ane jg kerja disono, dan milih pensiun dini. Nyesel katanya kerja disono. Selain etos kerjanya ga bagus, KKN nya gila2an plus SARA nya mulai keliatan. Pendi gara2 ga seiman, capek2 niti karier disono, walaupun berprestasi ga bakalan naek2 jabatan.

Om ane malah besyukur ahok disono. Biar dibabat abis tuh curut2.
9
profile picture
kaskus geek
17-09-2020 12:46
Njiiiir om gay
emoticon-Ngakak (S) emoticon-Wakaka emoticon-Ngakak (S)
1
profile picture
kaskus holic
17-09-2020 13:05
Padahal masuknya susah di sono. Ternyata kek gitu isinya
emoticon-Leh Uga
2
profile picture
Auto Banned
17-09-2020 13:06
@naphiez apanya yg susah? emoticon-Amazed
kalo lu "anak siapa" atau "ponakan siapa"
gampang kok emoticon-Big Grin
bahkan lulusan SMA sekalipun emoticon-Big Grin
3
profile picture
kaskus maniac
17-09-2020 13:10
bener gay, ane pernah kerja di branded shop, ada 1 pelanggan kami udah tuwir aki2 pake anting sebelah, hobinya shopping bawa lonte2 ganti2 dia mobilnya keren2 benz CLA sport 2 pintu, honda sport 2 pintu, benz nya kirain 1 ternyata warnanya banyak. audi coupe 2 pintu, dia bilang petinggi pertamina. maaf ya om kalo baca ini. sekali bini aslinya dateng gendut n biasa aja tapi tumpangannya juga benz S class coupe n sekali belanja di shop itu abis 1 M. maaf ya umbar brok org waktu itu ane manajer sebuah branded shop
3
profile picture
kaskuser
17-09-2020 13:33
Gak garuda gak pertamina memang hobi banget lendir2 yah gan wkwk untung gw kerja di pertamini wkkw
3
profile picture
kaskus addict
17-09-2020 13:57
Fix neraka hahaha
2
profile picture
kaskus addict
17-09-2020 14:19
@naphiez yoi "susah" gan, kalo ga punya kenalan disono. emoticon-Malu (S)
1
Memuat data ...
1 - 20 dari 34 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia