News
Batal
KATEGORI
link has been copied
214
Lapor Hansip
12-09-2020 10:51

Ridwan Kamil: Hampir Rp 300 Triliun Lari gara-gara "Statement"

Minta Anies Konsultasi dengan Pusat soal PSBB, Ridwan Kamil: Hampir Rp 300 Triliun Lari gara-gara "Statement"

Ridwan Kamil: Hampir Rp 300 Triliun Lari gara-gara "Statement"
KOMPAS.com- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyarankan supaya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berhati-hati mengumumkan pembatasan sosial berskala besar ( PSBB) total.

Sebab, pengumuman kebijakan PSBB tersebut terbukti telah berdampak pada banyak hal, termasuk sektor perekoomian.

Emil, sapaan Ridwan Kamil menerangkan, bursa saham pun turut terdampak pengumuman PSBB total tersebut.

Harga saham gabungan (IHSG) terperosok. Kapitalisasi pasar berkurang hingga Rp 277 triliun, usai Anies mengeluarkan pernyataan.

"Hampir Rp 300 triliun lari gara-gara statment," kata Emil.

"Memang dalam statment Covid ini ditunggu oleh siapapun, baik oleh masyarakat, pelaku ekonomi. Sehingga menjadi sebuah kehati-hatian bagi kita, agar setiap pernyataan ini dihitung secara baik. Kalau pun itu berita buruk, dipersiapkan sebuah proses sehingga tidak akan terjadi dinamika," lanjut Emil.

Baca juga: Ridwan Kamil Tawarkan Bantuan Ini kepada Anies Baswedan

Meminta Anies berkonsultasi dengan pusat


Emil menyarankan Anies Baswedan berkonsultasi dengan pemerintah pusat terkait rencana PSBB total di DKI Jakarta.

Emil menilai, kebijakan DKI Jakarta sangat berdampak pada stabilitas nasional.

Oleh sebab itu, keputusan yang diambil Anies seharusnya dipertimbangkan secara matang.

"Saya menyampaikan kemarin karena Jakarta Ibu Kota negara, maka kebijakan Jakarta berdampak tak hanya regional tapi nasional," ujar dia.

"Karena itu, saya mohon ke Pak Anies untuk konsultasikan dulu ke pemerintah pusat. Itu kesimpulan yang saya sampaikan. Setelah itu, kita tunggu saja apakah tanggalnya masih tetap," kata Emil di Gedung DPRD Jabar, Jumat (11/9/2020).

Keluhan rumah sakit penuh, Emil tawarkan bantuan

Salah satu faktor di balik keputusan Anies menerapkan PSBB total adalah persoalan ketersediaan tempat tidur rumah sakit yang hampir penuh.

Menanggapi hal tersebut, Emil mempersilakan warga Jakarta yang positif Covid-19 mempergunakan rumah sakit di Jawa Barat.

Hal itu dilakukan Emil atas nama kemanusiaan.

Saya tawarkan ke Pak Anies, kalau di Jakarta kewalahan, kami di Jabar yang kapasitasnya masih 40 persen menawarkan diri untuk menampung pasien Jakarta. Karena kalau sudah begini tidak ada batas-batas wilayah politik administratif. Kita punya semangat kemanusiaan yang sama," kata Emil.

Ia mengatakan, dalam kondisi pandemi, semua warga negara harus bahu-membahu melawan Covid-19.

"Silakan dipergunakan atas nama kemanusiaan, kita harus kompak. Kurangi kompetisi, perbanyak sosialisasi karena kita NKRI," kata Emil

https://regional.kompas.com/read/202...-rp-300?page=2

Wan abud itu ngira seolah olah jd presiden jakartaemoticon-Hammer2

profile-picture
profile-picture
profile-picture
VrayLuke dan 32 lainnya memberi reputasi
29
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Ridwan Kamil: Hampir Rp 300 Triliun Lari gara-gara "Statement"
12-09-2020 11:16
Yg dibilang Anies udah bener sih mungkin. PSBB total karena grafik di Jakarta mengkhawatirkan gitu.
Cuma salahnya dia ga mikir kalo imbasnya bakal sejauh itu sampe jatuhin saham.
Mungkin diumumin ga usah terlalu mendadak, atau diumumin pas rancangan sama skema PSBB nanti udah jelas. Soal diberlakukan lagi menurut gue sebenarnya udah betul.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
van Duke dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
profile picture
kaskuser
12-09-2020 12:48
setuju gan, psbb nya bener tp penyampaian yg terburu2 tanpa skema bikin bnyk sektor terpengaruh...
2
profile picture
kaskus addict
12-09-2020 13:12
Kemarin rapat sm siemil aja ditanya mau psbb sprti apa siabud langsung bingung dia cuma bacot mau psbb tp bingung konsep ya psbb yg gmn.dan danany jg belum ada persiapan.soalnya dia bacot dulu pdhl blm kordinasi sm pusat agar bisa disupport dan dikasih tau konsep ya sprti apa agar minimalisir gejolak disektor lain
6
profile picture
kaskus addict
12-09-2020 13:46
Jadi singkatnya............otak doi ga nyampe.........
4
profile picture
kaskuser
12-09-2020 13:48
Bener kata Ridwan Kamil, harusnya Anies diskusi dulu sama pemerintah pusat.
3
profile picture
KASKUS Plus
12-09-2020 14:33
Nah ini, ketakutannya ga berpikir panjang tentang imbasnya, klo mslhnya krna rs penuh, udah bagus solusi yg ditawarkan rk, tp pembatasan memang perlu melihat di lapangan udah kaya normal beneran, tp ya mgkn ga harus skala besar total..
2
profile picture
kaskus maniac
12-09-2020 15:19
Mengkhawatirkan juga buah dr kebijakan dia sendiri, pembatasan kendaraan pribadi di kala pandemi bener2 guoblok
3
profile picture
kaskus maniac
12-09-2020 17:03
lah nyampein cuman bilang senen PSBB total ....

terus ditanya PSBB total harus ngapain aja tindakan dari Pemda malah kaga ada ...

koordinasi ma Pusat jg gak ada ....

congor doang bilang gitu emoticon-Cape d...
3
profile picture
kaskus addict
12-09-2020 21:31
PSBBnya ga masalah gan.
Tapi proses menuju ke situ yang tanpa koordinasi dan tiba-tiba itu yang jadi masalah.
Gw pun jadi ga heran kalau negara kita ini lambat untuk maju, masa sekelas pemerintah komunikasinya kaya begini.
1
profile picture
KASKUS Plus
12-09-2020 22:47
@Pathela duit yg udah ditebar2 seakan ngga ada artinya emoticon-Embarrassment
0
Memuat data ...
1 - 9 dari 9 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia