News
Batal
KATEGORI
link has been copied
202
Lapor Hansip
10-09-2020 12:01

Relawan Vaksin Sinovac Malah Positif Covid-19

Relawan Vaksin Sinovac Malah Positif Covid-19

Seorang relawan vaksin virus corona malah terpapar Covid-19. Hal ini terjadi saat ia melakukan perjalanan ke Semarang, Jawa Tengah.

Kondisi ini diketahui saat hendak disuntik vaksin tahap kedua.

"Jadi dia sudah disuntik, suntik pertama kali. Kemudian pergi ke Semarang, pas pulang dicek lagi swab-nya positif," ujar Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 dari Universitas Padjajaran, Kusnandi Rusmil, Rabu (9/9/2020).

Baca juga: Resmi! Jakarta Balik PSBB Total

Ia menegaskan, jika relawan itu tertular corona bukan dari vaksin pertama yang disuntikkan.

"Positif bukan dari vaksin, kalau dari vaksin kan itu virus yang mati. Dia kontak (pergi) ke Semarang," kata Kusnandi.

Meski begitu, relawan itu tak dikeluarkan dari uji klinis yang dilaksanakan. Tapi, pihaknya akan memberikan jadwal penyuntikan ulang, usai kondisi fisik relawan pulih kembali.

"Kalau di penelitian memang kalau yang positif di awal (sebelum penyuntikan) enggak boleh ikut. Tapi kalau dia positif karena pergi dari mana-mana itu akan kita suntik ulang, tapi dengan pemantauan," jelas dia.

Lebih lanjut, Kusnandi mengungkapkan hingga kini sudah ada 450 orang yang telah mendapatkan suntik vaksin dari Sinovac, China. Sebanyak 200 relawan mendapatkan suntikkan yang kedua, dan 250 lainnya baru menjalani penyuntikan pertama.

"Sampai sekarang belum ada yang masuk ke rumah sakit karena sakit, semuanya biasa saja. Keluhannya demam sedikit, nyeri yang dalam dua hari hilang," kata dia.

"Seperti suntik biasa-biasa saja di puskesmas kalau mau imunisasi, demam minum parasetamol, nyeri nanti hilang dalam dua hari. Kita ikuti kan setelah suntik 30 menit pertama kita lihat, ada alergi atau tidak, ada memar atau tidak, terus dihubungi lagi dua hari berturut-turut dengan telepon," imbuh Kusnandi.

tusbol

Diubah oleh KS06
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dorian.gray dan 28 lainnya memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Relawan Vaksin Sinovac Malah Positif Covid-19
10-09-2020 12:16
mau tertular dari suntikan vaksin pertama atau dari kontak dengan orang positif,
intinya tetep sama.
Yaitu, ini vaksin masih diragukan efektivitasnya, tapi masih ada aja orang yang maksain percepatan vaksin. lol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan 10 lainnya memberi reputasi
10 1
9
profile picture
aktivis kaskus
10-09-2020 12:54
trus solusimu jika tidak ada percepatan vaksin mau apa?
0
profile picture
kaskus maniac
10-09-2020 13:03
@motorhead
Law enforcement pelanggar protokol kshtn .
Ngr lain jjuga ga ad vaksin tp ud berhasil kendalikn . .
1
profile picture
kaskus maniac
10-09-2020 13:20
@motorhead ane ni yang musti pikirin solusinya? lol
1
profile picture
kaskus maniac
10-09-2020 13:50
@motorhead [mention]o@s!s[/mention] klo cuma nyinyirin usaha orang, minimal lu punya solusi lain dong... kan percepatan vaksin buat lu ketawain, klo gitu lu ada solusi lain ga buat mengatasi covid ini?

klo ngga bisa kasih solusi, ngga usah ngetawain usaha orang laen
0
profile picture
aktivis kaskus
10-09-2020 14:09
@Luminus siapa yang ngetawain, situ baca sekilas ya? saya nanya solusi dari yang nyinyir bilang maksain percepatan vaksin, kalo gak dipercepat mau seperti apa??

matamu
0
profile picture
aktivis kaskus
10-09-2020 14:10
[mention]o@s!s[/mention]

daripada cuman komen nyinyir, ditanya solusi langsung nol kan? korslet isi kepalanya.
0
profile picture
aktivis kaskus
10-09-2020 14:10
@eddy03

mana negara yang berhasil kendalikan tanpa vaksin ??????????????????
0
profile picture
kaskus maniac
10-09-2020 14:19
@motorhead lah gw ngomong sama TS nya, kok situ yg ngambek?
0
profile picture
kaskus addict
10-09-2020 14:22
disetiap proyek pasti ada dana
0
profile picture
Auto Banned
10-09-2020 14:27
itu sih derita nasbung ngapain cerita2
0
profile picture
aktivis kaskus
10-09-2020 14:35
@Luminus ya ndak usah mention saya dong
0
profile picture
kaskus maniac
10-09-2020 14:41
@motorhead ke mention, males ngedit nya
0
profile picture
kaskus addict
10-09-2020 15:02
eh ada @soljin7
gmn party nya kmrn??
0
profile picture
10-09-2020 15:19
[mention]o@s!s[/mention] tong kosong nyaring bunyinya emoticon-Big Grin
0
profile picture
kaskus maniac
10-09-2020 18:43
@motorhead taiwan, korsel, dan bbrp lainnyaa. Ane bilang terkendalli bkn artinya ga ad kasus tp jlh nya tdk signifilan
1
profile picture
Auto Banned
10-09-2020 18:57
@motorhead

Dia komen biasa aja elu bilang nyinyir.. Elu paham gak sih nyinyir itu apa??
0
profile picture
Auto Banned
10-09-2020 19:17
@motorhead negara mana yg kematian nya sedikit??

Malaysia n singapur...


Kenapa kasus disana banyak tapi meninggal sedikit??

Ada gak malaysia n singapur mesen vaksin ampas sinovac??
1
profile picture
kaskus maniac
10-09-2020 21:45
@motorhead @Luminus antum banyak2 baca berita diluar sana ya.
jangan ngaskus aja.
sekelas ahli pandemi aja gak didengerin, apalagi ane yang ngasih solusi.
buat rakyat jelata mah yang penting sekarang gimana caranya survive tanpa ngandelin pemerintah yang planga plongo. lol
0
profile picture
kaskus maniac
10-09-2020 22:11
[mention]o@s!s[/mention] bilang aja emang lu juga kaga ada solusi apa2, ga usah ngeles molo.
0
profile picture
kaskus addict
11-09-2020 02:06
Jangan pakai vaksinya klu sudah ada ya, malu ama ludah sndiri hehehe
0
Memuat data ...
1 - 20 dari 33 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia