Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
227
Lapor Hansip
05-09-2020 13:42

Pandemi Mewariskan Gaya Hidup Versi Baru! Memperburuk atau Memperbaiki? Ini Faktanya!

Pandemi Mewariskan Gaya Hidup Versi Baru! Memperburuk atau Memperbaiki? Ini Faktanya!

Pandemi Mewariskan Gaya Hidup Versi Baru! Memperburuk atau Memperbaiki? Ini Faktanya!
Sumber Gambar

Kuota boros karena sekolah daring? Bad mood karena isi dompet menipis tanpa pendapatan yang pasti? Kesehatan terancam jika berpergian? Ya, itulah beberapa dampak yang dirasakan mayoritas orang karena satu pandemi yang belum berakhir ini. Pandemi yang tidak hanya mengakibatkan ribuan orang meninggal dunia dalam genggaman corona, tapi juga memberikan impact yang signifikan bagi berbagai bidang kehidupan. Disadari atau tidak, Covid-19 telah mengubah seper sekian persen kehidupan kita.

Seiring berjalannya waktu sejak pertama kali virus ini mewabah di Indonesia, ketakutan dan kekhawatiran yang dirasakan perlahan berubah menjadi antisipasi diri. Hampir semua orang termasuk diriku sendiri lambat laun mengikuti aturan protokol kesehatan yang terus digalakkan pemerintah. Semua anjuran sebisa mungkin diikuti untuk memutus rantai penularan Covid-19. Meski hal tersebut tak jarang meleburkan rencana yang telah dipersiapkan sebelumnya. Salah duanya, UN dan acara graduation🎓. Namun, itu keputusan terbaik untuk kepentingan bersama.

Jika diingat kembali 5 bulan yang lalu, sungguh luar biasa karena ternyata kita bisa melewati dan melawan pandemi ini bersama-sama hingga saat ini. Jika dipikir ulang, kehidupanku dan bahkan mungkin kehidupan Gan Sist semua juga sudah banyak berubah dibandingkan beberapa bulan lalu yang masih diselimuti kecemasan mendalam. Tentunya, ada perubahan positif dan negatif yang mengiringi kehidupan kita selama Covid-19 singgah di tanah air tercinta. Berjuta cerita kehidupan pastinya terukir berbeda di bumi pertiwi ini.

Perekonomian💸 yang mengalami penurunan di sebagian besar masyarakat, tentu sudah menjadi hal lumrah yang sedang dilalui sebagai salah satu dampak besar dari penyebaran virus corona yang berasal dari Wuhan ini. Biaya pendidikan📚📲 pun bertambah dengan adanya pembelajaran online yang cukup banyak menguras kuota. Untungnya, saat ini pemerintah sedang memproses bantuan kuota untuk pelajar agar meringankan pengeluaran orang tua. Selain itu, tak sedikit yang mengalami stres karena terlalu lama berdiam diri di rumah yang mengganggu kesehatan mental➿.

Namun, siapa sangka pandemi yang selama ini merajalela dan memberi imbas negatif terhadap berbagai bidang kehidupan ini, ternyata menanamkan kebiasaan-kebiasaan positif yang membentuk positive vibes juga. Disadari atau tidak, gaya hidup banyak orang telah berubah ke arah yang positif dan menjadi lebih baik dari versi gaya hidup sebelum corona ini mewabah, sehingga menunjang kesehatan diri sendiri dan orang lain. Termasuk diriku sendiri yang mulai kembali menerapkan gaya hidup yang lebih sehat sejak pandemi ini mewajibkan semua orang untuk stay at home, dibandingkan sebelum adanya pandemi karena terhalang rutinitas. Jadi, yuk kepoin perubahan gaya hidup yang aku rasakan😄! So, stay read👇😉.

Quote:
Ternyata, perubahan gaya hidup yang aku rasakan ini sebelumnya diungkapkan oleh dokter Sandi Perutama Gani dan Sekretaris Satgas Covid-19Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dyah Waluyo, sebagai berikut:

Kebiasaan positif yang muncul di tengah wabah corona ini adalah orang jadi sering mengonsumsi air putih. Kondisi ini diungkap dokter Sandi Perutama Gani, Medical Expert Combiphar.

"55 persen lebih sering mengonsumsi air putih. Dulu berapa banyak yang belum konsisten. Kami harapkan [kebiasaan konsumsi air putih lebih banyak ini] tetap dilakukaan," kata Sandi seperti dikutip Antara.
....
Kebiasaan baik lainnya yang juga muncul karena Covid-19, sebagian orang lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah serta menjadi lebih sering berolahraga bahkan sekadar berjemur.

Sumber Data 1

....
Hal ini ditegaskan oleh Sekretaris Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dyah Waluyo. "Jika dikatakan apakah virus ini memberikan dampak positif, tentunya iya. Masyarakat sekarang sudah mulai peka tentang arti kesehatan. Mereka tidak lagi malas mencuci tangan, menggunakan masker, mengatur pola istirahat, dan tidur cukup, yang mungkin dahulu itu semua dianggap sepele," jelasnya.
....
Tidak hanya membawa perubahan baik pada pola makan, masyarakat pun kini menyadari pentingnya memberikan waktu untuk berolahraga. Seperti jogging hingga bermain olahraga yang bisa memicu otot bergerak lebih banyak dibandingkan biasanya.

Sumber Data 2


Gaya Hidup Versi Baru


Itulah perubahan kebiasaan gaya hidup yang aku rasakan sebagai bentuk adaptasi terhadap pandemi yang masih mewabah ini. Selain lima perubahan di atas, ada adaptasi yang pasti dirasakan semua orang termasuk diriku sendiri, yaitu kebersihan. Sering mencuci tangan, memakai masker, membawa dan menggunakan hand sanitizer di setiap aktivitas, serta menjaga jarak. Perlahan-lahan protokol kesehatan itu berubah menjadi kebiasaan baik yang apabila tidak dilakukan akan terasa ada yang kurang, sehingga mayoritas orang pun berusaha saling menjaga kebersihan pribadi untuk kesehatan bersamaemoticon-Angel.

Perubahan-perubahan yang telah mengubah versi gaya hidupku menjadi lebih baik ini, tidak hanya akan menjadi rutinitas saat ini saja. Tetapi, jika nanti pandemi telah benar-benar berakhir pun, kebiasaan baik ini akan tetap berjalan. Karena menurutku, lambat laun perubahan kebiasaan ini akan menjadi kebutuhan yang menunjang kesehatan di masa mendatang, sehingga kita semakin protect terhadap berbagai kemungkinan penyakit lainnya. Selain itu, secara tidak langsung aku juga dan bahkan mungkin Gan Sist semua telah menjaga daya tahan tubuh dengan perubahan kebiasaan sehat ini, sehingga meminimalisir tertularnya berbagai penyakit.

Jadi, perubahan kebiasaan ke arah yang lebih baik ini tidak hanya sebagai dampak positif dari adanya pandemi yang mengharuskan tetap di rumah saja. Tetapi, juga menanamkan impact positif untuk kesehatan jangka panjang dan memperbaiki serta meningkatkan kebiasaan gaya hidup sehat untuk diwariskan kepada generasi muda. Apakah Agan Sista juga mengalami perubahan yang sama? Yuk, share di kolom komentar😉!

🌹Stay safe, love yourself, and keep healthy🌹

Ke Garut membeli dodol
Jangan lupa kasih cendol😆
emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast

Terima Kasih
emoticon-Maaf Aganwatiemoticon-Maaf Aganwatiemoticon-Maaf Aganwati
(Sumber: Opini Pribadi)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ujellyjello dan 38 lainnya memberi reputasi
37
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Pandemi Mewariskan Gaya Hidup Versi Baru! Memperburuk atau Memperbaiki? Ini Faktanya!
08-09-2020 11:15
sebelum pandemi ane biasa berenang minimal seminggu sekali
setelah pandemi ane ga bisa berenang karena kolam renangnya tutup
jelas memperburuk ! bukan pandeminya, tapi orang ***** yang ketakutan
sehingga bikin peraturan yang *****
emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
ginanisa7 memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskus addict
15-09-2020 10:10
Mau tidak mau harus beradaptasi ya, Gan. Klo bisa cari aja olahraga alternatif yg bisa dilakukan di rumah. Meski pandemi menghalangi berenang, tapi tubuh harus tetap bugar💪😁.

Terima kasih sudah berkunjung, Gan😄.
emoticon-Maaf Aganwati
0
profile picture
kaskus addict
21-09-2020 07:24
iya nih, jadi beralih ke olahraga virtual emoticon-Ngakak (S)
0
Memuat data ...
1 - 2 dari 2 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia