News
Batal
KATEGORI
link has been copied
236
Lapor Hansip
04-09-2020 11:45

China Bakal Bangun Pangkalan Militer di Indonesia, Komisi I: Mungkin Saja Terjadi

China Bakal Bangun Pangkalan Militer di Indonesia, Komisi I: Mungkin Saja Terjadi

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin angkat bicara soal pernyataan Kementerian Pertahanan Amerika Serikat (AS) yang menyebut China berencana membangun pangkalan militer di sejumlah negara, salah satunya di wilayah Indonesia. Menurutnya, ada beberapa hal yang harus dipahami.

"Pertama, pemberitaan tersebut sebagian besar didasarkan pada Dokumen Laporan Tahunan Kementerian Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon) kepada Kongres pada 2 September 2020," tutur Hasanuddin dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id Jumat (4/9).

Berdasarkan dokumen tersebut, kata Hasanuddin, pada halaman 198-199 tercantum analisa Pentagon bahwa PLA (Militer China) yang mempertimbangkan untuk membangun fasilitas dukungan logistik untuk PLA di beberapa negara seperti di Myanmar, Thailand, Singapura, Indonesia Pakistan, Sri Lanka, United Arab Emirates, Kenya, Sisilia, Tanzania, Angola, dan Tajikistan.

"Kemungkinan ini merujuk pada adanya pangkalan logistik PLA di Djibouti yang diresmikan pada tahun 2017 dan dioperasikan angkatan laut PLA," ujarnya. 
Politisi PDI-Perjuangan asal Jawa Barat tersebut menambahkan, Pemerintah China sendiri mengklaim bahwa pangkalan di Djibouti tersebut dibuat untuk mendukung misi perdamaian PBB di Afrika.

Kemudian, yang kedua, mengenai potensi pembangunan fasilitas logistik militer PLA di Indonesia.

"Mungkin  saja terjadi," kata TB.

Tapi, imbuhnya, perlu digarisbawahi bahwa hal tersebut berlawanan dengan prinsip utama politik luar negeri bebas aktif yang dianut Indonesia sejak dahulu.

"Pendirian pangkalan militer negara asing dengan negara lain hanya mungkin dilakukan dengan kerja sama aliansi pertahanan penuh. Meskipun demikian, sistem aliansi pertahanan tersebut tidak dimungkinkan dalam konteks politik luar negeri bebas aktif kita," tandasnya.

Sebelumnya, Departemen Pertahanan Amerika Serikat mengungkapkan bahwa militer China berusaha membangun jaringan logistik yang mencakup sebagian besar wilayah Samudra Hindia. Pentagon membeberkan data ini dalam laporan tahunan kepada Kongres AS yang berisi peta kekuatan militer China.

Laporan setebal 200 halaman berjudul “Perkembangan Militer dan Keamanan Republik Rakyat China 2020” itu menjelaskan kemungkinan China menjadikan Myanmar, Thailand, Singapura, Indonesia, Pakistan, Sri Lanka, dan negara-negara lain di Afrika dan Asia Tengah sebagai lokasi fasilitas logistik militer.

Baca Selengkapnya:
https://www.industry.co.id/read/7348...n-saja-terjadi

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Daniswara92 dan 27 lainnya memberi reputasi
24
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
China Bakal Bangun Pangkalan Militer di Indonesia, Komisi I: Mungkin Saja Terjadi
04-09-2020 23:24
Ini anggota dewan kyk gak pernah belajar sistem politik Indonesia.
Udah gak bakalan lah disini dibangun pangkalan militer negara lain, wong politik kita Bebas-Aktif kog.
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan nowbitool memberi reputasi
2 0
2
profile picture
kaskuser
04-09-2020 23:30


Bisa bisa aja..

Yang penting mother of the bull merestui.. emoticon-Smilie
0
profile picture
kaskus addict
04-09-2020 23:31
@BoChiL69
Gak bakalan, kecuali DPR kena disuap.
0
profile picture
kaskuser
04-09-2020 23:33
@Ahyau

Mayoritas DPR kan White Mouth Bull Party..

Dan dibawah pimpinan Bull princess..

So it,s easy to winning vote.. emoticon-Smilie
0
profile picture
kaskus addict
04-09-2020 23:37
@BoChiL69
Kata siapa?
Selain kader White Bull Party, Kader partai aliansi cuma nebeng doang biar ikutan dapet jatah. Kalo kebijakan yg pasti ditentang rakyat, mereka bakal balik badan.
1
profile picture
kaskuser
04-09-2020 23:39
@Ahyau
Hmm.. semoga aja sih para oportunis itu masih waras.. emoticon-Smilie
0
profile picture
kaskus addict
04-09-2020 23:47
@BoChiL69
Sekonyol2-nya para oportunis itu, ane yakin mereka masih waras...
gak mungkin mau cari penyakit.
Andai membolehkan pangkalan militer China disini, pasti bakal dibalas dgn embargo senjata lagi sama AS, juga produk ekspor kita dikenai tarif tinggi, kan sama aja cari penyakit.
0
profile picture
kaskus addict
05-09-2020 10:17
@BoChiL69 Bukan sekedar soal si mega, tapi ini menyangkut politik LN ada mamarika dan sekutunya yg akan ambil bagian, lagian cina ga butuh bangun pangkalan militer mereka udah membangun pangkalan militer di LCS, tinggal taro rudal nuklirnya semua negara asean bakal kena nuklir cina, LCS tepat ditengah2 kawasan asean cuy
0
Memuat data ...
1 - 7 dari 7 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia