Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
187
Lapor Hansip
02-09-2020 20:13

Wow! Ternyata 4 Tanaman Ini Bisa Membuat Agan Kaya Mendadak

Tanaman Emas

Wow! Ternyata 4 Tanaman Ini Bisa Membuat Agan Kaya Mendadak

Menjadi petani tak melulu tentang pekerjaan di kebun yang membosankan. Mendapatkan income besar dari budidaya tanaman tertentu pasti menjadi impian seorang petani. Tapi apakah bisa, pundi-pundi yang besar ini didapat layaknya bisnis lainnya.

Banyak yang meremehkan pekerjaan petani, karena yang terlihat hanya panas-panasan dan kotor dengan tanah atau lumpur. Tapi semua pandangan miring itu bisa terbantahkan dengan beberapa jenis budidaya tanaman ini. Penasaran? Yuk simak trit terbaru ane tentang tanaman yang bisa menjadikan Anda kebanjiran fulus.

Cek this out!


1. Cengkih

Wow! Ternyata 4 Tanaman Ini Bisa Membuat Agan Kaya Mendadak
(Cengkih: Wikipedia)


Tanaman ini sangat erat kaitannya dengan sistem penjajahan di Indonesia. Di mana para penjajah dari Barat berburu rempah yang satu ini yang terkenal sebagai bumbu internasional yang terkenal di Eropa. Tanaman ini dikenal dengan sebutan cloves dalam bahasa Inggris.

Masih ingatkah Agan Sista pulau penghasil cengkeh terbesar di Indonesia yang menjadi pusat perhatian kaum penjajah? Yes, jawabannya di Indonesia bagian timur. Tepatnya di pulau Maluku.

Harga per kilo dari cengkih ini lumayan bisa membuat agan sista kaya mendadak. Jika berdasarkan harga ideal petani, harga cengkih kering adalah Rp120-125 ribu per kg. Namun di masa pandemi ini turun hingga 60 ribu per kg.

Ternyata tanaman ini cukup baik ditanam di ketinggian 300-600 mdpl. Jadi untuk wilayah dataran rendah atau dekat dengan laut pun cengkih akan tetap berbuah lebat.Wikipedia

2. Merica atau lada

Wow! Ternyata 4 Tanaman Ini Bisa Membuat Agan Kaya Mendadak
(Merica:Wikipedia)


Tanaman rempah yang berbentuk bulat kecil berwarna putih dan hitam ini memang memiliki harga yang jarang sekali turun. Sudah menjadi rahasia umum jika merica atau fever ini termasuk barang mahal pada zaman penjajahan. Bumbu Eropa yang terkenal dengan pemakaian lada ini memang menjadikan si bulat mini ini primadona para pemburunya.

Agan Sista tak akan rugi menanam tanaman rambat ini. Karena harga di pasaran berkisar Rp 60.064 per kg di masa pandemi sedangkan di masa normal 80.000 di tempat ane pernah mencapai 120.000 per kg. Hmmm lumayan menggiurkan bukan. Budidayanya pun tidak rumit.

Ketinggian lahan yang ideal untuk jenis tanaman lada adalah 0-500 mdpl. Jika lokasi lahan lebih tinggi, maka hasilnya tidak optimal.

3. Vanili

Wow! Ternyata 4 Tanaman Ini Bisa Membuat Agan Kaya Mendadak
(Vanili kering:Klik)


Vanili atau vanila ini adalah tanaman yang menghasilkan biji dengan aroma harum. Tanaman yang masih kerabat famili anggrek ini memiliki harga jual yang cukup tinggi. Bahkan tahun 2019-an di daerah sempat mencapai kisaran 5 juta per kg kering atau 500.000 per kg ini untuk buah vanili basah. Banyak yang kaya mendadak setelah memanen tanaman ini.

Wow! Ternyata 4 Tanaman Ini Bisa Membuat Agan Kaya Mendadak
(Vanili masih muda: pinterest)


Budidayanya mirip sekali dengan lada. Yakni harus memakai sulur sebagai tempat merambat. Harga pada saat pandemi memang lumayan turun Sementara untuk vanili kering menurut harganya masih di kisaran Rp. 1,7 juta perkilogram. Atau 100.000 per kg basah.

4. Pala

Wow! Ternyata 4 Tanaman Ini Bisa Membuat Agan Kaya Mendadak
(Buah pala: Klik)


Tanaman yang disebut dengan buah emas yang diperebutkan dunia ini memang primadona sejak zaman penjelajahan bangsa Eropa. Karena manfaatnya dalam dunia kuliner maupun kesehatan yang begitu banyak. Menjadikan harganya jarang mengalami penurunan.

harga fuli pala selama pandemi Rp250.000/kg atau sedikit bergerak naik dari Rp245.000/kg, sedangkan harga biji pala bundar turun menjadi Rp60.000 dari sebelumnya Rp68.000/kg sedangkan harga normal biji pala sekitar 110.000 per kg.

Budidayanya pun tidak rumit. Pala dapat tumbuh pada daerah dengan ketinggian sekitar 0-700 meter di atas permukaan laut, memiliki curah hujan yang tinggi yaitu sekitar 2000-3500 mm/tahun, memiliki kelembapan sekitar 50%-80% dan memiliki suhu udara sekitar 20°C-30°C. Setelah menanam bibit cukup umur. Pala hanya perlu disiangi dan dipupuk. Tak perlu memakai sulur dll.

Bagaimana Agan Sista, apakah tertarik dengan tanaman-tanaman berpenghasilan besar seperti di atas?

Yuk bertanam, menambah pendapatan sekaligus menjaga alam agar tetap hijau dan tentunya mengurangi polusi dan mencegah longsor.

Terima kasih sudah mampir, silakan mampir di trit ane yang masuk HT:


Jangan Heran Pria Selingkuh
Buah dan Sayur Kental Dengan Mitos
Uniknya Jodoh
Menikah terpaut usia jauh

Opini pribadi
Sumber: wikipedia

Belajar Bersama Bisa
Diubah oleh zatilmutie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 64 lainnya memberi reputasi
65
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Wow! Ternyata 4 Tanaman Ini Bisa Membuat Agan Kaya Mendadak
03-09-2020 18:00
Ane kira cengkih paling mahal, ternyata vanilli toh.. kemaren ada yang nawarin kerja sama, beli lahan di daerah gunung.. nanti bakal di tanemin vanilli, ane kira vanilli harga ny biasa aja.. ternyata wow juga.. thanks gan info ny
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan zatilmutie memberi reputasi
2 0
2
profile picture
Education Enthusiast
04-09-2020 16:03
ya. semahalnya cengkeh kalah ama vanili
0
profile picture
kaskus maniac
05-09-2020 15:25
Vanili emg mahal gan, permintaan jg banyak kan skrg
0
profile picture
kaskus maniac
05-09-2020 17:42
Labor intensive gan..
Vanili kagak punya natural pollinator...
Harus dikimpoikan secara manual...
Makanya harganya mahal...
1
Memuat data ...
1 - 3 dari 3 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia