Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
2935
Lapor Hansip
17-07-2010 00:20

[KOMUNITAS] pemakai/pecinta Folding bike (Sepeda Lipat)

Untuk para pemakai/pecinta folding bike (sepeda lipat) bisa gabung disini, buat share ttg sepedanya, jual sepedanya atau bikin event.
[KOMUNITAS] pemakai/pecinta Folding bike (Sepeda Lipat)

Sepeda lipat
Sepeda lipat adalah jenis sepeda yang dapat dilipat. Sepeda lipat memiliki engsel pada rangkanya sehingga bisa dilipat menjadi lebih ringkas. Karena itu sepeda lipat bisa dibawa ke dalam angkutan umum, disimpan di apartemen ataupun kantor dimana sepeda biasa dengan ukuran yang besar tidak diijinkan. Sepeda lipat mulai populer di Indonesia sejak maraknya komunitas pekerja bersepeda. Sepeda jenis ini populer di kalangan penglaju dimana rute-rute pendek mereka tempuh dengan sepeda sementara rute jauh tetap menggunakan angkutan umum.

Jenis Sepeda
Sepeda lipat dikelompokkan berdasarkan ukuran diameter bannya.
Ukuran standar 16 dan 20 inci
Ukuran besar 24 inci


Serba-serbi Sepeda Lipat
  • Sepeda lipat hanya untuk jalan rata yang beraspal. Karena itu jangan sekali-kali memakai sepeda lipat di medan-medan berat (offroad) atau untuk freestyle.
  • Sepeda lipat umumnya tidak memiliki shock depan, sehingga sangat disarankan untuk sebisa mungkin menghindari jalan berlubang atau tidak rata seperti polisi tidur.
  • Tidak disarankan mencuci sepeda lipat dengan semprotan air yang keras/deras. Hal ini untuk menghindari masuknya air ke sela-sela komponen yang dapat menyebabkan karat. Cukup siram perlahan dan bersihkan dengan lap.
  • Sebelum membeli, perhatikan baik-baik ukuran roda dan dimensi sepeda setelah dilipat. Kalau sepeda lipat akan sering dibawa bepergian, cari yang dimensi lipatannya kecil.
  • Harga sangat berpengaruh pada kerapian detil, kemudahan melipat, tingkat presisi, dan kelengkapan tambahan.
  • Bila dipakai dengan baik dan dijaga kebersihannya, sepeda lipat bisa awet dalam waktu sangat lama.



[KOMUNITAS] pemakai/pecinta Folding bike (Sepeda Lipat)

Bagan Sepeda Lipat
  • Secara umum, sebuah sepeda lipat terdiri atas bagian-bagian sebagai berikut (lihat gambar):
  • Stang, bagian yang bisa ditarik
  • Pengatur tinggi-rendah stang
  • Stang bagian bawah
  • Panel pengunci lipatan stang
  • Batang sadel yang bisa diturunkan
  • Pengatur tinggi-rendah sadel
  • Panel lipatan rangka
  • Pedal
  • Gir rantai
  • Rantai
  • Front fender
  • Tempat pengaturan gigi/speed
  • Pelek roda
  • Bagasi
  • Roda
  • Sadel
  • Tempat botol minuman


Berbagai Macam Folding Bike

[KOMUNITAS] pemakai/pecinta Folding bike (Sepeda Lipat)

[KOMUNITAS] pemakai/pecinta Folding bike (Sepeda Lipat)

[KOMUNITAS] pemakai/pecinta Folding bike (Sepeda Lipat)

[KOMUNITAS] pemakai/pecinta Folding bike (Sepeda Lipat)

[KOMUNITAS] pemakai/pecinta Folding bike (Sepeda Lipat)

emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh gilangoranganeh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
[KOMUNITAS] pemakai/pecinta Folding bike (Sepeda Lipat)
30-08-2020 23:04
Malam suhu, butuh info
Kalau mau bikin loncer sepeda lipat apa aja yg perlu di ganti ya ?
Ada rekomendasi item apa dan merk apakah ?
Terimakasih emoticon-Cendol Gan
profile-picture
fransetya memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskus addict
31-08-2020 13:30


Yg dibikin loncer apanya om?? emoticon-Ngakak (S):
0
profile picture
kaskus maniac
31-08-2020 13:45
@guntoyo duuh bingung jawabnya 🤣

Pokoknya lebih ringan dan kenceng untuk menembus jalanan jikalau sepi emoticon-Hammer2
0
profile picture
kaskus addict
31-08-2020 13:47
@wewede loncerin lutut kayanya om emoticon-Hammer (S):
0
profile picture
kaskus maniac
31-08-2020 18:13
@guntoyo paling bener sih ya lutut 🙈

Ceramic bearing ngaruh signifikan gak ya ?
0
profile picture
kaskus addict
31-08-2020 18:53
@wewede belum pernah pake, mungkin nunggu suhu2 dimari yg udah banjir pengalaman pada turun emoticon-Ngakak (S)

Tp yg jelas, yg bakal ngaruh sih
1. Crank - ht2
2. Pedal - bearing
3. Hub - freehub
4. Gearset (FD + RD + Sprocket belakang pake yg kecil + Chainring pake yg gede)
5. Brake for safety
1
profile picture
kaskus maniac
31-08-2020 20:10
@guntoyo mantaap
Ada rekomendasi merk apa gak point 1 - 5nya ? Ngelunjak 🤣
emoticon-Cendol Gan
0
profile picture
kaskus addict
31-08-2020 21:20
@wewede
Kalo buat seli sih biasanya
1. CRANK - SHIMANO (ane pake sora ht2 yg 5bcd 130)
2. PEDAL - WELLGO
3. HFH - ane sih pake novatec biar ada bunyinya wkwkwk, cuman gatau kalo merk lain, blm coba soalnya.
4. Gearset Tiagra atau 105 sekalian emoticon-Ngakak (S),
chainring kalo pake yang set shimano gak usah ganti, kalo mau pake merk litepro atau sejenisnya, crank harus cari yg compatible
5. Tektro atau shimano
0
profile picture
kaskus addict
31-08-2020 21:21
@wewede tp upgrade balik lagi ke kebutuhan om, dirasa aja dulu yg paling penting apa, kalo dirasa cukup ya stop, kalo masih kurang ya upgrade lagi emoticon-Ngakak (S)

Tp coba dari category drivetrain aja dulu yg di upgrade, soalnya itu kontji om
1
profile picture
kaskus maniac
31-08-2020 21:39
@guntoyo mantap om rekomendasinya emoticon-Cendol Gan
1. Udah pake syte hollow 53 (merasa masih kurang)
2. Pedal litepro udah coba pedal lain asa gak nendang
3. Freehub pake raze banding bawaan sepeda oyama sih udah mending cuma berisiknya kayaknya gak sebanding ama loncernya,hahaha novatec lebih oke ya ?
4. Gearset pake murah ltwoo 🙈 (ini ngaruh ya untuk semakin loncer atau cuma memperhalus shifting ya)
5. Nah ini pr sejak ganti whelset bunyi, plus rimsnya kekikis, lagi cari rekomendasi yg oke buat brakepadnya aja apa ya ? Tektro belom nemu di tokped sulit ya carinya suhu ?
0
profile picture
kaskus addict
31-08-2020 22:18
@wewede
1. Ane kurang sreg sama syte atau litepro dkk, mungkin karena blm nemu yg asli ya, banyak bertebaran yg palsu juga soalnya.
Tp kalo udah pake ht2, coba ganti ke ceramic aja, kata orang sih lebih loncer, tp ane juga blm nyoba sih emoticon-Hammer (S). Nanti kalo udah ganti kabarin ya bedanya wkwkwk

2. Oh udah coba wellgo juga? Ane pake sempet pake litepro (k3), tp kekecilan di tapaknya.

3. Sama aja kayanya raze ama novatec, ane pake novatec gara2 jangkriknya sama QR nya, maklum sepeda jadul, bawaannya blm ada QR wkwkwk

4. Rd Fd sih gak terlalu ngaruh, cuman shifting doang, ane sempet pake ltwo empire, rada keras sama blm bisa shifting 3 kali sekaligus deh kalo gak salah CMIIW

5. Wheelsetnya apa ya? Bunyinya merata atau timbul ilang?
Kalo timbul ilang, kemungkinan wheelset rada oleng.

Kalo bunyi rata, ada beberapa kemungkinan, a. pad keras.
b. settingan brake pad sama wheelset gak pas, coba di longgarin semua, setting ulang.

Itu brakepad nya baru juga kah?
0
profile picture
kaskus maniac
31-08-2020 22:33
@guntoyo
1. Nah iya infonya yg bertebaran banyak palsu, nempel merk aja, tapi pabriknya sama. Nah kalau ceramic merk apa ya ? Ada rekomendasi ?
2. Weelgo type apa ? Nanti ane coba carii
3. Sama brarti alasannya jangkrik sama qrnya 🤣
4. Iya agak delay ya juga shiftingnya di gigi bawah, udah berapa kali ke bengkel belom ada yg nemu setingannya (brarri emang kualitasnya ya). Ltwoo ini khan mantan pekerja sram ya infonya.
5. Whelset litepro, bunyi kalau rem aja om, udah ke bengkel juga masih gak ilang, ganti brakepad sih yg standar 20 - 40 ribuan tapi ya masih bunyi kalau rem mendadak gtuu. Kalau kata bengkel langganan sih masalahnya di whlesetnya yg manja, harus pake brakepad bagusan, nah ane lagi cari2 yg oke tapi muermer apa 🙈
0
profile picture
kaskus addict
31-08-2020 22:41
@wewede
1. Ane gak bisa ngasih rekomendasi, tp coba cari bb punya shimano, dateng aja ke toko, coba bandingin sama yg bawaan syte. Terus coba tanya ke toko nya, ada keramik, coba puter2 ama tangan, ada beda apa enggak.
Daripada udah beli nyesel wkwkwk emoticon-Ngakak (S)

2. Wah kalo type mah bebas, yg penting bearing + alloy, jgn yg plastik, kurang nendang.

3. Wkwkkwk balada user sepeda lawas.

4. Secara designer mungkin iya, tp kan ltwoo tujuannya ngancurin harga pasar, pasti ada yg di kurang2in. *no offense buat user Ltwoo wkwkwk, takut di serang.
5. Iya, maksudnya pas long braking itu bunyi nya panjang (ciiiiiiiit) atau ilang timbul (ciit -- ciit --- ciit).
Si brake line di wheelset ada paintingnya kah? Terus si brake line di wheelset ada alurnya gak? Atau mulus?
0
profile picture
kaskus maniac
01-09-2020 07:56
@guntoyo
1. Siaap akan di coba2 🙈
2. Bearing alloy, sementara cukuplah brarti
3. Sepeda lawas ngikutin hype 😂
4. Iya ya, baiklah karena gak ganggu banget, ltwoo aja 🙈
5. Bunyi panjang siih, brake line ada paintingnya hitam, alurnya gak ngerti liatnya gmana, soale banding whelset lama sih terliat sama aja,hahaha
0
profile picture
kaskus addict
02-09-2020 07:15
@wewede
3. Iya wkwkwk
5. Oh itu mah gara2 brakepad keras kayanya, nanti juga lama2 ilang harusnya.
Kalo cit berlanjut hubungi dokter emoticon-Ngakak (S)
0
profile picture
kaskus maniac
02-09-2020 08:24
@guntoyo siaap karena brakepadnya ya, udah gonta ganti brakepad soale,emoticon-Hammer2

Saran bengkelnya cari brakepad agak bagusan dikit biar gak bunyi emoticon-Lempar Bata
0
profile picture
kaskus addict
02-09-2020 08:58
@wewede tp ada dua kemungkinan sih, bisa dari wheelset atau brakepad.
Tp kalo udah gonta ganti brakepad masih sama. Kayanya wheelset
0
profile picture
kaskus maniac
02-09-2020 09:39
@guntoyo dari whleset ya ?
Kalau itu solusinya apa ya ?
Bukan ganti whelsetnya khan ?
emoticon-Hammer2
0
profile picture
kaskus addict
02-09-2020 09:42
@wewede kalo wheelset, harus diliat dulu, alur brake line nya.
Soalnya biasanya alur brakeline itu gak dipainting CMIIW
0
profile picture
kaskus maniac
02-09-2020 17:17
@guntoyo oalah siaap
Setelah cek bengkel lain lagi, whelsetnya emang, ganti brakepad yg bagus juga masih sama aja, yawdah ikhlas yg penting bisa di pake emoticon-Hammer2
0
profile picture
kaskus addict
02-09-2020 19:08
@wewede wkwkwk, iya sih kemungkinannya itu.
Soalnya brake line itu harusnya gak painting.
Nanti lama2 juga enggak kali wkwkwk emoticon-Ngakak (S)
0
Memuat data ...
1 - 20 dari 20 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia