Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
118
Lapor Hansip
22-08-2020 23:17

[COCupang] Newbie Wajib Tahu: Tips Merawat serta Manfaat Ikan Cupang

Cupang Tak Jemu dipandang

[COCupang] Newbie Wajib Tahu: Tips Merawat serta Manfaat Ikan Cupang

Suka memelihara ikan cupang? Di balik wujud kecil, imut, dan berwarna, ikan cupang memiliki banyak manfaat bagi Agan Sista yang memeliharanya. Bukan hanya bisa dijadikan lahan uang, cupang tak jemu dipandang juga membuat berbagai manfaat lain. Simak informasi berikut, ya.


emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus


Selain cantik dan menarik, ikan cupang juga menjadi trend di tengah pandemi. Beberapa artis dalam negeri pun memeliharanya, seperti Ashanty, Gisella, dan Baim Wong. Bahkan, harga yang fantastis tak menjadikan peminat ikan cupang undur diri. Banyak yang membandrol harga tinggi untuk ikan cupang yang berbentuk dan berwarna menarik dan langka.

Nah, apa saja, sih, manfaat ikan cupang? Berikut informasi lengkapnya:

1. Sebagai Hiburan
Foto Dokumentasi Pribadi

Ikan cupang tak jemu dipandang, membuat sebuah hiburan tersendiri bagi pemiliknya. Selain mudah dirawat, ikan cupang juga membuat kita lebih fresh memandang keindahan warna dan bentuknya dalam sebuah aquarium kecil. Tak perlu tempat yang besar, karena ikan cupang tidak hidup secara berkoloni.


2. Mencegah DBD
Foto Dokumentasi Pribadi

Ikan cupang tak jemu dipandang, hewan kecil satu ini juga bermanfaat untuk mencegah demam berdarah atau DBD. Mengapa bisa demikian? Ikan cupang dalam aquarium yang diletakkan di beberapa ruangan akan menarik perhatian nyamuk untuk bertelur. Pada dasarnya, nyamuk suka bertelur di air yang tergenang. Nah, saat nyamuk-nyamuk ini bertelur, otomatis jentiknya akan dimakan oleh ikan cupang dan tidak berhasil terlahir menjadi nyamuk berbahaya DBD.

Quote:Penelitian yang diterbitkan di Jurnal Sains Nasional Universitas Nusa Bangsa membandingkan daya predator antara ikan cupang dan ikan guppy. Hasilnya, ikan cupang memiliki daya makan paling banyak mencapai 89 ekor jentik dalam waktu enam jam. Sedangkan ikan guppy paling banyak hanya 47 ekor dalam waktu enam jam.


Semakin banyak Agan dan Sista memelihara dalam aquarium kecil yang terpisah, semkin banyak jug kesempatan ikan cupang mencegah DBD. Agan dan Sista juga bisa meletakkan ikan cupang di wadah penampungan air yang terbuka. Masih mikir-mikir mau pelihara? Buruan!


3. Cocok untuk Mempercantik Rumah Minimalis
Foto Dokumentasi Pribadi

Terkadang, pemilik rumah minimalis bingung menentukan hiasan yang cocok untuk rumahnya yang memiliki ruang terbatas. Selain mudah dirawat, ikan cupang juga memiliki seni tinggi. Aquarium kecil bisa dihias dengan bebatuan warna-warni dan beberapa tambahan tumbuhan plastik seperti foto di atas. Letakkan di meja atau sudut ruangan, bisa juga di dekat rak. Menghemat tempat, tetapi enak dipandang mata. Cocok untuk mempercantik rumah minimalis, bukan?


4. Membuat Rileks, Berbagai Penyakit Sembuh
Foto Dokumentasi Pribadi

Melihat keindahan ikan cupang -tidak peduli harga terjangkau atau harga sultan- pastinya membuat Agan dan Sista menjadi lebih tenang, nyaman, dan rileks. Hal itu, memicu hormon kebahagiaan yang membuat Agan dan Sista bisa terhindar dari berbagai penyakit seperti: hypertensi, insomia, bahkan maag. Mengapa demikian? Hati yang gembira adalah obat. Awal yang baik untuk mengurangi stress dan menyembuhkan penyakit yang dipicu oleh stress.

Selain itu, pemeliharaannya cukup mudah. Agan dan Sista tidak akan direpotkan jika memelihara ikan cupang karena kecil dan tidak memakan banyk tempat.



Foto Dokumentasi Pribadi


Setelah mengetahui empat manfaat di ata, Agan Sista makin yakin memelihara ikan cupang, bukan? Selain informasi di atas, ada beberapa tips merawat ikan cupang yang wajib diketahui para newbiesebagai berikut:

1. Siapkan wadah atau tempat ikan cupang terlebih dahulu. Agan Sista yang masih newbie, bisa memilih aquarium kecil berukuran 20x15x15cm atau bisa menggunakan toples. Agan dan Sista bisa mengaplikasikan dengan bebatuan warna-warni seperti contoh foto milik Ane yang simple, tetapi enak dipandang mata.

2. Perhatikan air untuk ikan cupang. Ikan cupang merupakan ikan air tawar, baiknya Agan dan Sista menggunakan air sumur untuk memelihara ikan cupang. Jika tidak ada, bisa menggunakan air PDAM. Namun, perhatika untuk meletakkan air di ember selama beberapa saat sebelum digunakan mengisi aquarium ikan cupang. Ini bertujuan jika air mengandung sesuatu, terendap dahulu di dasar ember. Agan dan Sista bisa mengambil permukaannya yang jernih.

3. Memberi makanan ikan cupang secukupnya saja. Pemberian makanan ikan cupang yang banyak membuat aquarium cepat kotor. Jadi, walau gemas, Agan dan Sista jangan berlebihan memberi makan, ya?

4. Membersihkan aquarium secara rutin. Minimal seminggu sekali untuk membersihkan aquarium. Selain agar tidak mudah kotor, membersihkan aquarium secara rutin juga menghindarkan adanya jamur yang mengganggu hidupnya ikan cupang.

5. Memperhatikan suhu penempatan aquarium. Hal ini sering kali diabaikan oleh pemilik ikan cupang. Para newbie, sebaiknya meletakkan ikan cupang dalam suhu normal. Tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin agar menghindarkan pertumbuhan jamur pada sirip ikan cupang maupun jamur di dalam aquarium.


emoticon-Jempolemoticon-Jempol emoticon-Jempol



Cara Mengembangbiakan Ikan Cupang


1. Pilihlah indukan ikan cupang jantan dan betina terlebih dahulu. Ikan cupang jantang bisa mulai dikembangbiakan pada usia 4 sampai 8 bulan, sedangkan ikan cupang betina pada usia 3 sampai 4 bulan.

2. Setelah memilih indukan, Agan Sista bisa menyiapkan tempat pemijahan dengan air yang bersih dan jernih. Sebaiknya, diamkan air pada tempat selama semalam sebelum memindahkan ikan.

3. Siapkan tanaman air untuk tempat berlindung anakan ikan ke dalam tempat pemijahan.

4. Masukkan ikan cupang jantan yang sudah siap kimpoi ke dalam tempat untuk membuat gelembung-gelembung udara yang akan digunakan untuk menyimpan para telur yang sudah dibuahi. Hal ini memakan waktu satu hari.

5. Masukkan induk betina jika gelembung tersebut sudah siap. Letakkan di tempat yang tenang agar tidak terganggu karena ikan cupang cukup sensitif. Pemijahan ikan cupang biasanya terjadi pada rentang waktu pukul 07.00-10.00 dan pukul 16.00-18.00 kurang lebih sekitar itu.

6. Angkat indukan betina dari tempat pemijahan karena betina bisa memakan para telur. Ikan cupang jantan yang akan bertugas menjaga telurnya dan dipindahkan ke dalam gelembung.

7. Setelah tiga hari, telur akan menetas. Mereka tidak perlu diberi makan.

8. Setelah dia minggu telur menetas, ambil ikan cupang jantan dari tempat pemijahan. Pindahkan anak ikan ke tempat yang lebih luas serta beri kutu air atau larva nyamuk sebagai makananannya.

9. Setelah berusia satu setengah bulan, Agan dan Sista bisa memisah ikan cupang tersebut berdasarkan jenis kelaminnya.


Cara membedakan jenis kelamin ikan cupang:


Quote:Jantan
- Siripnya panjang dan berwarna terang
- Bentuk badannya panjang
- Gerakannya lincah


Quote:Betina
- Siripnya pendek dan warnanya kusam
- Bentuk badannya lebih bulat
- Gerakannya lambat



Nah, sudah menambah wawasan dan minat Agan dan Sista yang ingin memelihara ikan cupang, 'kan?
Jangan lupa untuk berbagi cendol, rate bintang lima, serta berbagi wawasan seputar ikan cupang lainnya.
Terima kasih.
~Salam Belajar Bersama Bisa~


emoticon-terimakasihemoticon-terimakasih emoticon-terimakasih



[COCupang] Newbie Wajib Tahu: Tips Merawat serta Manfaat Ikan Cupang

Sumber referensi di sini
Narasi + foto dokumentasi pribadi
Tips memelihara menurut pengalaman pribadi
Diubah oleh rens09
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rainydwi dan 27 lainnya memberi reputasi
28
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
[COCupang] Newbie Wajib Tahu: Tips Merawat serta Manfaat Ikan Cupang
25-08-2020 15:09
Ane dulu pas ngekos di malang piara cupang sama temen2 kos, cuma sering loncat dr wadahnya gan.. dan biasanya gantian, hari ini cupang ane, besoknya cupang temen aneemoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
pisanghijau7 dan rens09 memberi reputasi
2 0
2
profile picture
KASKUS Plus
25-08-2020 15:12
Terus? Mati ikannya?
0
profile picture
kaskuser
25-08-2020 15:14
Tewas gan.. padahal ud senang ane sebelumnya hunting cupang.. eh beberapa hari kemudian tewas mengenaskanemoticon-Mewek
0
profile picture
KASKUS Plus
25-08-2020 15:55
@hunterzuz89 kasihan. Lain kali bisa lebih berhati-hati merawat Gan
0
profile picture
kaskus addict
25-08-2020 18:37
kok bisa loncat dari wadah gitu ya gan? apa emang naruhnya dideketin sama cupang yg laen? jadi mereka berasa kek di adu gitu, makanya smpe keluar wadah segala. tapi klo utk cupang mati ane juga gitu sih, gatau kenapa gak awet klo melihara cupang
1
profile picture
kaskuser
27-08-2020 23:03
Sama gan ikan cupangku juga loncat dari wadahnya dulu ada 6 ekor sekarang tinggal 2 ekor😢 q kira cma ikan lele yang bisa loncat dr kolam ternyata ikan cupang juga bisa loncat dr wadah

1
profile picture
KASKUS Plus
28-08-2020 00:11
@Mawarhitam22 mungkin kebanyakan airnya Gan
0
Memuat data ...
1 - 6 dari 6 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Komik & Ilustrasi
wisanggeni-lahir
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia