News
Batal
KATEGORI
link has been copied
154
Lapor Hansip
20-08-2020 21:11

Sinovac Siap Suplai 40 Juta Dosis Vaksin ke Bio Farma Mulai November 2020

Sinovac Siap Suplai 40 Juta Dosis Vaksin ke Bio Farma Mulai November 2020
Bisnis.com, JAKARTA - Sinovac Biotech Ltd.,berkomitmen menyuplai bulk vaksin hingga 40 juta dosis mulai November 2020 - Maret 2021 ke PT Bio Farma (Persero) dan memberikan prioritas setelahnya.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di sela kunjungannya ke China, Kamis (20/8/2020) untuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi dan tiga produsen vaksin Covid-19.

Dalam kunjungan tersebut, Menlu Retno yang didampingi oleh Menteri BUMN Erick Thohir menyaksikan penanda tanganan MoU antara Sinovac dan Bio Farma.

Baca Juga : Menlu Retno Terbang ke China Temui 3 Produsen Vaksin Covid-19

MoU tersebut menyepakati dua hal, yakni pertama, menyepakati prelimanary agreement of purchase and supply of bulk product of Covid-19 vaccine terkait dengan komitmen menyediakan bulk vaksin hingga 40 juta dosis vaksin mulai November 2020 - Maret 2021 kepada Bio Farma.

"Kedua, MoU untuk komitmen kapasitas bulk vaccine 2021. Sinovac akan memberi prioritas untuk suplai bulk vaccine setelah Maret 2021 hingga akhir 2021. Ini adalah kerja sama cukup panjang antara Bio Farma dan Sinovac," kata Retno dalam press conference secara virtual Kamis malam.

Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan bahwa kerja sama ini tidak berarti Bio Farma sekedar membeli vaksin, tetapi juga dilakukan transfer teknologi.

Baca Juga : Vaksin Corona, Jokowi Prediksi Vaksinasi Bisa Dimulai Awal 2021

"Ini kerja sama yang win-win. Bahwa Bio Farma bukan tukang jahit, tetapi kesepakatan Bio Farma dengan Sinovac ada yang namanya transfer knowledge dan transfer teknologi," ungkap Erick.

Hal yang sama juga ditekankan dalam kunjungan dengan Vice President Sinopharm dan Vice President Cansino. Keduanya juga tengah mengembangkan vaksin Covid-19.

Sinopharm dan Group 42 (G42) asal Uni Emirat Arab (UEA) telah melakukan uji klinis fase 3 vaksin Covid-19. Sementara CanSino baru saja mendapat izin paten kandidat vaksin Covid-19 Ad5-nCOV pada 11 Agustus 2020.

Pada keesokan harinya, Jumat (21/8/2020), kedua menteri direncanakan akan melanjutkan perjalanan ke UEA untuk melakukan kunjungan terkait vaksin.

https://m.bisnis.com/ekonomi-bisnis/...-november-2020

naaaahemoticon-Malu

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Junmai92 dan 11 lainnya memberi reputasi
10
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Sinovac Siap Suplai 40 Juta Dosis Vaksin ke Bio Farma Mulai November 2020
21-08-2020 09:19
Quote:Original Posted By PSmania
Saat ini ada 4 vaksin yang sudah masuk ke tahap 3 trial. Sinovac (China), Moderna (Cambridge, Massachusetts US), Oxford + AstraZeneca (Cambridge, UK), dan BioNTech (Meinz, Germany). Rusia (Gamaleya) malah sudah selesai trialnya dan diharapkan masuk ke tahap produksi.

Jujur saya belum mengerti kenapa Indonesia memilih untuk bekerjasama dengan Sinovac, karena dari semua vaksin tersebut, vaksin dari Sinovac per tanggal 31 Juli paling sedikit peserta trialnya. Belum lagi ada riwayat tidak mengenakkan di tahun 2018 dimana 200rb anak menjadi korban penyuntikan “defective DPT vaccine” produksi dari China dan beberapa anak mengalami paralisis. Saat ini dari negara ASEAN selain Indonesia ada Filipina dan (mungkin) Malaysia yang turut serta trial dari Sinovac.

Yang perlu ditekankan adalah ini baru masuk tahap 3. Jadi saat ini belum ada vaksinnya. Jadi kita masih harus menjaga diri dan keluarga dengan menjaga kesehatan, self distancing, dan memakai masker.


Tipe virus corona yg beredar di indonesia mayoritas sama dgn virua corona di wuhan makanya bio farma kerjasama dgn sinovac

Nah corona tipe eropa yg beredar di indonesia emang sedikit tp ada kok bio farma juga kerjasama dgn CEPI eropa untuk pengembangan vaksin corona..nah untuk progresnya emang blm tahuemoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
entop dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
profile picture
kaskus holic
21-08-2020 11:02
Boleh agan kasih info link yang menyatakan virus SARS-Cov-2 di Indonesia mayoritas sama dengan yang di Wuhan?

Dari sumber yang saya baca di Indo malah ada 3 strain baru tipe S, G, dan V yang beda dengan negara lain.

Isolat virus pertama dari Wuhan dinamakan D614, kalau yang menyebabkan outbreak di Eropa tipe G614, dan kemudian muncul lagi di wilayah Asia tipe D614G.

Saya dengarnya kalbe dan satu lagi produsen yang akan bekerjasama dengan lembaga selain Sinovac. Tapi belum dijelaskan sama siapa.
0
profile picture
kaskus geek
21-08-2020 11:32
@PSmania kalbe sama korea klo g salah
dan akan lebih lama lagi jadinya
0
profile picture
Auto Banned
22-08-2020 02:08
@PSmania nah, ini yang sebenarnya gw heran. apakah tidak terlalu terburu2 pemerintah untuk kerjasama penyediaan vaksin ratusan juta?

sepertinya pemerintah kita agak kebingungan .. gak bisa mendisiplinkan masyarakatnya, dan solusinya ya cuma vaksin secepat2nya.

apakah mungkin vaksin tersebut efektif? treakhir gw baca sudah ada mutasi covid19 yang beberapa kali lebih cepat menular dari virus awalnya? dan sekarang sudah ada yang bergejala happy hypoxia?

https://www.thejakartapost.com/seasi...-malaysia.html

https://www.kompas.com/tren/read/202...asien?page=all


saya takutnya, sudah terlalu banyak strain yang ada di dunia dan indonesia sekarang. apakah mungkin virus ini sangat cepat beradaptasi sehingga bisa membuat strain2 baru dalam waktu yang singkat? dan apakah solusi vaksin seperti sekarang ini memang yang dibutuhkan ATAU apakah bisa jadi ini sesuatu hal yang berbahaya? karena bisa jadi ada mutasi baru dari sang virus? atau penyuntikan vaksin yang terburu2 bisa mendatangkan virus jenis baru yagn justru lebih sulit dilawan?

what do you think:? saya gak punya background ilmu kesehatan sama sekali, tapi entah kenapa kok saya mencium sesuatu yang kurang enak? sudah tepatkan langkah2 kita ini? atau menurut ente, apa sebenarnya yang terjadi dan langkah2 apa yang sebaiknya dilakukan?

saya punya impresi bahwa kita sebagai sebuah bangsa sedang bermain2 dengan virus ini DAN takutnya yang terjadi justru sebaliknya, bahwa virus ini yagn sedang bermain2 dengan kita emoticon-Big Grin







Fauci has previously said he worries about the “durability” of a coronavirus vaccine, saying if Covid-19 acts like other coronaviruses, it may not provide long-term protection.
https://www.cnbc.com/2020/08/07/coro...not-great.html
0
profile picture
kaskus holic
22-08-2020 15:29
@bh1nn3k4

Halo gan, sebenarnya pertanyaan agan bisa dibuat simpel menjadi apakah vaksin yang saat ini diteliti bisa mencakup semua strain virus SARS-Cov-2 yang ada atau spesifik untuk 1 strain?

FYI vaksin itu berfungsi sebagai calo dalam memperkenalkan virus ke antibodi. Jadi gampangnya vaksin akan nempel ke virus di beberapa site/titik permukaan kemudian site tersebut akan dikenali oleh antibodi, dideketin, ditempel, terus dimakan deh emoticon-Smilie

Nah, variasi strain pada virus SARS-Cov-2 saat ini diketahui hanya variasi spike dan beberapa site saja, dimana masih banyak persamaan sitenya. Jadi diharapkan walau pun ada perbedaan, vaksin akan tetap bisa menempel di site yang sama sehingga tetap bisa bekerja dengan baik.

Yang perlu ditekankan adalah kata “saat ini” ya. Berhubung virus ini juga masih baru jadi masih perlu diteliti lebih lanjut. Tapi dari informasi yang ditemukan saat ini variasi virus belum perlu dikhawatirkan akan mempengaruhi produksi vaksinnya.

Kalau untuk masalah lama efek vaksin di dalam tubuh atau durability, jujur saya belum bisa jawab. Karena vaksinnya juga baru masuk tahap 3 trialnya jadi masih terlalu dini untuk diitanyakan. Kita masih harus menunggu hasil trialnya dulu.

Semoga sedikit menjawab pertanyaan agan ya emoticon-Smilie
1
profile picture
23-08-2020 17:24
@PSmania kalbe kerjasamanya dgn UEA bukan?yg notabene UEA jg dpt calon vaksinnya dari sinopharm..
0
profile picture
kaskus holic
23-08-2020 20:21
@fourzerosix406
Yang sama UAE itu kimia farma gan. Iya betul UAE kerjasamanya dengan Sinopharm, China. Kalau kalbe isunya mau kerjasama dengan korsel. Tapi belum ada kabar lagi.
0
profile picture
23-08-2020 20:23
@PSmania oiya korsel yg Gen apa gitu ya..iya gak ada kabar lagi, padahal beritanya lebih dulu daripada sinovac..
0
Memuat data ...
1 - 7 dari 7 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia