Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
173
Lapor Hansip
18-08-2020 11:16

Mengapa Banyak Orang Suka Musik Klasik?


Bersama saya,dan...hy.
Quote:Selera musik adalah preferensi masing-masing orang.

Musik klasik memang tidak pernah lekang oleh waktu,begitu indah,dan musik klasik terkadang membuat beberapa orang menjadi lebih fokus saat mempelajari suatu hal.
Tetapi… pernahkah agan bertanya  kenapa musik klasik tak lekang oleh waktu dan kenapa kita menyukainya?yap,sangat sulit menjawab pertanyaan ini karena selera musik adalah preferensi masing-masing orang dan bisa saja kita berbeda.
Tetapi dalam kasus musik klasik, hampir semua orang sama setuju kalau musik klasik itu indah dan tidak akan membosankan. Ini sama seperti analogi orang bertanya kenapa orang begitu suka bentuk Ferrari?yap benar keindahan itu preferensi pribadi,namun hampir semua orang setuju kalau Ferrari itu keren.Jadi,tidak salah kalau kita bertanya,kenapa orang suka musik klasik?
Sebelum kita bahas pertama kita mesti tahu apa itu musik klasik dan kisah hidup salah satu komposer musik klasik agar lebih terbawa nuansa,hehe.
Quote:Musik berdasarkan tahun kemunculannya itu dibagi menjadi enam.Musik Medieval,renaissance,baroque,classical,romantic,dan 20 th Century.Musik klasik adalah music yang berasal dari tahun 1730 sampai 1820.Tetapi definisi ini cukup variatif tergantung dimana asal musik itu,bisa saja definisi music klasik di Asia itu berbeda dengan Eropa.

Tetapi pemahaman orang awam seperti saya,musik klasik adalah musik asal Eropa yang usianya sudah berabad-abad dan dimainkan dengan instrumen seperti piano,biola dan lain-lain,dan tentu saja tanpa lirik! hehe.
Komposer musik klasik itu banyak yang hebat, seperti Mozart, Beethoven, Bach, Chopin, Vivaldi, Johan Strauss dan masih banyak lagi.Tetapi kita ambil musik klasik Beethoven dan kisah hidupnya yang perih dalam kita mencari jawaban,kenapa orang suka musik klasik.Kisah Beethoven kita bagi dalam tiga tahap,tahap awal,pertengahan,dan tahap akhir.
Beethoven si jenius dan perjalanan hidupnya yang pahit--Tahap awal kehidupan
Mengapa Banyak Orang Suka Musik Klasik?


Quote:Ludwig Van Beethoven lahir pada tahun 1770 di Bonn,Jerman.Beethoven sudah mempelajari music sejak kanak-kanak dan melakukan penampilan public pertama pada saat usianya 8 tahun.Berbeda dari kebanyakan komposer klasik lainnya,Beethoven tidak di danai oleh kerjaan atau kaum aristokrat,dia bermain dan membuat musik diruangannya sendiri.Beethoven juga seorang yang miskin dan tuli sebelum puncak kejayaannya

Pada tahun 1792 Beethoven pindah ke Wina,Austria.Ini menjadi periode awal perkembangan musiknya hingga tahun 1800.Pada periode ini, Bethoven kebanyakan bermain musik dengan instrumen piano.Di periode ini pendengaran Beethoven juga mulai terganggu.

Beethoven Mulai Tuli -- Tahap pertengahan kehidupan



Periode pertengahan pada tahun 1800-an,Beethoven mulai mengimajinasikan musiknya melalui instrument lain,tak hanya piano.Ini adalah periode paling produktif Beethoven dengan karya masterpieceyang cukup banyak.

Setelah periode ini,dari 1809,Beethoven mulai redup dan tenggelam dalam menciptakan karya music karena penyakit fisik dan mental.Bahkan pada tahun 1815 Beethoven  melakukan percobaan bunuh diri akibat perihnya kehidupan.Pada periode ini Beethoven telah menjadi benar-benar tuli.Bahkan hingga tahun 1818 Beethoven hampir tidak mengeluarkan satu karya pun.
Beethoven Kembali Menggelora--Tahap akhir kehidupan



Dengan kondisinya yang tuli dan kehidupan yang begitu berat,Beethoven pada akhir periodenya mengeluarkan salah satu masterpieceterbaiknya, The 9th symphony (1818-23) yang hadir bagaikan sebuah keajaiban luarbiasa yang diingat manusia sebagai salah satu hal yang paling indah yang bisa didengar manusia.Beethoven pun hingga akhir hayatnya telah menciptakan karya-karya yang begitu luarbiasa.
-----


Kembali ke tema,kenapa orang suka musik klasik seperti beethoven,Mozart dan lainnya?

1. Indah

Quote:Kembali ke awal,musik adalah preferensi masing-masing.

Musik klasik itu kompleks,rumit,sulit,emosional,imajinatif,abstrak namun dibalut seakan simpel dan tentu saja indah.Musik klasik seakan menjadi masterpiece umat manusia yang tak akan pernah hadir untuk kedua kalinya.Hal ini yang membuat oang selalu ingin mendengar musik klasik dan gak akan pernah bosan karena karakteristik itu.Karakteristik demikian juga membuat musik klasik seakan tidak pernah usang dimakan zaman.

2. Representasi si komposer

Yap,komposer adalah dalang utama sebuah music klasik.Musik klasik bisa saja adalah kisah kehidupan atau pengalaman seorang komposer yang dibalut dalam musik.Lihat saja melodinya kadang berwarna seperti ia sedang marah,betapa frustasinya hidup,senang,jatuh cinta dan sebagainya (terlepas benar atau tidaknya menurut sang komposer) yang dibalut dalam sebuah seni yang menakjubkan.Ini sebagai salah satu alasan yang membuat Sebagian orang cinta akan music klasik yakni sejarah hidup sang komposer serta kisah dibalik musik tersebut.Seperti yang dilakukan Vivaldi dalam masterpiece nya the four season dimana iya menceritakan keadaan 4 musim kedalam sebuah musik yang indah.

3.Imajinatif bagi si pendengar

Ya,mendengar musik klasik membangun imajinasi kita sebagai sang pendengar.Alasan kenapa mendengar musik klasik itu membangun imajinasi bebas menurut penelitian neurosains adalah musik klasik  berpengaruh terhadapa sistem saraf.Juga Saat mendengar music klasik,kita akan otomatis mengimajinasikan sebuah kisah sesuai representasi melodi,ritme dan harmoni lagu klasik.Efek ini sering disebut musical geography atau imajinasi yang ditimbulkan berkat kombinasi karakteristik music musik klasik,budaya si pendengar,dan pengalaman si pendengar.

4. Menstimulasi mental

Hal itu dimungkinkan berkat perpaduan kompleksitas serta keindahan musik klasik yang berpengaruh kepada otak manusia.Menurut sebuah penelitian terbaru,Saat mendengar musik klasik, maka akan meningkatkan aktivitas gen yang terlibat dalam sekresi transporter dopamin,sinaptik neurotransmisi,pembelajaran dan transmisi.Hormon dopamine sendiri adalah senyawa kimiawi di otak  yang mempengaruhi kemampuan mengingat,menggerakkan anggota tubuh,dan pengendali emosi sehingga hal itu membuat Sebagian orang bisa Bahagia,mengurangi stress,mudah belajar,hingga mengubah mood.efek itulah yang membuat orang suka dan ketagihan mendengar musik klasik.

Alasan tersebut menjadi sedikit dari banyak alasan mengapa orang suka musik klasik dan tak akan pernah bosan mendengarnya.Walau sang komposer telah beratus-ratus tahun meninggal dunia,namun musiknya akan terus hidup dan diingat sebagai salah satu pencapaian terbesar umat manusia.Demikian.

Thank,

Saleum.
Sumber : tulisan pribadi
Referensi : kemari ,kesini , kemari .
Diubah oleh bintanghu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SawalHisoka dan 37 lainnya memberi reputasi
38
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Mengapa Banyak Orang Suka Musik Klasik?
20-08-2020 21:32
Quote:Original Posted By dodykn
beethoven, mozart, vivaldi favorit ane...soalnya dari masih umur 5 tahun suka dengerin lagu fur elise dari kaset punya bokap, sampe sekarang masih lebih suka klasikal instrumental ketimbang genre lagu lain.


Keluarga dengan selera musik yang tinggi nih
0 0
0
profile picture
kaskus maniac
20-08-2020 21:49


Soalnya almarhum papa dulu punya banyak kaset2 instrumental song terutama Richard Clayderman.
0
Memuat data ...
1 - 1 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia