Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
226
Lapor Hansip
16-08-2020 14:16

Hati-hati Dengan Ambisi GanSis, Dalam Berbinis Segalanya Perlu Perencanaan

Motivator "Bisnis Tanpa Modal", Tolong Kaji Ulang Motivasi Yang Anda Telah Sebar.


Ilustrasi : google.com


Hai AganSista Kaskuser..

apa jadinya ketika jiwa ambisius jatuh ke orang yang salah, apa akibatnya?

Pengalaman unik pernah ane dapatkan soal ini nih gan. Sore itu, ane yang sedang duduk sendiri dibalkon rumah sembari ngopi, tiba-tiba ane didatangi oleh bokap. Beliau menyampaikan keinginannya untuk memulai suatu usaha. Bokap kepingin buat perusahaan rintisan (Start-Up), ane terkejut dengan recana tersebut.

Kemudian ane bertanya dibalik keinginannya tersebut, "Mengapa?," dan berikut jawabannya.

"Ayah terpikirkan untuk mencoba hal baru untuk bertahan ditengah situasi sulit sekarang ini," kira-kira begitulah jawaban bokap ane.

Memang wajar, semua juga pastinya akan melakukan hal yang sama untuk bertahan ditengah masa krisis seperti saat ini. Namun, untuk kasus seperti bokap ane yang menjadi ambisius buta karena sebuah dorongan, rasanya tidak bisa diwajarkan.

Kemudian, tetap untuk meluruskan pemikiran ane pribadi yang keliru akan pembicaraan tersebut, karena tidak sepenuhnya menangkap keinginan bokap. Lantas ane bertanya lagi kepada beliau,"Kemudian apa langkah awal ayah?, darimana ayah akan memulai mengembangkan bisnis rencana ayah ini?," ujar ane.

Bokap menjelaskan semuanya tahapannya kepada ane, sejauh yang dapat ane pahami, bokap akan memulai memanfaatkan relasinya untuk memulai binis. Diawali membangun grup bisnis melalui grup whatsapp, beliau rutin sekali menjadi moderator grup chatnya tersebut. Kemudian, pada pengembangan rencana bisnisnya lah yang menjadi masalah bagi ane, bokap terkesan se-akan bersikap tidak realistis.

Motivator "Bisnis Tanpa Modal", Tolong Kaji Ulang Motivasi Yang Anda Telah Sebar.


Kembali pada persoalan perusahaan start up, bokap meminta ane untuk membuat website berbasis e-Marketplace untuk bisnisnya tadi. "Lantas darimana biaya untuk menjalankan rencana itu?," kembali bokap menjawab, "Ayah akan menerapkan sistem berbayar kepada relasi ayah yang mau menggunakan atau mendaftarkan jasa atau produknya pada website itu."

Bokap sempat memberikan ane kalkulasi soal anggaran yang diperlukan, juga keuntungan yang diterima dari sistem website berbayarnya tersebut. Disitulah ane menolak untuk diajak berkerja-sama membangun start-up ini, bokap bersikap seolah tidak realistis, cara beliau mengkalkulasikan anggaran serta keuntungan tidak tepat rasanya jika diterapkan pada bisnis yang berbasis digital. Dan, tidak cukup hanya berpatokan kepada kedua hal tersebut untuk memulai start-up ini. Karena ane rasa kemampuan babeh ane, bahkan ane tidak cukup untuk membuat bisnis sebesar itu.

Hari ini perusahaan besar yang melabeli dirinya sebagai start-up, pastinya tidak "asal-asalan" menjalaninya. Menurut ane, dibalik cerita suksesnya start-up yang telah melambung namanya, pasti ada pengorbanan yang tidak sedikit hanya jika dibandingkan dengan keuntungan yang diterima olehnya. Malah sejak dahulu hingga saat ini ada stigma yang terkenal untuk para perusahaan rintisan, yang biasa dikenal dengan "Invetasi bakar uang", apa itu? Monggo diulik sendiri istilah itu.

Kembali kepada topik persoalan, ane tetap akan berkata bokap tidak realistis, mengapa? Diperlukan pengalaman yang lebih dari sekedar ambisius buta atau berpegang kepada keyakinan tanpa arah tujuan.

Bokap tidak tumbuh dengan konsep bisnis digital, beliau berkembang dimasa ojek tidak dapat dipesan melalui aplikasi, atau membayar sesuatu hanya menggunakan QR-Code. Kesimpulannya, bokap bukan orang kompeten untuk bidang start-up.

Penekanan ane disini soal modal, iya memang ane setuju, uang bukan hal yang utamanya sebagai modal. Hal-hal diluar itu, macam skill, relasi, dan yang lain-lain juga penting. Disini ane maksud untuk menginspirasi yang lain, bahwa hal-hal tersebut yang ane bilang perlu juga ditingkatkan, jika uang yang jadi kendala. Juga, bersikap realistis perlu untuk mengukur kemampuan seberapa jauh usaha yang kita lakukan dapat bertahan.



ETA !!




BEWARA!!

Quote:Meluruskan kejadian yang sempat keliru soal ilustrasi di awal ane membuat thread, sekarang ane turunkan ilustrasi yang kemarin dan ane ganti dengan gambar lain. Juga, ane memasukan video dari youtube secara utuh supaya jelas kalo ane menggunakan thumbnail video basuki surodjo kemarin, adalah sebagai ilustrasi untuk menguatkan argumen ane "Bahwa bisnis tidak bisa tanpa modal", dan bukan untuk menyudutkan pihak yang dicantumkan dalam ilustrasi. juga, ini ane harapkan bisa sebagai media klarifikasi bahwa basuki surodjo bukan tokoh dalam tulisan yang ane maksud, Thanks!


Quote:Original Posted By basukisurodjo
Benar Sekali Usaha Tanpa Modal = HOAX alias tidak BENAR , semu butuh MODAL PASTINYA

Video Content Youtube saya "BASUKI SUROJO" yang saya buat bisa cek disini :

Yang Bilang BISNIS tanpa MODAL = HOAX, ingat Pengusaha Pemula jangan percaya !

dengan JUDUL :

Yang Bilang BISNIS tanpa MODAL = HOAX, ingat Pengusaha Pemula jangan percaya !

Tetap Perlu Modal tenaga, pikiran, relasi ......

Salam,

Basuki Surodjo
IG : basukisurodjo
Youtube : Basuki Surodjo

dan pastinya saya PENGUSAHA IT cek yang memberikan motivasi kepada anak2 muda Indonesia dan bukan MOTIVATOR


TERIMAKASIH!
Diubah oleh pujanggasenja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raliakbarrr dan 49 lainnya memberi reputasi
50
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Motivator "Bisnis Tanpa Modal", Tolong Kaji Ulang Motivasi Yang Anda Telah Sebar.
17-08-2020 08:25
inilah kenapa segala sesuatu yg made in Indonesia kadang perlu dipertanyakan kredibilitasnya emoticon-Ngakak

org motivator2 gituan cmn nyari jumlah view doang dan dapet penghasilan dari adsense kok dipercaya. ngasi judul clickbait. emng dia sendiri udah sesukses apa? emoticon-Ngakak what a joke

maw motivasi yang sesungguhnya?

only wealth creates wealth, not hard work.

0 0
0
profile picture
kaskuser
17-08-2020 08:32


Gan bukan motivator yang gambarnya jadi ilustrasi, malah dia juga setuju bisnis itu butuh modal emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Blue Guy Peace tapi memang ane setuju untuk yang lainnya, ada juga yang emang cari adsense buat makan
0
Memuat data ...
1 - 1 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Poetry
sahur
Stories from the Heart
the-wisdom-of-love
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
B-Log Collections
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia