News
Batal
KATEGORI
link has been copied
30
Lapor Hansip
14-08-2020 20:05

Sebentar Lagi, Drone Bisa Wira-wiri di Langit RI Angkut Barang

Quote:
Sebentar Lagi, Drone Bisa Wira-wiri di Langit RI Angkut Barang


Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto membeberkan, pesawat tanpa awak atau drone akan segera mengudara di Indonesia untuk keperluan kargo.

Novie mengatakan, drone tersebut akan bertugas mengangkut kargo mulai dari di kawasan perkotaan, hingga ke Papua.

"Kita tahu teknologi pesawat udara ini berkembang terus. Bahkan, ke depan ini, sebentar lagi akan ada drone yang akan dioperasikan baik di perkotaan sampai ke Papua sana untuk mengangkut kargo," kata Novie dalam webinar Kemenhub, Jumat (14/8/2020).

Ia mengatakan, anak buahnya di Direktorat Jenderal Perhubungan Udara terus memantau perkembangan transportasi udara termasuk drone setiap saat. Sehingga, pihaknya bisa menyiapkan aturan keamanan dan pengawasan yang tepat ketika drone beroperasi.

"Kami mengutamakan SDM kita khususnya yang menjalani pengawasan ini mereka selalu tetap update ilmu safety-nya termasuk komunikasi yang sekarang sangat lancar dengan sarana telekomunikasi kita sudah ke seluruh Indonesia, koordinasi pusat dan daerah, kemajuan dari inspektorat-inspektorat kita yang ada di seluruh Indonesia akan mempunyai standar yang sama," tutur Novie.

Sebagai informasi, salah satu perusahaan yang sudah memiliki proyek pengiriman kargo menggunakan drone adalah PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

Pada September 2019 lalu, Garuda menyatakan telah siap untuk mengembangkan bisnis pengiriman kargo udara menggunakan drone. Perusahaan pelat merah itu sudah beberapa kali mengutarakan rencana itu dalam berbagai kesempatan.

Garuda Indonesia bahkan mengaku sudah memilih produk drone yang akan dipakai, yakni buatan pabrikan Beihang asal China. Drone itu disebutkan bisa mengangkut kargo dengan beban total 5 ton.

Sebelum itu, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Perhubungan telah melakukan diskusi untuk membuat berbagai aturan untuk pengoperasian drone sebagai pengangkut kargo. Balibang Perhubungan tak mau kecolongan seperti awal kemunculan transportasi online yang berkembang cepat tapi aturannya belum siap.


SUMBER





MANTAB BETUL emoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wongtukul dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Sebentar Lagi, Drone Bisa Wira-wiri di Langit RI Angkut Barang
14-08-2020 21:25
Quote:Original Posted By daimond25
Jder Persaingan langsung dengan Ojek online


Quote:Original Posted By jerrystreamer1
angkut barang dan makanan, ojol bakal kegiles jaman kalau gak mau berubah


Quote:Original Posted By rpm12345678
alarm utk para kurir, bersiap2lah cari2 karir baru,...
apabila lebih advance tekhnologi ini, bahkan akan mengancam para rider gofood dll...

manusia memang dinamis.... emoticon-Angkat Beer


masih jauh lah...
ojol dengan ongkos 10 ribu bisa disuruh anter makanan/barang dengan berat sampai diatas 10 kg dan jarak 4 km.
kalo drone, mana ada yang kuat ngangkat diatas 10 kg. ada sih kalo mau dicari, tapi ukurannya yang pasti lumayan besar, dan harganya gak ekonomis dibandingkan dengan ongkos antarnya.
kalo di perkotaan yang infrastruktur jalannya cukup baik, ojol/kurir masih lebih ekonomis dibanding drone. tapi kalo dipedalaman macam di papua, drone adalah solusi untuk pengantaran barang, karena kadang jalan darat gak memungkinkan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
profile picture
kaskus maniac
14-08-2020 21:28
lets see bos, jangan langsung ketok masih jauh,... lets see
1
profile picture
kaskus addict
14-08-2020 21:48
@rpm12345678
kalo teknologinya sih, saat sudah ada, bahkan amazon sudah punya jasa pengiriman pake drone ini, meski belum mulai dikomersilkan.
yang gw maksud masih jauh itu perhitungan ekonomisnya. yang namanya bisnis kan pasti pertimbangannya untung/rugi. dalam 10 tahun kedepan, sepertinya ongkos antar per kg dan per km dari drone masih jauh lebih mahal dibanding ojol untuk didaerah perkotaan
0
profile picture
kaskus addict
15-08-2020 20:56
seiring berjalannya waktu biaya drone akan jauh lebih murah ketimbang kurir ekspress bahkan yang pakai ojol / truk sekalipun, seiring dengan kemajuan jaman kapasitas drone angkut bertambah pesat dan biayanya bisa dikurangi semaksimal mungkin, gak menutup kemungkinan drone bakal gantikan kurir pos dan JNE sekalipun
0
Memuat data ...
1 - 3 dari 3 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia