News
Batal
KATEGORI
link has been copied
38
Lapor Hansip
14-08-2020 16:41

Negara Arab Mayoritas Islam ini Berdamai&Normalisasi dgn Israel, Indonesia Kapan?

Negara Arab Mayoritas Islam ini Berdamai&Normalisasi dgn Israel, Indonesia Kapan?

Sikap Israel yang terus menindas rakyat Palestina membuat negara Yahudi itu dibenci oleh negara-negara Arab apalagi yang mayoritas penduduknya beragama islam

Namun sikap Israel yang menyatakan tidak lagi menganeksasi wilayah Palestina membuat negara Arab, Uni Emirat Arab mau berdamai dan melakukan normalisasi hubungannua dengan Israel

Indonesia yang juga tidak memilikim hubungan diplomatik dengan Israel apakah juga berpikir untuk menjalin hubungan diplomatik

Putra Mahkota Abu Dhabi , penguasa de facto Uni Emirat Arab (UEA), mengatakan pada Kamis (13/8), UEA dan Israel setuju untuk bekerja membangun hubungan bilateral. Dan, Israel juga telah setuju untuk menghentikan aneksasi lebih lanjut atas wilayah Palestina.

"Selama pembicaraan (via telepon) dengan Presiden (AS Donald) Trump dan Perdana Menteri (Israel) Netanyahu , kesepakatan dicapai untuk menghentikan aneksasi Israel lebih lanjut atas wilayah Palestina," kata Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammed Bin Zayed.

"UEA dan Israel juga setuju untuk bekerjasama dan menetapkan peta jalan menuju pembentukan hubungan bilateral," ujar dia dalam pernyataan di Twitter seperti dikutip Reuters.

Melansir Reuters, pernyataan bersama Israel, UEA, dan Amerika Serikat yang dikeluarkan di Washington memuji perjanjian itu sebagai "terobosan diplomatik bersejarah" yang akan memajukan perdamaian di Timur Tengah.

Ketiga negara juga "menyetujui normalisasi penuh hubungan antara Israel dan Uni Emirat Arab".

Menurut pernyataan bersama tersebut, Delegasi dari Israel dan Uni Emirat Arab akan bertemu dalam beberapa pekan mendatang untuk menandatangani perjanjian bilateral mengenai investasi, pariwisata, penerbangan langsung, keamanan, telekomunikasi, dan masalah lainnya.

Di Washington, pejabat senior Gedung Putih mengatakan, berdasarkan kesepakatan itu, Israel telah setuju untuk menangguhkan penerapan kedaulatan di wilayah Tepi Barat.

Di tengah perjalanan ke negara-negara Eropa tengah, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menyebutkan, kesepakatan tentang normalisasi hubungan yang Israel dan UEA capai adalah langkah maju "besar" di "jalan yang benar".

"Ini adalah langkah maju yang sangat besar dan bersejarah," kata Pompeo sesaat sebelum lepas landas dari Slovenia menuju Austria, yang menambahkan, itu adalah kesempatan bersejarah bagi Timur Tengah untuk menjadi stabil dan damai.

Menurut Duta Besar UEA untuk AS Youssef Al Otaiba, kesepakatan untuk sepenuhnya menormalkan hubungan antara Israel dan UEA adalah kemenangan bagi diplomasi dan kawasan Timur Tengah yang menurunkan ketegangan.

Dalam sebuah pernyataan di Twitter yang Reuters kutip, dia mengatakan, perjanjian tersebut mempertahankan kelangsungan solusi dua negara, dan UEA tetap menjadi pendukung kuat rakyat Palestina.

Sumber

Menunggu pembukaan hubungan diplomatik dengan Indonesia
emoticon-I Love Indonesia emoticon-Leh Uga emoticon-I Love Indonesia emoticon-Leh Uga

profile-picture
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Negara Arab Mayoritas Islam ini Berdamai&Normalisasi dgn Israel, Indonesia Kapan?
14-08-2020 16:53
Kadrun di mari bakalan kejang-kejang niih...
Diubah oleh ngombendangak
profile-picture
profile-picture
d3m0litionlov3r dan junaedi1982new memberi reputasi
2 0
2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia