News
Batal
KATEGORI
link has been copied
96
Lapor Hansip
10-08-2020 22:55

Ngabalin: Jangan Sampai Perempatan Jalan Juga Dibilang Tanda Salib

Quote:

Jakarta - Tenaga ahli utama Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin, tak habis pikir logo kemerdekaan RI dinarasikan mirip salib. Jangan-jangan, kata Ngabalin, perempatan jalan pun bakal dibilang mirip salib oleh kelompok tertentu.

"Saya mau bilang juga, jangan-jangan nanti ada perempatan jalan, persimpangan di dekat rumahmu kau bilang lagi itu bentuk salib. Jangan kau jalanlah di atas salib itu karena dia berbentuk salib," kata Ngabalin dalam video yang dibagikannya kepada wartawan, Senin (10/8/2020).

Ngabalin membagikan video klarifikasi mengenai logo kemerdekaan RI yang dinarasikan mirip salib. Dia menegaskan logo kemerdekaan RI bukanlah tanda salib, hanya imajinasi orang-orang tertentu yang menarasikan itu.

"Saya mau kasih lihat Anda loh, ini resmi yang keluar dari Kantor Staf Presiden. Coba lihat, kalau dia dalam bentuk horizon seperti ini. Tapi kalau Anda posisikan dia seperti dalam bentuk vertikal, nah pasti berbentuk seperti yang ada di kepalakmu. Jangan begitu!" jelas Ngabalin.

Ngabalin mengimbau semua pihak menghargai sesama bangsa. Ngabalin menyebut isu-isu berkaitan agama seperti ini bisa saja menurunkan imunitas bangsa di tengah ancaman pandemi Corona.

"Kita punya suasana ini dalam suasana pandemi, jangan sampai menurunkan imunitas kita. Semangat kebersamaan harus dibangun," tutur dia.


Pihak Sekretariat Negara juga telah menanggapi ramai narasi logo kemerdekaan RI mirip salib. "Arti dan makna logo dan turunan ada di pedoman visual di atas," kata Sekretaris Kemensetneg Setya Utama lewat pesan singkat, Senin (10/8).

Setya membagikan berkas 'Tema dan Logo Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020 & Pedoman Visual Penggunaan'. Berkas ini juga bisa diunduh publik di situs setneg.go.id. Penjelasan soal makna grafis ada di gambar di bawah ini:



Di halaman 27 berkas, tertulis maksud dari penggunaan supergraphic. Dijelaskan bahwa supergraphic terdiri dari 10 elemen yang diambil dari dekonstruksi logo 75 tahun yang dipecah lagi menjadi 10 bagian yang merepresentasikan komitmen dan nilai luhur Pancasila.

"Untuk pengaplikasiannya, supergraphic ini cukup fleksibel karena bersifat abstrak yang merupakan rakitan dari 10 pecahan tadi menjadi satu kesatuan bentuk," tulis penjelasan mengenai supergraphic.

Nantinya, logo peringatan HUT ke-75 RI dapat diaplikasikan untuk umbul-umbul, poster, billboard, spanduk, media sosial, gambar profil, maupun diimplementasikan ke merchandise. Elemen yang dipasang meliputi logo '75 Indonesia Maju', supergraphic, dan logo 'Bangga Buatan Indonesia'.

https://m.detik.com/news/berita/d-51...box=1597067173



Apakah ngibulin domba yang berbulu onta? emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 11 lainnya memberi reputasi
10
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Ngabalin: Jangan Sampai Perempatan Jalan Juga Dibilang Tanda Salib
10-08-2020 23:02
Itu yang protes pasti sampah2 masyarakat yang ga punya tujuan hidup, hal kecil macem logo aja pada ribut. Mending mikirin biar lu ga jadi blangsak, gmna anak bini lu bisa makan enak, sekolahin anak lu setinggi-tingginya biar ga goblog urusin logo.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 14 lainnya memberi reputasi
15 0
15
profile picture
kaskus addict
11-08-2020 06:55
eh tapi gua ngorbol tuch sama pedagang benda benda ghoib. semua konsumen nya dia atau ruang lingkup dia isinya orang-orang miskin yang udah g tau mau ngapain lagi buat jadi kayak. mereka akan mencari jalan pintas.
NB: itu kata orang yang jual yach, gua cuma dengerin dia cerita. cerita mangkok sakti, guci keramat, kalung apalah namanya.
1
Memuat data ...
1 - 1 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia