News
Batal
KATEGORI
link has been copied
284
Lapor Hansip
10-08-2020 07:31

Alfamart Potong 10 Persen Gaji Karyawan Saat Keuntungan Naik Rp493 Miliar

Alfamart Potong 10 Persen Gaji Karyawan Saat Keuntungan Naik Rp493 Miliar


JAKARTA, HALUAN.CO - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) membukukan pendapatan sebesar Rp38,08 triliun sepanjang semester I-2020, naik 5,33 persen dibanding pendapatan pada periode sama tahun lalu sebesar Rp36,15 triliun.

Apa yang penting: Perseroan Alfamart mencatatkan kenaikan laba bersih 23,20 persen menjadi sebesar Rp493,25 miliar dari sebelumnya sebesar Rp400,36 miliar.

Konteks: Di tengah kebahagiaan karena keuntungan laba bersih naik, Aliansi Serikat Pekerja Alfamart (ASPAL) memprotes Alfamart yang memotong gaji karyawan 10 persen atas sistem nota selisih barang (NSB).

Apa katanya: “Rencananya 11-13 Agustus 2020 kami akan melakukan aksi mogok kerja di kantor pusat,” tegas Suryanto Perwakilan dari ASPAL dilansir CNN, Rabu (5/8/2020) lalu.

Suryanto mengatakan, kebijakan diambil perusahaan tanpa kesepakatan dengan serikat pekerja. Ia mengaku tak terima, terlebih keputusan diambil di tengah tekanan ekonomi akibat pandemi virus korona.

Sumber laba:

• Pendapatan eksternal dari wilayah Jabodetabek Rp13,72 triliun, pendapatan antar segmen di wilayah Jabodetabek Rp51,66 miliar, pendapatan dari wilayah Jawa di luar Jabodetabek Rp13,25 triliun dan pendapatan di luar wilayah Jawa Rp11,10 triliun.

• Penjualan pada segmen makanan sebesar Rp24,72 triliun, dan segmen bukan makanan sebesar Rp13,34 triliun dan segmen jasa mencapai sebesar Rp12,88 triliun.

• Beban pokok pendapatan sebesar Rp30,32 triliun naik 4,73 persen dari sebelumnya sebesar Rp28,95 triliun pada semester I-2019.

• Dengan demikian, laba bruto tercatat sebesar Rp7,75 triliun atau naik 7,78 persen dibanding periode sama tahun 2019 sebesar Rp7,19 triliun.

Pemotongan gaji:

• Corporate Affairs Director Sumber Alfaria Trijaya Solihin menjelaskan, pemotongan gaji dilakukan jika sisa barang di toko tidak sesuai dengan data penjualan.

• Misalnya, ada pengiriman barang 10 kotak ke satu toko. Kemudian, barang itu hanya laku delapan kotak, artinya masih ada sisa dua kotak di toko tersebut. Namun, setelah dicek yang tersisa hanya satu kotak. Di situlah perusahaan memotong gaji karyawan di toko tersebut.

Protes karyawan:

• Pemotongan gaji 10 persen setiap bulan dilakukan jika hasil akhir perhitungan stok opname melebihi batas toleransi kehilangan sebesar 0,02 persen. Hanya saja, Suryanto menyebut tak ada bukti bahwa kelalaian pekerja yang mengakibatkan terjadinya nilai selisih barang.

• Pekerja Alfamart yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) atau mengundurkan diri juga terkena pemotongan gaji otomatis bila ada nilai selisih barang. Hal ini dianggap menambah beban pekerja.

“Praktik tanggung renteng seperti ini tidak seharusnya dibenarkan, di mana pekerja yang harus menanggung kerugian tanpa ada bukti jelas,” pungkasnya.



Berita Politik, Hukum dan Ekonomi Lainnya:
1. Lampaui Jawa Timur, Jumlah Kasus Korona di Jakarta Kembali Tertinggi
2. Habiskan Rp4 Miliar, Anies Kini Menyadari Toa Peringatan Banjir Tidak Efektif
3. Hasrat Seksual Gilang Terpuaskan Melihat Orang Dibungkus Pocong
4. Tenaga Medis yang Gugur Bakal Dapat Santunan Rp300 Juta dan Anugerah Bintang Jasa
5. Anies Syok Ketahui DKI Jakarta Belum Punya Alat Ukur Curah Hujan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyong.eq dan 41 lainnya memberi reputasi
34
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Alfamart Potong 10 Persen Gaji Karyawan Saat Keuntungan Naik Rp493 Miliar
10-08-2020 07:38
alfamart sebenernya parkiran gratis, karena banyak orang kampung pemalas yang mau duit instant dan kepala bagian masing2 cabang alfanya ngasih izin akhirnya jadilah parkir liar alfamart.

di alfa itu pegawainya awal dan tengah bulan lembur coooyyyy update2 data.

barang ilang potong gaji pegawe, bukan cari malingnya.

emoticon-Leh Uga
Diubah oleh rajin.meremas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 29 lainnya memberi reputasi
29 1
28
profile picture
kaskus maniac
10-08-2020 08:06
Kepala bagian masing2 cabang alfa, mana bisa nolak orang2 kampung pemalas yang mau jadi tukang parkir liar emoticon-Ngakak

Aneh sih kalau ada barang ilang, kan ada cctv. Kalau ada barang ilang tapi gak ketahuan cctv, cuma ada 2 alasan, yang pertama ada sudut mati yang gak kerekam cctv dan yang kedua ya karyawan alfa sendiri yang ilangin tuh barang.
5
profile picture
10-08-2020 09:01
cari yg ada tulisan "parkir gratis". jadi kalo ada kang parkir yg berdiri pas kita keluar pintu tinggal tunjuk aja plang/bannernya.
5
profile picture
aktivis kaskus
10-08-2020 09:48
@undisputed777 ga takut dipukul gan?
1
profile picture
kaskus maniac
10-08-2020 09:49
@undisputed777

Teorinya gitu, kenyataannya sih elu bisa diajak berantem sama kang parkir kalau kagak mau bayar emoticon-Ngakak
2
profile picture
kaskus addict
10-08-2020 10:31
@undisputed777 @yazid69 ya jangan terang2an dunk, pura2 aja rogoh kantong, terus kabur
2
profile picture
kaskus maniac
10-08-2020 10:38
@emasmurni

Mana bisa pura2 rogoh kantong terus kabur kalau jalanan lagi rame emoticon-Ngakak

2
profile picture
kaskus addict
10-08-2020 10:39
emang taikkk buat kang parkir alfa ma indomart org terang2 ada plang gratis parkir tetep dipalak, sueeee bener
1
profile picture
10-08-2020 11:01
untungnya kaga pernah ampe adu jotos. tp pernah ngalamin plangnya diumpetin ama kang parkir setelah ke indomar yg sama. emoticon-Big Grin
3
profile picture
kaskus maniac
10-08-2020 11:14
memang parkir alfa/indomaret gratis. tapi mereka tidak menutup kemungkinan kalau ada kerjasama dengan preman parkir. bayar parkir 2 rebu. 50:50 bagi hasilnya.
1
profile picture
kaskus maniac
10-08-2020 13:10
@bang.rojack

Makanya, jangan salahin orang2 kalau kedepannya pada belanja online dari rumah. Kagak usah capek2 keluar rumah, bayar parkir, kena palak, dsb emoticon-Ngakak
3
profile picture
kaskus geek
10-08-2020 14:55
@undisputed777 g berlaku di sumut
emoticon-Ngakak
1
profile picture
kaskus addict
10-08-2020 14:57


Sebenarnya preman juga gak bakal markirin kalo dah liat plang parkir gratis, keknya emang dah permainan, bagi hasil gans hehe
1
profile picture
10-08-2020 15:10
@hantupuskom di sumsel berlaku kok. emoticon-Ngakak
1
profile picture
kaskus addict
10-08-2020 15:18
Sejauh saya lihat ditempat saya cuma 1 minimarket yg ada parkir bayar, itu juga cuma mobil aja yg diminta. Tapi, pengen banget ane jitak tukang parkirnya.
1
profile picture
kaskus maniac
10-08-2020 16:21
@undisputed777 masalahnya di deket ane tulisan bebas parkir ditutupin promo indomaret, entah kongkalingkong ama jukir ato takut ama jukir karyawan nya emoticon-Leh Uga
1
profile picture
kaskus addict
10-08-2020 17:02
@undisputed777 @cendol1234 dulu pernah ane langsung ngeloyor keluar gara2 emang ngira gak ada kang parkirnya... pas ane keluar dan mau jalan tiba2 ada yg ngelepak kepala ane.. dia langsung bilang "eh.. bayar dulu! " berhubung dia yg mulai duluan ane langsung standarin motor pasang kuda2 begitu ada celah langsung ane uppercut dagunya... hasilnya pingsan tuh kang parkir.. temennya yg lagi duduk2 gak terima langsung nyerang ane membabi buta ke ane... ane mundur dengan posisi ngeblock lindungin kepala sm bagian perut.. sengajaane gak nyerang buat si jagoan ini tenaganya habis diawal akibat serangannya... begitu dia ngos ngosan langsung ane tendang siku kakinya lalu hook kiri setelah itu cross kanan sekuat tenaga sampe ane teriak gajelas... dan akhirnya ambruk juga wkwkwkwk begitu mereka pada gak bangun lagi ane langsung cabut... sampai dirumah ane gak nyangka bisa ngelakuin gitu ckckck
2
profile picture
kaskus addict
10-08-2020 17:05
@yazid69 ane mah jujur kalo parkir ga bakal ane lebih dari 1500.. Cuman yaitu 200 perak sama cepe perak ane banyakin.. Biar rame aja.. Dikiranya kan 5000 emoticon-Ngakak
1
profile picture
kaskus addict
10-08-2020 17:06
@koementatoer ahhhsyiaaaapppp.. yg mantep emg kena dagu y gan? mau segede ap badan + tatooan pasti pingsan yaakk
1
profile picture
kaskus addict
10-08-2020 17:15
@NfLNfLNfL yup bener gan langsung KO, cuma klo gak berhasil tepat ke titik yg mw dipukul pertahanan lw rawan jd malah mempermudah lawan nyerang balik... orangnya si sepantaran ane tingginya sekitar 175an cuma dia menang gede badan dandanan macem raper kalung gelang sana sini wkwkwk post malone kalah dah
1
profile picture
newbie
10-08-2020 17:50
Wkwkqkwk...beli indomie 2 6000, bayar parkir 2000.....

Btw kang parkir setoran juga loh
.ada target juga katanya
1
Memuat data ...
1 - 20 dari 26 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia