Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
194
Lapor Hansip
06-08-2020 11:27

Pertama Kali Nyetir di Jalan Tol? Awas Jangan Anggap Remeh!

Pertama Kali Nyetir di Jalan Tol? Awas Jangan Anggap Remeh!

Buat yang baru bisa nyetir mobil sebaiknya simak dan baca tulisan ini baik-baik. Anggap saja ini adalah sambungan dari thread gua yang kemarin soal keringat dingin sampe ke pantat......

Kali ini gua mau fokus pada supir pemula yang pertama kali atau belum terbiasa masuk jalan tol.

Pesan gua simpel aja, JANGAN PERNAH ANGGAP REMEH JALAN TOL! Kenapa?

Pertama, karena jalan tol tidak semudah seperti yang supir pemula bayangkan. Kedua, jalan tol bukan berarti di sana kita bisa bawa mobil seenaknya karena menganggap jalannya yang lebar, sejalur, atau relatif tidak sepadat jalur arteri biasa.....

Mau tau seberapa bahayanya jalan tol bagi supir anyar atau amatiran? Terlebih bagi mereka yang baru pertama kali masuk jalan tol. Berikut ulasannya........



1. Spion, lajur, dan kendaraan di belakang

Pertama Kali Nyetir di Jalan Tol? Awas Jangan Anggap Remeh!

Bagi supir pemula saat pertama kali masuk jalan tol adalah hal yang menyenangkan. Jalan yang lebar dan searah sepertinya enak dipake ngebut. Eits tunggu dulu.......

Justru karena searah, supir pemula biasanya terlena. Lupa kalo banyak kendaraan di belakang anda yang siap menyalip dengan cepat. Baik dari sisi kanan ataupun sisi kiri....

Seenak jidat pindah lajur, gak nyadar kalo di belakang ada mobil lain yg mau nyalip. Bruuuuk mobil anda ditabrak dari belakang....

Biar aman lebih baik pilih lajur tengah jika ada tiga lajur. Jangan di lajur cepat paling kanan atau paling kiri dekat bahu jalan.

Sering-seringlah melihat spion kanan dan kiri untuk memastikan posisi kendaraan di belakang. Santai aja gak perlu tegang saat pindah lajur. Gunakan sein dan jangan ragu-ragu!


2. Pas bayar tol

Pertama Kali Nyetir di Jalan Tol? Awas Jangan Anggap Remeh!

Supir pemula yang tidak terbiasa 'tap' kartu biasanya agak bingung untuk tap kartu. Posisi kartu kadang terbalik bahkan yang jatuh pun banyak. Terpaksa harus turun untuk ambil kartu tol yang jatuh....

Posisi mobil juga terkadang kurang dekat ke mesin kartu. Akhirnya tangan gak nyampe ujung-ujungnya harus buka pintu atau ngeluarin badan...... Ketauan banget amatirannya..... emoticon-Big Grin


3. Bingung pilih gardu tol

Pertama Kali Nyetir di Jalan Tol? Awas Jangan Anggap Remeh!

Sopir pemula biasanya bingung memilih gardu tol mana yg harus dipilih. Padahal sama aja....

Liat mobil di depan ke kanan ikut ke kanan, mobil depan ke kiri, eh, ikut juga ke kiri. Padahal mah ikutin aja lajur sendiri jangan ngikutin mobil orang yang di depan.......emoticon-Big Grin


4. Saat nyalip



Ini yang paling penting bagi supir pemula ketika berada di jalan tol. Apalagi jalan tol yang terkenal jalur tengkorak seperti Jakarta - Cipali atau jakarta - Ciawi.

Menyalip di jalan tol tidak semudah seperti menyalip di jalan biasa. Jalan tol itu mobilnya kenceng-kenceng. Oleh karena itu jangan ragu-ragu saat menyalip.

Jika sedang di lajur kiri, perhatikan spion kanan dan liat jarak mobil lain di belakang. Jangan menyalip maksa jika terlalu dekat khawatir diseruduk. Lakukan dengan cepat dan jangan tanggung!

Jika posisi mobil lu ada di jalur cepat, tetiba ada mobil presiden atau ambulance di belakang lu mau lewat. Maka mau gak mau lu harus minggir dong ke lajur tengah. Bagi supir pemula ini bikin deg-degan.....

Santai saja, beri sein kiri lalu masuklah ke tengah secara perlahan dengan memutar sedikit stir (bukan mendadak ke kiri).

Kalo perlu jangan ragu untuk membunyikan klakson beberapa kali saat mau menyalip. Terutama untuk mobil besar seperti truk atau tronton.....




Sementara itu aja yang bisa gua paparin, mohon maaf kalo ada kekurangan..... TETAP HATI-HATI dan semoga jadi pebalap!

emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga




Oleh : davinof 2020 @kaskus


Sources of Pictures : Google Images


profile-picture
profile-picture
profile-picture
raliakbarrr dan 50 lainnya memberi reputasi
49
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Pertama Kali Nyetir di Jalan Tol? Awas Jangan Anggap Remeh!
07-08-2020 17:21
Kmrn di jln tol ada truk besar mau mendahului, pdhl nggak kenceng2 amat, ane terlanjur ambil lajur kanan mau mendahului. Apesnya lg belakang ada mobil plat RFP, ngedim2 terus plus bunyiin sirine pendek2. 🤦🏻‍♂️
profile-picture
davinof memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskus maniac
07-08-2020 17:33
Trus masalahnya kenapa gan plat dia rfp? Gausah panik atau takut atau bingung intinya mah
0
profile picture
kaskus addict
07-08-2020 17:44
Mobil plat khusus pejabat polisi.
Gak panik sbnrny, tp kan harusnya dia tau kl depan ada truk besar mau mendahului, knp png buru2. Namanya jg truk besar, mau mendahului kan ttp nggak sekencang mobil penumpang
1
Memuat data ...
1 - 2 dari 2 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia