Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
238
Lapor Hansip
07-08-2020 04:25

Susi Pudjiastuti Viral! Jepang Disebut Butuh Sosok Sepertinya untuk Hadapi China

Tenggelamkan! 

Jika mendengar kata itu, siapa sosok menteri yang ada di benak agan - agan sekalian?

Susi Pudjiastuti Viral! Jepang Disebut Butuh Sosok Sepertinya untuk Hadapi China
Susi Pudjiastuti (Sumber: sindonews.com)


Benar! Susi Pudjiastuti. Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Presiden Jokowi Jilid I tersebut memang identik dengan kata - kata itu. Menteri eksentrik tersebut memang terkenal dengan kebijakan - kebijakan radikal yang kadang kontroversial, tetapi terbukti efektif dan secara umum disukai publik.

Susi Pudjiastuti Viral! Jepang Disebut Butuh Sosok Sepertinya untuk Hadapi China
Tweet Tentang Susi yang Viral (Sumber: akurat.co)


Salah satu kebijakan yang fenomenal adalah penenggelaman kapal asing yang tertangkap saat mencuri ikan di perairan nusantara. Tak tanggung-tanggung, dilansir Kompas.com, 6 Januari 2020, selama menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, Sang Pemilik Susi Air ini telah menenggelamkan 556 kapal sejak Oktober 2014 sampai dengan Oktober 2019. Sumber lain ada yang mengatakan 558 kapal.

Susi Pudjiastuti Viral! Jepang Disebut Butuh Sosok Sepertinya untuk Hadapi China
Beberapa Prestasi Susi (Sumber: kumparan.com)


Kapal yang ditenggelamkan oleh Susi Pudjiastuti berasal dari berbagai negara. Kapal - kapal tersebut diantaranya adalah berbendera Vietnam sebanyak 312 kapal, Filipina 91 kapal, Malaysia 87 kapal, Thailand 24 kapal, Indonesia 26 kapal, Papua Nugini 2 kapal, Nigeria 1 kapal, dan Belize satu kapal. Yang juga harus diakui keberaniannya, diantara kapal - kapal yang ditenggelamkan itu ada yang dari China, yakni 3 kapal.

Nah kegarangan Susi Pudjiastuti tersebut ternyata tidak hanya diakui oleh publik tanah air. Ternyata ada juga pihak luar negeri yang mengakui sosoknya. Hal itu terjadi baru - baru ini di Jepang.

Dilansir Akurat.co, 5 Agustus 2020, Susi Pujiastuti viral diperbincangkan oleh netizen Jepang dan Indonesia setelah disorot oleh salah satu media Jepang. Menurut salah satu netizen, media tersebut menyatakan bahwa Jepang membutuhkan sosok seperti Susi Pujiastuti untuk menghadapi China. Pemerintah Jepang terlalu lemah menghadapi China.

Masalah yang acap kali dihadapi Jepang dengan China berkaitan dengan kelautan adalah sengketa tentang kepulauan. Juga ada kapal - kapal China yang masuk ke perairan Jepang.

Viralnya Susi Pujiastuti salah satunya terlihat dari unggahan di twitter oleh akun @k4BHBrQ4uDVnzPx Selasa 4 Agustus 2020 (tertulis diunggahannya 3 Agustus 2: 41 PM). Saat ini unggahan tersebut telah disukai oleh sekitar 23.000 lebih pengguna. Juga dibagikan ulang lebih dari 7.500 kali.

Kebijakan Susi Pujiastuti menenggelamkan kapal diklaim oleh Plt Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Agus Suherman, telah mengamankan aset negara sebanyak ratusan triliun rupiah. 

Selain mengamankan aset triliunan, kedaulatan Indonesia di perairan nusantara menjadi semakin kuat dengan kebijakan penenggelaman itu. Kapal - kapal asing akan ketakutan masuk wilayah perairan nusantara. 

Akan tetapi apa daya menteri yang dikenal dengan media darling ini tak dipakai presiden Jokowi lagi. Kebijakan menenggelamkan kapal juga sudah tidak dilakukan lagi. 

Susi Pudjiastuti, Srikandi penjaga kedaulatan laut nusantara yang diakui luar negeri. Sungguh sayang jika kehebatannya yang masih meyala kita sia-siakan...I]



Referensi:

1. https://money.kompas.com/read/2020/0...-susi?page=all

2. https://pontianak.kompas.com/read/20...autan?page=all

3. https://akurat.co/news/id-1189512-re...et-aset-negara
Diubah oleh widoko
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 49 lainnya memberi reputasi
48
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Susi Pudjiastuti Viral! Jepang Disebut Butuh Sosok Sepertinya untuk Hadapi China
07-08-2020 06:13
bukan cuma di perairan di asia aja, itu kapal2 PRC emang "tersohor" nyelonong kemana-mana ga pake permisi.. trus nyolongin ikan (ga tau deh kalo "hal-hal" lainnya) sampe jauuuh ke perairan Afrika barat bayangin..

etika bisnisnya buruk.. mepet2 nyari batas pelanggaran hak cipta, pelanggaran kedaulatan, pelanggaran ham dll.

Jadi kalo emang dianggap melanggar disuatu tempat/hal dan diomelin ama yg punya, dia pindah ke daerah/bidang lain.. tapi masih sama melanggar juga
kadang malah nyolot.. dibilang salah malah ngelawan ngomel balik emoticon-Mad
kalo didiemin aja jadi keterusan.. ngerugiin pemilik asli
yah.. mirip-mirip pkl kucing-kucingan ama satpol pp.. tapi ini levelnya korporat tingkat nasional emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 33 lainnya memberi reputasi
34 0
34
profile picture
kaskus maniac
07-08-2020 06:45
Ditambah klaim sepihaknya di Laut China Selatan...
1
profile picture
kaskus addict
07-08-2020 11:04

Masalahnya begitu disamperin herdernya langsung nongol (bayangkan kapal patroli harus berhadapan dg frigate/destroyer), makanya yg bilang buat apa beli alutsista kasih bambu runcing terus suruh berenang di laut natuna aja (kagak mau ane nyebut lcs wkwkwk)
2
profile picture
kaskuser
16-08-2020 17:23
Merasa Ras unggul... Hahahaha
2
profile picture
kaskus maniac
16-08-2020 17:48
ras yg suka berak di lantai itu yaemoticon-Ngakak
0
Memuat data ...
1 - 4 dari 4 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia